Pelaksanaan Pendidikan Karakter di SMPN 3 Pariaman

Authors

  • Anisa Oktavia Aini Universitas Negeri Padang
  • Eldarni Eldarni Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v3i1.83

Keywords:

Pendidikan Karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter di SMPN 3 Pariaman serta mengetahui kendala-kendala dan upaya yang dilakukan guru dalam pelaksanaan pendidikan karakter. Pendidikan karakter yang dibangun dalam kegiatan sekolah merupakan salah satu program strategis yang diharapkan dapat mengatasi berbagai permasalahan yang berkaitan dengan moral siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi yang diambil adalah guru SMPN 3 Pariaman. Sampel penelitiannya sebanyak 45 guru. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket (kuisioner). Hasil penelitian dianalisis menggunakan presesentase. Penelitian menyimpulkan bahwa: (1) pelaksanaan pendidikan karakter di SMPN 3 Pariaman sudah dilaksanakan dengan kategori “Sangat Baik” dengan hasil rata-rata 91,20%; (2) kendala-kendala dalam pelaksanaan pendidikan karakter berada pada kategori “Tinggi” dengan rata-rata 71,38%; (3) upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi hambatan tersebut berada pada kategori “Sangat Baik” dengan rata-rata 85,78%

Downloads

Published

2023-02-13

How to Cite

Oktavia Aini, A., & Eldarni, E. (2023). Pelaksanaan Pendidikan Karakter di SMPN 3 Pariaman. Jurnal Family Education, 3(1), 33-36. https://doi.org/10.24036/jfe.v3i1.83