Persespsi Siswa Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Di SMP Negeri 3 Pariaman

Authors

  • Luthfiyyah Afifah Universitas Negeri Padang
  • Zuwirna Zuwirna Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v3i1.85

Keywords:

persepsi, kompetensi guru, kompetensi pedagogik

Abstract

Saat pembelajaran di dalam ataupun di luar kelas guru menjadi objek utama yang selalu dilihat siswa. Kunci yang paling penting agar siswa dapat belajar dengan baik adalah guru, karena guru merupakan fokus utama saat proses pembelajaran berlangsung. Siswa akan membentuk persepsi tentang gurunya, setiap siswa memiliki persepsi yang berbeda-beda. Siswa yang belajar dengan baik dapat memperoleh hasil yang baik dan merasa senang dalam belajar. Guru yang disenangi oleh siswa jauh lebih mudah dalam melakukan proses pembelajaran, karena siswa mempunyai persepsi yang baik pada gurunya, begitu juga sebaliknya. Oleh sebab itu, permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah “Bagaimana persepsi siswa terhadap komptensi pedagogik guru di SMP Negeri 3 Pariaman?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru ditinjau dari aspek menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik, pemanfaatan teknologi pembelajaran, memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pariaman yang berjumlah 221 orang. Penarikkan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling menggunakan rumus Slovin dan memperoleh sampel sebanyak 69 orang. Alat pengumpulan data berupa angket dengan model Skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru, dilihat dari aspek: (1) menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik berada pada kategori kuat dengan persentase 77,83%, (2) pemanfaatan teknologi pembelajaran berada pada kategori cukup dengan persentase 59,6%, (3) memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki berada pada kategori kuat dengan persentase 74,80%, (4) berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik berada pada kategori kuat dengan skor rata-rata 77,65%. Secara keseluruhan disimpulkan persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru ada pada kategori kuat dengan persentase 74,75%

Downloads

Published

2023-02-13

How to Cite

Afifah, L., & Zuwirna, Z. (2023). Persespsi Siswa Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Di SMP Negeri 3 Pariaman. Jurnal Family Education, 3(1), 23-27. https://doi.org/10.24036/jfe.v3i1.85