Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Web Based Learning Sebagai Sumber Belajar Di Sekolah Menengah Kota Padang

Authors

  • Abna Hidayati Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v3i1.96

Keywords:

Web Based Learning, Persepsi, Siswa, Internet

Abstract

Web based learning saat ini banyak dimanfaatkan guru maupun siswa dalam kegiatan pembelajaran. Persoalan di lapangan siswa dominan jarang menyeleksi bahan-bahan pembelajaran yang diambilnya dari web pembelajaran tersebut, sehingga terkadang kurang sesuai atau kurang relevan dalam mencapai tujuan pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi siswa terhadap pemanfaatan web pembelajaran sebagai sumber belajar bagi siswa sekolah menengah di Padang. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan teknik penelitian suvey. Populasi dalam penelitian ini adalah 327 siswa. Sedangkan sampel peneliti mengambil 15% dari populasi menjadi 49 orang dengan jumlah item 45 pertanyaan. Teknik penyebaran data adalah kuesioner dengan menggunakan skala Likert setelah data diperoleh durasi menggunakan multilevel product moment dengan menggunakan analisis reliabilitas.Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengambilan informasi pada web based learning sebesar 73,88% dikategorikan baik. Fasilitas yang digunakan untuk mengambil data di web based learning mencapai 72,73% dikategorikan baik. Perilaku mahasiswa dalam mengambil data di internet mencapai 72,24% dikategorikan baik. Menyusun/mengolah dan menyimpan informasi pada tingkat pencapaian 70,61% dikategorikan baik.

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Hidayati, A. (2022). Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Web Based Learning Sebagai Sumber Belajar Di Sekolah Menengah Kota Padang. Jurnal Family Education, 2(4). https://doi.org/10.24036/jfe.v3i1.96