Jurnal Family Education https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe <p>Jurnal Family Education</p> en-US Wed, 24 Jan 2024 09:44:08 +0000 OJS 3.2.1.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Persepsi Siswa Tentang Kelengkapan Fasilitas Perpustakaan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Padang https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/156 <p>Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan peneliti di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Padang, yaitu kelengkapan fasilitas perpustakaan masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelengkapan fasilitas perpustakaan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Padang dalam indikator koleksi perpustakaan, gedung dan ruangan perpustakaan, sarana dan prasarana perpustakaan, serta layanan perpustakaan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Seberapa lengkap fasilitas perpustakaan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Padang menurut persepsi siswa”. &nbsp;Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Instrument pengumpulan data menggunakan angket dengan model skala likert. Hasil pengolahan data kelengkapan koleksi perpustakaan memperoleh skor rata-rata 2.99 (kategori lengkap). Kelengkapan gedung dan ruangan perpustakaan memperoleh skor rata-rata 2.90 (kategori memuaskan). Kelengkapan sarana dan prasarana perpustakaan memperoleh skor rata-rata 2.92 (kategori lengkap). Kelengkapan layanan perpustakaan memperoleh skor rata-rata 3.07 (kategori memuaskan). Dapat disimpulkan bahwa kelengkapan fasilitas di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Padang ini berada dalam kategori baik dengan skor rata-rata 3.07. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan agar kelengkapan fasilitas perpustakaan di SMK Negeri 3 Padang dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi sehingga perpustakaan menjadi tempat yang nyaman bagi siswa di sekolah.</p> Emilia Janata, Hadiyanto Hadiyanto, Ermita Ermita, Yulianto Santoso Copyright (c) 2024 Emilia Janata, Hadiyanto Hadiyanto, Ermita Ermita, Yulianto Santoso https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/156 Fri, 26 Jan 2024 00:00:00 +0000 Hubungan Lingkungan Kerja dengan Produktivitas Kerja Pegawai pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/159 <p>Produktivitas kerja pegawai merupakan ukuran keberhasilan seseorang dalam meningkatkan hasil kerja agar tujuan lembaga dapat tercapai. Produktivitas kerja penting bagi pegawai agar membuat suatu pekerjaan lebih efektif, efisien dan berkualitas dalam bekerja. Pembahasan ini bertujuan untuk menganalisis hubungan lingkungan kerja dengan produktivitas kerja pegawai. Populasi pada penelitian ini sebanyak 92 orang pegawai dan sampel penelitian sebanyak 73 orang pegawai, besarnya sampel ditentukan menggunakan rumus Cochran dengan tingkat kesalahan 5% dengan teknik Stratified Proportional Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket/kuesioner dengan model skala Likert. Data di analisis dengan menggunakan rumus korelasi product momen. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara lingkungan kerja dengan produktivitas kerja pegawai Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat.</p> Reni Renggo Geni, Anisah Anisah, Jasrial Jasrial, Tia Ayu Ningrum Copyright (c) 2024 Reni Renggo Geni, Anisah Anisah, Jasrial Jasrial, Tia Ayu Ningrum https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/159 Fri, 26 Jan 2024 00:00:00 +0000 Model Pembelajaran di Lembaga Rumah Qur’an Al-Uswah Padang (Studi Kasus pada Program Tahfidz/Tahsin Al-Qur’an di Rumah Qur’an Al-Uswah Padang) https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/162 <p>Rumah Qur'an merupakan lembaga pendidikan nonformal yang membantu memberikan pendidikan dan pengetahuan agama serta etika dan moral kepada anak-anak. Rumah Qur'an Al-Uswah Padang merupakan salah satu bentuk lembaga pemberdayaan yang dikembangkan di masyarakat, Rumah Qur'an Al-Uswah Kota Padang mempunyai berbagai keunikan. Pertama, Rumah Qur’an Al-Uswah Kota Padang merupakan lembaga pendidikan nonformal yang hanya mengkhususkan diri pada pelatihan dan penghafalan Al-Qur’an, dimana dalam kegiatan pembelajarannya lembaga ini mengadakan tahfidz Al-Qur’an secara rutin setiap harinya. dengan kebijakan yang mencakup durasi belajar di setiap kelas. Kedua, sejak awal bergabung dengan lembaga tersebut, kedua orang tua mahasiswa akan diminta untuk menyetujui seluruh peraturan dan juga menandatangani surat pernyataan yang menyatakan bahwa mereka sangat sadar mendukung semua kegiatan di lembaga ini dan juga menaati semua instruksi dari pengurus/ pengelola jika ingin menjadi santri.. Ketiga, Rumah Qur'an Al-Uswah menerapkan metode Al-Uswah yaitu sistem metode eliminasi dalam proses pelaksanaan pembelajaran, dimana metode eliminasi ini digunakan sebagai proses dalam penentuan izin siswa, jika siswa tidak memenuhi target atau otomatis tersingkir. atau dikeluarkan dari santri.</p> Ranti Afriyunita, Ismaniar Ismaniar Copyright (c) 2024 Ranti Afriyunita; Ismaniar https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/162 Sat, 10 Feb 2024 00:00:00 +0000 Pengaruh Permainan Futsal Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Pembangunan Laboratorium UNP https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/165 <p>Perkembangan sosial anak belum berkembang secara optimal karena kurang efektifnya pemilihan kegiatan yang diberikan oleh guru. Sebagian guru kurang memperhatikan pemilihan kegiatan berkelompok yang sangat berguna untuk melatih perkembangan sosial anak. Maka demikian penelitian ini guna menjawab permasalahan yang ada berdasarkan identifikasi masalah yaitu seberapa besar pengaruh permainan futsal terhadap perkembangan sosial anak di taman kanak-kanak. Penggunaan metode Quasi eksperimen pretest-postest sebagai metode penelitian ini berdasarkan populasi penelitian mencakup seluruh peserta didik TK Pembangunan Laboratorium UNP dengan jumlah sampel sebanyak 10 orang yang terbadi atas dua kelompok (eksperimen dan kontrol). Analisis data penelitian mengacu pada uji prasyarat normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa perolehan signifikan (2-tailed) sebesar 0,000&lt;0,05. Dengan rata-rata N-gain permeinan futsal sebesar 20,90 dan permainan tarik tambang sebesar 17,60, perkembangan sosial anak dengan permainan futsal lebih tinggi dibandingkan dengan permainan tarik tambang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa permainan futsal berpengaruh sangat besar terhadap perkembangan sosial anak di Taman Kanak-kanak Pembangunan Laboratorium UNP.</p> Zulhandini Al Fadia, Vivi Anggraini Copyright (c) 2024 Zulhandini Al Fadia, Vivi Anggraini https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/165 Sat, 10 Feb 2024 00:00:00 +0000 hubungan dukungan orang dengan minat berwirausaha lulusan pelatihan kue balai latihan kerja batusangkar https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/168 <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>This research was motivated by the low level of this problem because many of the training graduates lacked capital to start a business and lacked support from family in opening their own cake making business and of course had to rely on parental support: 1). Support from parents of cake making training graduates at the Batusangkar Job Training Center is categorized as quite low 2). Entrepreneurial interest of cake training graduates at the Batusangkar Job Training Center is categorized as low. 3). There is a significant relationship between parental support and entrepreneurial interest of cake making graduates at the Batusangkar Job Training Center. It is recommended: 1.) for parents to support their children's interests and talents by providing a platform for developing the skills they have acquired during training so that they can be implemented and are useful for themselves and others. 2.) Institutions can work together with parents to help foster interest in entrepreneurship in training graduates so they can apply the skills they have acquired during the training. 3.) For future researchers, they can conduct research on other variables related to interest in entrepreneurship </em></p> <p><strong><em>Keywords:</em></strong><em> Parental Support, Entrepreneurship</em></p> Adhira Defri Annisa, Ismaniar Ismaniar Copyright (c) 2024 adhira defri annisa https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/168 Fri, 23 Feb 2024 00:00:00 +0000 PERBEDAAN LINGKUNGAN BELAJAR WARGA BELAJAR PROGRAM PAKET C DI PKBM SAKATO KABUPATEN PESISIR SELATAN https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/171 <p>Keberlanjutan perkembangan pengetahuan dan keterampilan masyarakat tidak hanya tergantung pada pendidikan formal, namun penting juga untuk mengakses layanan pendidikan informal dan nonformal. Hal ini bertujuan untuk mendukung perbaikan kualitas kehidupan mereka. Oleh karena itu, bentuk pendidikan nonformal yang terhubung dengan kehidupan masyarakat sangat penting dalam rangka mewujudkan pendidikan sepanjang hayat. Salah satu macam layanan pendidikan nonformal yang berkembang dalam kehidupan masyarakat adalah PKBM. lingkungan belajar sangat mempengaruhi keaktifan dari warga belajar dan juga hasil belajar warga belajar dalam mengikuti proses pembelajaran serta juga mempengaruhi kredibilitas dari warga belajar itu sendiri. Adapun tujuan penelitian adalah untuk menggambarkan lingkungan belajar warga belajar yang rutin hadir dengan yang aktif belajar mandiri dirumah, untuk menggambarkan perbedaan lingkungan belajar yang rutin hadir dengan yang aktif belajar mandiri dirumah. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif&nbsp; yang menggunakan bentuk expostfacto. Adapun hasil penelitiannya adalah Lingkungan belajar warga belajar yang rutin hadir di kelas pada Program Paket C di PKBM SAKATO Kabupaten Pesisir Selatan dalam kategori sangat baik. Hal ini didasarkan jawaban angket yang disebarkan. Lingkungan belajar warga belajar yang belajar mandiri di rumah dalam kategori kurang baik. Hal ini didasarkan pada jawaban angket yang disebarkan dan sebagian besar warga belajar atau responden mmemilih jawaban kurang setuju atau item pertanyaan untuk menggambarkan lingkungan belajar yang bersifat positif.</p> Sry Azizah, Irmawita Irmawita Copyright (c) 2024 Sry Azizah; Irmawita https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/171 Mon, 26 Feb 2024 00:00:00 +0000 Hubungan Komunikasi Orang Tua dalam Keluarga dengan Prestasi Belajar Siswa di SMP N 30 Padang https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/174 <p><em>This research was motivated by the author's observations at State Junior High School 30 Padang. From the observations made, it appears that there are still many students who get low test scores. This research aims to obtain data and information regarding the relationship between parental communication in the family and student learning achievement at State Junior High School 30 Padang. The population in this study was 39 students and the research sample was 31 students. The sampling method applied by researchers was Stratified Proportional Random Sampling. The instrument used is a questionnaire with a Likert scale model. The data was analyzed using the rank order formula. The results show that there is a very significant relationship between parental communication in the family and student learning achievement at State Junior High School 30 Padang.</em></p> Putri Apri Delmi, Ismaniar Ismaniar Copyright (c) 2024 Putri Apri Delmi, Ismaniar Ismaniar https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/174 Wed, 28 Feb 2024 00:00:00 +0000 Peran Berolahraga Dalam Menciptakan Kesehatan https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/151 <p>Tujuan utama yang ingin dicapai dengan berolahraga adalah menciptakan kesehatan. Tujuan penulisan artikel ini yakni guna mengetahui peranan berolahraga dalam menciptakan kesehatan. Metode penulisan artikel ini yakni menggunakan penelitian kualitatif, menggunakan desain penelitian (library study) atau menggunakan tinjauan pustaka mengenai peranan berolahraga dalam menciptakan kesehatan. Data dikumpulkan melalui tinjauan literatur dan temuan penelitian terkait.</p> Teguh, Pudia M Indika, Anggun Permata Sari, Randi Kurniawan Copyright (c) 2024 Teguh, Pudia M Indika, Anggun Permata Sari, Randi Kurniawan https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/151 Fri, 23 Feb 2024 00:00:00 +0000 Persepsi Siswa Tentang Kedisiplinan Guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Rao Kabupaten Pasaman https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/154 <p>Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan penulis di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Rao Kabupaten Pasaman. Dari pengamatan yang dilakukan tampak masih adanya guru yang memiliki kedisiplinan kurang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data dan informasi mengenai seberapa tinggi kedisiplinan guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Rao Kabupaten Pasaman menurut persepsi siswa yang dilihat dari aspek: 1) tanggung jawab melaksanakan tugas 2) ketepatan waktu mengajar, 3) semangat mengajar, 4) kepatuhan terhadap peraturan, 5) kreativitas mengajar. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah “Seberapa tinggi kedisiplinan guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Rao Kabupaten Pasaman menurut persepsi siswa”. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi penelitian yaitu 689 siswa. Besarnya sampel ditentukan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10% dengan teknik Stratified Proportional Random Sampling. Sampel yang diperoleh sebanyak 91 orang siswa.. Instrumen yang digunakan adalah angket/kuesioner dengan model skala likert. Hasil pengolahan data kedisiplinan guru dalam tanggung jawab melaksanakan tugas memperoleh skor rata-rata 3,70 (kategori tinggi). Kedisiplinan guru dalam ketepatan waktu mengajar memperoleh skor rata-rata 3,58 (kategori cukup tinggi), Kedisiplinan guru dalam semangat mengajar memperoleh skor rata-rata 3,65 (kategori tinggi). Kedisiplinan guru dalam kepatuhan terhadap peraturan memperoleh skor rata-rata 3,63 (kategori tinggi). Kedisplinan guru dalam kreativitas mengajar memperoleh skor rata-rata 3,53 (kategori cukup tinggi).</p> Arzety Yohana, Hadiyanto Hadiyanto, Ermita Ermita, Lusi Susanti Copyright (c) 2024 Arzety Yohana, Hadiyanto Hadiyanto, Ermita Ermita, Lusi Susanti https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/154 Wed, 24 Jan 2024 00:00:00 +0000 Persepsi Peserta Kejuruan Elektronika tentang Pengelolaan Pelatihan Kerja Berbasis Kompetensi di Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Padang https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/157 <p>Penelitian&nbsp;ini merupakan&nbsp;penelitian&nbsp;yang&nbsp;memaparkan&nbsp;serta menjelaskan&nbsp;bagaimana persepsi&nbsp;peserta&nbsp;kejuruan elektronika tentang&nbsp;pengelolaan&nbsp;pelatihan kerja berbasis kompetensi di&nbsp;Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas&nbsp;(BPVP) Padang&nbsp;pada&nbsp;aspek&nbsp;<em>perencanaan pelatihan,</em><em>&nbsp;</em><em>pelaksanaan pelatihan,</em><em>&nbsp;</em><em>dan</em><em>&nbsp;evaluasi pelatihan</em><em>.</em><em>&nbsp;</em>Jenis&nbsp;penelitian&nbsp;yang&nbsp;digunakan&nbsp;adalah&nbsp;penelitian kuantitatif<em>.</em>&nbsp;Populasi dalam penelitian ini adalah peserta pelatihan kejuruan elektronika di Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Padang&nbsp;tahun 2023 sebanyak 64 orang, semua populasi dijadikan responden.&nbsp;Instrumen&nbsp;dari&nbsp;penelitian&nbsp;ini&nbsp;adalah&nbsp;angket&nbsp;dengan&nbsp;menggunakan skala Likert yang telah diuji validitas dan reabilitasnnya.&nbsp;Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi&nbsp;peserta&nbsp;kejuruan elektronika tentang&nbsp;pengelolaan&nbsp;pelatihan kerja berbasis kompetensi di&nbsp;Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas&nbsp;(BPVP) Padang, dilihat dari aspek (1) <em>perencanaan pelatihan </em>berstatus&nbsp;baik dengan nilai 4,35, (2) <em>pelaksanaan pelatihan </em>berstatus baik dengan nilai&nbsp;4,37, (3) <em>evaluasi pelatihan </em>berstatus baik dengan rata 4,41. Secara keseluruhan persepsi&nbsp;peserta&nbsp;kejuruan elektronika tentang&nbsp;pengelolaan&nbsp;pelatihan kerja berbasis kompetensi di&nbsp;Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas&nbsp;(BPVP) Padang&nbsp;berada&nbsp;pada&nbsp;kriteria&nbsp;baik&nbsp;dengan&nbsp;nilai&nbsp;4,37. Kesimpulan bahwa pengelolaan pelatihan kerja berbasis kompetensi di Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Padang sudah terlaksana dengan baik.</p> Rijalul Fikri, Anisah Anisah, Syahril Syahril, Nellitawati Nellitawati Copyright (c) 2024 Rijalul Fikri, Anisah Anisah, Syahril Syahril, Nellitawati Nellitawati https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/157 Thu, 25 Jan 2024 00:00:00 +0000 Diskriminasi Pada Masa Kolonialisme Belanda Dan Jepang Dalam Novel Bumi Manusia Dan Novel Perburuan Karya Pramoedya Ananta Toer : Sebuah Studi Historiografi https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/160 <p><em>Studi ini mengkaji kajian historiografi dalam dua novel sejarah, yaitu novel Bumi Manusia dan novel Perburuan karya Pramoedya Ananta Toer. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kondisi bangsa Indonesia pada masa penjajahan Belanda dan Jepang di Indonesia dalam kedua novel karya Pramoedya Ananta Toer. Penelitian ini menggunakan pendekatan historiografi dengan menggunakan metode penelitian yaitu metode kepustakaan. Kegiatan yang dilakukan adalah mengumpulkan data tertulis, membaca, mencatat, dan mengolah bahan penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah masyarakat Indonesia mengalami berbagai macam diskriminasi yang disebabkan oleh bangsa Eropa serta Jepang. Diskriminasi yang dialami bangsa indonesia berupa diskriminasi ras atau etnis, sosial, jenis kelamin, agama,&nbsp; dan ekonomi.</em></p> Adzra Fallihah Yumna Asar, Etmi Hardi Copyright (c) 2024 Adzra Fallihah Yumna Asar, Etmi Hardi https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/160 Sun, 28 Jan 2024 00:00:00 +0000 Hubungan Dukungan Emosional Orang Tua dengan Kemandirian Anak di Jorong Ranah Panantian Kabupaten Pasaman Barat https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/163 <p>The Relationship Between Family Social Support and Children's Independence in Jorong Ranah Panantian, West Pasaman Regency. Thesis. Faculty of Science Education. Padang State University. The background of this research is the low level of independence of children in Jorong Ranah Panantian, West Pasaman Regency. This research aims to look at the picture of family social support, the picture of children's independence and the relationship between family social support and children's independence in Jorong Ranah Panantian, West Pasaman Regency. This research uses a quantitative approach with a correlational type of research. The population of this study consisted of 35 children with an age range of 10 to 12 years. Meanwhile, the sample for this study consisted of 28 children, taken using a simple random sampling technique. The data collection technique uses a questionnaire. Then, for the data analysis technique, the Spearmen rho formula is used. The results of the research show that family social support is still low, children's independence in Jorong Ranah Panantian is still low, there is a significant relationship between family social support and children's independence in Jorong Ranah Panantian, West Pasaman Regency. Recommended for families.</p> Annisa Suci Nabilla, Vevi Sunarti Copyright (c) 2024 Annisa Suci Nabilla https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/163 Sat, 10 Feb 2024 00:00:00 +0000 Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SMK Negeri 9 Padang https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/166 <p><em>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan-permasalahan yang ditemukan pada penerapan kurikulum merdeka belajar di SMK Negeri 9 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi tentang penerapan&nbsp; kurikuum merdeka belajar di SMK Negeri 9 Padang dilihat dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Perangkat Pembelajaran, Evaluasi Pembelajaran, dan Laporan Hasil Belajar siswa. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMK Negeri 9 Padang yang berjumlah 75 orang, maka penelitian ini adalah penelitian populasi. Instrument dalam penelitian ini adalah angket model skala likert dengan lima pilihan jawaban, yaitu Sangat Baik (SB), Baik (B), Cukup Baik (CB), Kurang Baik (KB), dan Tidak Baik (TB). Angket penelitian ini telah diuji validitas dan reliabilitasnya, selanjutnya data diolah dengan rumus rata-rata (mean). Hasil penelitian menyatakan bahawa penerapan kurikulum merdeka belajar di SMK Negeri 9 Padang dilihat dari 1) rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan skor rata-rata 4,79 berada pada kategori sangat baik, 2) bahan ajar dengan skor rata-rata 4,76 berada pada kategori sangat baik, 3) perangkat pembelajaran dengan skor rata-rata 4,84 berada pada kategori sangat baik. 4) evaluasi pembelajaran dengan skor rata-rata 4,76 berada pada kategori sangat baik, 5) laporan hasil belajar siswa dengan skor rata-rata 4,8 berada pada kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan kurikulum merdeka belajar di SMK Negeri 9 Padang berada pada kategori sangat baik dengan skor rata-rata 4,79.</em></p> Kumtum Sri Devi Putri, Jasrial Jasrial, Nelfia Adi, Novriyanti Achyar Copyright (c) 2024 Kumtum Sri Devi Putri, Jasrial Jasrial, Nelfia Adi, Novriyanti Achyar https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/166 Tue, 13 Feb 2024 00:00:00 +0000 Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik di TPA Mushalla Al-Hikmah Padusunan Kota Pariaman https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/169 <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh: kurangnya kedisiplinan belajar peserta didik dalam proses pembelajaran di TPA Mushalla Al-Hikmah Padusunan Kota Pariaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Gambaran perhatian orang tua pada peserta didik; (2) Gambaran kedisiplinan belajar dari peserta didik. (3) Hubungan perhatian orang tua dengan kedisiplinan belajar Peserta didik di TPA Mushalla Al-Hikmah Padusunan Kota Pariaman. Pendekatan penelitian ini yaitu: kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. &nbsp;Populasi penelitian yaitu peserta didik Kelompok Al-Quran di TPA Mushalla Al-Hikmah Kampung Baru Padusunan Kota Pariaman. Sampel diambil dengan teknik <em>simple random sampling. </em>Instrumen yang dipakai dalam pengumpulan data yaitu angket. Tekik analisis data berupa rumus persentase dan rumus <em>pearson product moment correlation. </em>Hasil penelitian menujukan bahwa: (1) Perhatian orang tua pada peserta didik dikategorikan rendah; (2) Kedisiplinan belajar peserta didik pada peserta didik dikategorikan rendah; (3) Terdapat Hubungan yang sangat Signifikan antara Perhatian Orang Tua dengan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik di TPA Mushalla Al-Hikmah Padusunan Kota Pariaman. Hal ini bisa dilihat dari hasil analisis menggunakan rumus product moment bahwa nilai yaitu: rxy: 0,977 &gt; 0,361, yang artinya terdapat hubungan.</p> Novia Diana, Solfema Solfema Copyright (c) 2024 Novia Diana, Solfema Solfema https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/169 Mon, 26 Feb 2024 00:00:00 +0000 Insomnia Sebagai Ide Dalam Karya Lukis Abstrak Figuratif https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/172 <p>Artikel ini membahas tentang insomnia yang menjadi rancangan ide dalam sebuah karya lukis. Dalam mewujudkan karya seni lukis ini, penulis menganggap fenomena ini sebagai suatu yang menarik karena insomnia bisa digunakan sebagai objek inspirasi dalam berkarya. Pengggarapan ide-ide dalam proses pencipaan memerlukan berbagai tahapan, demi terlaksanakannya kegiatan penciptaan sesuai konsep. Berikut adalah berbagai tahapan yang dilakukan penulis untuk mewujudkan karya berdasarkan konsep. Tahap tersebut diantaranya tahap persiapan, elaborasi, sintesis, realisasi konsep dan penyelesaian. Tujuan dari karya tentang Insomnia ini yaitu untuk memvisualisasikan sebuah bentuk ekspresi ke dalam seni lukis yang menjadikan diri sendiri sebagai contoh pembelajaran. memberitahu apa itu Insomnia dan diharapkan dari karya ini timbul rasa ingin tahu dari siapa saja yang melihat karya ini tentang apa itu Insomnia,&nbsp; setelah mengetahui apa itu Insomnia&nbsp; kita akan lebih bisa memahami dan menerima bahwa setiap orang memiliki gangguan tidur dengan penyebab kesehatan yang berbeda pada manusia. Dalam pembuatan karya ini sendiri pasti ada banyak kendala dalam mencari informasi tentang judul, pengetikan proposal dan memvisualisasikan dalam bentuk karya Lukisan. Setelah melalui proses yang Panjang dan beberapa hal yang sempat membuat terlambatnya proses karya akhir ini, akhirnya terciptalah sepuluh karya tentang Gangguan Tidur dalam karya Lukis dengan&nbsp; judul sebagai berikut: Pengen Tidur,&nbsp; Overthinking, Three Levels, Beda Server, Abnormal, Labirin, Terbalik, Solusi&nbsp; Stress, Sama Rasa.</p> Aulia Zikra Taupik; Yasrul Sami Copyright (c) 2024 Aulia Zikra Taupik; Yasrul Sami https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/172 Fri, 23 Feb 2024 00:00:00 +0000 Industri Rumahan Kue Bawang Medan Rizka di Kelurahan Padang Besi Tahun 1999-2019 https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/175 <p><em>This study aims to see the development of the Onion Cake Home Industry in the Padang Besi area to find out how the form of social economic impact caused by this Medan Rizka onion cake home industry for the community around the Padang Besi area. Even though the Medan Rizka Onion Cake is still fairly traditional and is still marketed in the city of Padang and its surroundings, even though the making of this Rizka onion cake started as a family meal during Eid every year, and starting in 1999, it began to be developed.In this study the method used is the historical method through data collection or heuristics, criticism, interpretation, and writing. In obtaining primary or secondary data, the authors do it in two ways, namely library research and field studies. The result of this research is that the development of the field onion cake home industry is marked by starting to look for their respective market areas to market their field onion cake production. Little by little the rizka field onion cake, Padang Besi Village began to be known in the market because of the delicious taste it offered</em></p> Nur Aqlia Azizah, Hendra Naldi Copyright (c) 2024 Nur Aqlia Azizah, Hendra Naldi https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/175 Mon, 26 Feb 2024 00:00:00 +0000 Pelatihan Metode Hidroponik Sebagai Upaya Mengatasi Keterbatasan Lahan Pertanian di Kota Padang https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/152 <p>Berisi inti permasalahan/latar belakang semakin berkurangnya lahan kosong di perkotaan, yang berarti masyarakat perlu memiliki pengetahuan dengan mengikuti pelatihan penggunaan metode hidroponik dalam pertanian. Metode hidroponik merupakan sistem budidaya sayuran yang media tanamnya tidak menggunakan tanah melainkan air. Memanfaatkan sistem lahan yang sempit membuka peluang usaha budidaya tanaman dengan sistem hidroponik, sehingga dapat membantu meningkatkan produksi dan memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Berdasarkan permasalahan yang telah diuraikan di atas, maka makalah ini diberi judul “Pelatihan Metode Hidroponik Sebagai Upaya Mengatasi Keterbatasan Lahan Pertanian di Kota Padang</p> Friza Gustiyani, Solfema Solfema Copyright (c) 2024 Friza; Solfema https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/152 Mon, 26 Feb 2024 00:00:00 +0000 Analisis Kompetensi Analis Sarana dan Prasarana Pendidikan di Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/155 <p>Kompetensi lulusan Administrasi Pendidikan belum sepenuhnya mencukupi untuk mengerjakan tupoksi di bagian sarana dan prasarana pendidikan. Terdapat keluhan dari lulusan dan mitra pengguna bahwa kompetensi yang diperoleh dari lembaga akademik saja tidak memadai untuk melaksanakan tugas di bagian sarana dan prasarana pendidikan. Penelitian ini bertujuan menganalisis kompetensi analis sarana dan prasarana pendidikan. Namun, sebelum menganalisis kompetensi perlu adanya analisis tupoksi. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Instrumen atau alat yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi, panduan wawancara dan studi dokumentasi. Informan penelitian ini yaitu Koordinator Sarana dan Prasarana Pendidikan Bidang Pembinaan SMA dan stafnya. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa tupoksi seorang analis sarana dan prasarana pendidikan bidang Pembinaan SMA yaitu melakukan penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, koordinasi dan pelaksanaan kebijakan, evaluasi serta pelaporan dibidang sarana dan prasarana Sekolah Menengah Atas. Dalam pelaksanaannya tupoksi diatas masih belum ada pembagian tugas yang jelas antara analis dengan pegawai sarana dan prasarana lainnya. Kompetensi Analis sarana dan prasarana bidang Pembinaan Sekolah Menengah Atas yaitu: 1) Pengetahuan yang harus dimiliki terkait dengan peraturan perundang-udangan tentang alur pengadaan barang dan jasa, standar sarana dan prasarana, pengetahuan tentang regulasi bangunan, pengetahuan tentang manajemen sarana prasarana dan manajemen proyek, 2) Sikap yang harus dimiliki seorang analis sarana dan prasarana yaitu sesuai dengan nilai-nilai dasar ASN yaitu Ber-Akhlak, 3) Keterampilan yang harus dimiliki seorang analis sarana dan prasarana yaitu keterampilan dalam menganalisis data menggunakan Ms Excel, keterampilan penggunaan komputer dasar, serta keterampilan dalam mengikuti perkembangan teknologi. Upaya dalam meningkatkan kompetensi sebagai seorang analis sarana dan prasarana pendidikan yaitu mengikuti webinar, <em>workshop</em>, dan pelatihan terkait pengadaan barang dan jasa, serta memiliki kemauan mempelajari komputasi seperti aplikasi pengolah data Excel beserta fungsi, rumus serta pivot tabel secara mandiri. Disarankan bagi Prodi Administrasi Pendidikan agar menyesuaikan kurikulum dengan tupoksi yang ada pada bagian sarana dan prasarana pendidikan untuk peningkatan kompetensi lulusan saat terjun ke dunia kerja. Selanjutnya bagi pegawai perlunya peningkatan kompetensi di bidang sarana dan prasarana dan penguasaan komputer. Bagi pihak Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat untuk lebih memperjelas pembagian tugas antara masing-masing pegawai agar tidak ada lagi pegawai yang bekerja di luar tupoksinya.</p> Erna Suryani, Tia Ayu Ningrum, Syahril Syahril, Irsyad Irsyad Copyright (c) 2024 Erna Suryani, Tia Ayu Ningrum, Syahril Syahril, Irsyad Irsyad https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/155 Wed, 24 Jan 2024 00:00:00 +0000 Persepsi dan Keinginan Siswa Tentang Iklim Sekolah di SMA Negeri 7 Padang dan SMA Negeri 8 Padang https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/158 <p>Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi penulis yang dilaksanakan di SMA Negeri 7 Padang dan di SMA Negeri 8 Padang yang menunjukkan bahwa belum kondusifnya iklim sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi mengenai persepsi (<em>Actual</em>) dan keinginan siswa (<em>Preferred</em>) terhadap iklim sekolah berdasarkan aspek: 1) Dukungan kepada peserta didik, 2) Afiliasi, 3) Partisipasi Siswa, 4) Kepercayaan, 5) Inovasi, 6) Aturan dan norma, 7) Kelengkapan sumber, 8) Kenyamanan lingkungan. Jenis penelitian ini adalah deksriptif kuantitatif dengan populasi sebanyak 1242 siswa &nbsp;dengan sampel sebanyak 111 siswa yang diambil menggunakan metode <em>Stratified Proportional Random Sampling</em>. Instrumen penelitian ini adalah angket dalam bentuk skala likert yang sudah di uji cobakan untuk mengetahui nilai validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian persepsi siswa (<em>Actual</em>) di SMA Negeri 7 Padang yang dilihat dari aspek dukungan kepada peserta didik, &nbsp;afiliasi, partisipasi siswa, kepercayaan, &nbsp;inovasi, aturan dan norma, kelengkapan sumber serta kenyamanan lingkungan tergolong kondusif dengan skor rata-rata persepsi siswa 4,3 sedangkan keinginan siswa (<em>Preferred</em>) 4,6; di samping itu, persepsi siswa (<em>Actual</em>) di SMA Negeri 8 Padang juga tergolong kondusif dengan skor rata-rata 43 dan skor keinginan siswa (<em>Preferred</em>) &nbsp;sebesar 44.</p> Ayu Anisa Putri, Hadiyanto Hadiyanto, Irsyad Irsyad, Hanif Alkadri Copyright (c) 2024 Ayu Anisa Putri, Hadiyanto Hadiyanto, Irsyad Irsyad, Hanif Alkadri https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/158 Fri, 26 Jan 2024 00:00:00 +0000 Strategi Pengembangan Kurikulum Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Yayasan Anugrah Dwinata Sejahtera SLB Dwinata https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/161 <p>SLB merupakan salah satu sekolah luar biasa di Padang yang memberikan pelayanan pendidikan bagi anak-anak berkebutuhan khusus, &nbsp;khususnya anak &nbsp;autis. Pada dasarnya kurikulum&nbsp; Anak berkebutuhan khusus (ABK) dan anak normal, pasti sama dalam tujuan dalam kurikulumnya, yakni sama-sama untuk membentuk perilaku anak didik. Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang strategi pengembangan&nbsp; kurikulum khusus autis di SLB Autis Dwinata. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini, termasuk jenis penelitian pustaka (<em>Library Research</em>) dan menggunakan data kualitatif. Perubahan kurikulum yang terjadi saat ini menunjukkan bahwa kurikulum rentan terhadap perubahan sosial. Meskipun perubahan tetap terjadi, tampaknya tidak ada kurikulum yang membedakannya penggunaan antara siswa normal dan siswa berkebutuhan khusus (baik fisik maupun mental). Meskipun kurikulumnya sama, guru mungkin menerapkan strategi dan metode yang berbeda. Oleh karena itu, guru tidak hanya profesional dalam mengajar, tetapi juga memiliki kompetensi khusus dibandingkan mereka yang mengajar siswa normal. &nbsp;kompetensi yang dimaksud di sini bukanlah kompetensi profesional, pedagogi, kepribadian, atau sosial. Sebaliknya, itu adalah kompetensi spiritual di mana guru mengajar dengan hati, bukan dengan materi (uang).</p> Desi Karmila Copyright (c) 2024 Desi Karmila https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/161 Sun, 28 Jan 2024 00:00:00 +0000 Kontribusi Kepemimpinan Atasan Langsung Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/164 <p>This research was conducted by looking at the low contribution of direct superior leadership to employee work performance. The aim of this research is to obtain information about the contribution of direct superior leadership to the work performance of employees of the Agam Regency Education and Culture Service. The population of this study was 72 people and the number of samples for this study was 45 employees of the Agam Regency Education and Culture Service. The data collection technique used for research is instruments. Data analysis can determine the average percentage of each variable. Based on the analysis of research data, it can be concluded that there are several conclusions, namely (1) The leadership of direct superiors at the Agam Regency Education and Culture Service can be categorized as good with an average score of 88.86% (2) The work performance of employees at the Agam Regency Education and Culture Service can be categorized as high at 81.06%. (3) At the Agam Regency Education and Culture Service there is a direct leadership contribution to employee work performance at a significant level of 1%, with a regression coefficient of 27.6% and 72.4% influenced by other factors. It can be concluded that the contribution of superior leadership directly influences employee work performance.</p> Rhozi Restiyandi, Anisah Anisah, Sufyarma Marsidin, Lusi Susanti Copyright (c) 2024 Rhozi Restiyandi, Anisah Anisah, Sufyarma Marsidin, Lusi Susanti https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/164 Thu, 08 Feb 2024 00:00:00 +0000 Hubungan Antara Intensitas Penyuluhan Dengan Keaktifan Ibu Balita Mengikuti Kegiatan Di Posyandu Balita Raflesia Desa Talago Sariak Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/167 <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas ibu balita dalam melaksanakan kegiatan posyandu, sebagian besar ibu balita hanya membawa anaknya ke posyandu sampai usia 2 tahun di Posyandu Balita Raflesia Desa Talago Sariak Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran dan hubungan intensitas konseling dengan keaktifan ibu balita mengikuti kegiatan di Posyandu Raflesia Kelurahan Talago Sarik Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta kegiatan posyandu yang terdaftar pada tahun 2021 yang berjumlah 70 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta yang mengikuti program posyandu di Posyandu Raflesia, Desa Talago Sarik, Kecamatan Pariaman Timur, Kota Pariaman sebanyak 35 orang. . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah metode korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini adalah: 1.) intensitas penyuluhan di Posyandu Balita Raflesia Desa Talago Sarik Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman rendah. 2.) Keaktifan ibu balita dalam mengikuti kegiatan posyandu di Posyandu Balita Raflesia Desa Talago Sarik Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman tergolong rendah. 3.) Terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas penyuluhan dengan keaktifan ibu balita dalam mengikuti kegiatan di Posyandu Raflesia Desa Talago Sarik Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman.</p> Sesmita, Ismaniar Copyright (c) 2024 Sesmita; Ismaniar https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/167 Fri, 23 Feb 2024 00:00:00 +0000 Hubungan Antara Pengetahuan Ibu Tentang Kegiatan Posyandu Dengan Minat Ibu Mengikuti Kegiatan di Posyandu Dahlia Desa Perintis https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/170 <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat ibu dalam mengikuti kegaiatan di Posyandu Dahlia Desa Perintis, hal ini terkait dengan rendahnya latar belakang pengetahuan ibu balita tentang kegiatan posyandu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu balita yang terdaftar di Posyandu Dahlia Desa Perintis selama setahun yang berjumlah 28 orang. Teknik pengambilan sampel dengan mengunakan metode sensus dimana seluruh sampel dijadikan populasi. Teknik pengumpulan data adalah dengan pedoman kuisioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan teknik korelasi rank order. Berdasarkan temuan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa (1) pengetahuan ibu balita tentang kegiatan posyandu di Posyandu Dahlia Desa Perintis sangat rendah, (2) minat ibu balita dalam mengikuti kegiatan di posyandu Dahlia Desa Perintis masih sangat rendah, (3) terdapat hubungan yang disigfikan antara pengetahuan dengan minat ibu balita untuk mengikuti kegiatan posyandu. Diharapkan kepada kader posyandu agar dapat meningkatkan pelayanan pada kegiatan posyandu serta diberikan arahan bahwa datang ke posyandu itu penting bagi kesehatan anak. Dan disarankan kepada peneliti lanjutan untuk dapat meneliti variabel lain yang berhubungan dengan minat.</p> Dinda Sekar Sari, Wisroni Wisroni Copyright (c) 2024 Dinda Sekar Sari, Wisroni Wisroni https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/170 Mon, 26 Feb 2024 00:00:00 +0000 Hubungan Ketersediaan Sarana Dan Prasarana Dengan Minat Siswa Mengikuti Ekstrakurikuler Pramuka Wajib Di Sma Baiturrahma Padang https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/173 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan sarana dan prasarana dengan minat siswa mengikuti ekstrakurikuler wajib kepramukaan di SMA Baiturrahma Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah kelas X dan XI SMA Baiturrahmah Padang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik target sampling, sehingga jumlah sampel pada penelitian ini adalah 30 orang. Teknik pengumpulan data antara lain dengan menyebarkan kuesioner kepada responden penelitian, teknik analisis data menggunakan persentase untuk mencari korelasi dengan menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian ini adalah: 1.) Ketersediaan sarana dan prasarana ekstrakurikuler wajib pramuka di SMA Baiturrahma Padang tergolong kurang optimal, 2.) Minat siswa untuk mengikuti ekstrakurikuler wajib pramuka di SMA Baiturrahma Padang tergolong rendah. dan 3.) Terdapat hubungan yang signifikan antara sarana dan prasarana dengan minat siswa mengikuti ekstrakurikuler wajib kepanduan di SMA Baiturrahma Padang.</p> Alfajri Aditiya, MHD. Natsir Natsir Copyright (c) 2024 Alfajri Aditiya, MHD. Natsir Natsir https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/173 Mon, 26 Feb 2024 00:00:00 +0000 Pengembangan Kecerdasan Musikal Anak di Taman Kanak-Kanak Pertiwi 3 Kantor Gubernur Padang https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/150 <p>This research is carried out every day the implementation of activities carried out in Kindergarten Pertiwi 3 Of the Padang Governor's Office held knock play activities in the classroom so that every day children feel interesting activities and do not get bored for children for the development of children's musical intelligence. This research aims to get an overview of the development of early childhood musical intelligence in Kindergarten Pertiwi 3 Padang Governor's Office. This type of research is qualitative research using a descriptive approach. To see how the development of early childhood musical intelligence in Kindergarten Pertiwi 3 Padang Governor's Office. The subjects of the study were B3-graders at Kindergarten 3 of the Padang Governor's Office. The informant of this study is the principal and teacher in Kindergarten Pertiwi 3 Of the Padang Governor's Office.</p> <p>&nbsp;Data collection techniques are used in the form of observations, interviews, and documentation. Data analysis techniques are: 1) data collection, 2) data reduction, 3) presentation of data, 4) verification. While the data absorbing technique used in the form of triangulation techniques. The results of the study in general showed that in the development of early childhood musical intelligence in Kindergarten 3 the Governor's Office of Padang teachers has prepared a Daily Learning Implementation Plan (RPPH). Activities carried out every day have been done in accordance with what has been planned, activities carried out every day using various activities such as, playing beats, singing and others. Furthermore, after the child conducts teacher activities to conduct evaluations by means of observation and daily assessment.</p> Mutiya Indriani, Nurhafizah Nurhafizah Copyright (c) 2024 Mutiya Indriani, Nurhafizah Nurhafizah https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/150 Wed, 24 Jan 2024 00:00:00 +0000 Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia di SMA Pertiwi 1 Padang https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/153 <p><em>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas XI SMA Pertiwi 1 Padang pada mata pelajaran sejarah Indonesia. Berdasarkan hasil observasi awal, melalui wawancara kepada siswa dan juga guru mata pelajaran, diketahui penyebab rendahnya hasil belajar siswa karena kurang menariknya model pembelajaran. Pembelajaran sejarah memiliki peran yang sangat penting karena menyangkut pertumbuhan dan perkembangan karakteristik bangsa serta pembinaan integrasi yang menyangkut nasionalisme dan patriotisme.Dengan demikian guru-guru perlu menggunakan model pembelajaran yang lebih baik agar dapat melaksanakan pembelajaran secara efektif dalam meningkatkan hasil belajar.Tujuan penelitian yaknimengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran sejarah Indonesia di SMA Pertiwi 1 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Teknik pengambilan sampel dengan Teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 58 siswa yang terbagi dalam kelas eksperimen yaitu kelas XI MIPA 2 sebanyak 30 siswa dan kelas kontrol yaitu kelas XI MIPA 4 sebanyak 28 siswa. Data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa Pretest dan Posttest. Teknik analisis data memakai uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji N-Gain. Hasil penelitian ini, diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 86,5. Pada kelas eksperimen diperoleh peningkatan pngetahuan N-Gain sebesar 0,7194 berada pada kategori tinggi. Dari hasil analisis diperoleh nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 74,4. Pada kelas kontrol diperoleh peningkatan pengetahuan N-Gain sebesar 0,5521 berada pada kategori sedang. Dan dari uji hipotesis (uji t) yang dilakukan , diperoleh hasil t<sub>hitung</sub> sebesar 4,3872 dan t<sub>tabel</sub> sebesar 1,6725, sehingga nilai t<sub>hitung</sub> lebih besar dan t<sub>tabel</sub>, maka H<sub>0</sub> diterima artinya terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia di SMA Pertiwi 1 Padang.</em></p> Indah Ramadhani, Hera Hastuti Copyright (c) 2024 Indah Ramadhani, Hera Hastuti https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/153 Wed, 24 Jan 2024 00:00:00 +0000