Pelaksanaan Pendidikan Karakter di SMPN 3 Pariaman
DOI:
https://doi.org/10.24036/jfe.v3i1.83Keywords:
Pendidikan KarakterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter di SMPN 3 Pariaman serta mengetahui kendala-kendala dan upaya yang dilakukan guru dalam pelaksanaan pendidikan karakter. Pendidikan karakter yang dibangun dalam kegiatan sekolah merupakan salah satu program strategis yang diharapkan dapat mengatasi berbagai permasalahan yang berkaitan dengan moral siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi yang diambil adalah guru SMPN 3 Pariaman. Sampel penelitiannya sebanyak 45 guru. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket (kuisioner). Hasil penelitian dianalisis menggunakan presesentase. Penelitian menyimpulkan bahwa: (1) pelaksanaan pendidikan karakter di SMPN 3 Pariaman sudah dilaksanakan dengan kategori “Sangat Baik” dengan hasil rata-rata 91,20%; (2) kendala-kendala dalam pelaksanaan pendidikan karakter berada pada kategori “Tinggi” dengan rata-rata 71,38%; (3) upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi hambatan tersebut berada pada kategori “Sangat Baik” dengan rata-rata 85,78%
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Anisa Oktavia Aini, Eldarni Eldarni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.