Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Ispring Suite pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP

Authors

  • Mardiansyah Mardiansyah Universitas Negeri Padang
  • Zelhendri Zen Universitas Negeri Padang
  • Alwen Bentri Universitas Negeri Padang
  • Dedi Supendra Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v3i1.82

Keywords:

Learning Media, iSpring Suite, Natural Science

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan sebuah produk yakni learning environment untuk aplikasi iSpring Suite. Adapun jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah pengembangan yang dikenal dengan penelitian dan pengembangan (R&D), model ADDIE digunakan sebagai model pengembangan. Proses pengembangan penelitian ini terdiri dari lima tahapan yakni analisis, desain, pengembangan, implementasi serta evaluasi. Kuesioner, dokumentasi dan formulir penilaian digunakan sebagai alat penelitian. Hasil validasi materi menghasilkan nilai 4,28 dengan kategori “Tepat”, sehingga materi dikatakan layak pakai, dari hasil validasi media saya mendapatkan nilai 4,85 “Sangat valid” dan validasi ahli media memberikan nilai II 4,69 “sangat sesuai”, artinya lingkungan tergolong lingkungan eksperimental. Selain itu, ujian praktik mahasiswa mendapat nilai 4,74 “sangat praktis”. Dari sini bisa diambil kesimpulan bahwa penggunaan Media Pembelajaran iSpring Suite dalam mata pelajaran IPA kelas VIII SMP dimungkinkan dan layak.

Downloads

Published

2023-02-13

How to Cite

Mardiansyah, M., Zen, Z., Bentri, A., & Supendra, D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Ispring Suite pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP. Jurnal Family Education, 3(1), 37-42. https://doi.org/10.24036/jfe.v3i1.82