Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Metode Tawaasilul Aayat untuk Meningkatkan Kemampuan Muraja’ah Siswa Kelas Menengah di SMPs IT Tahfizh Adzikra Padang
DOI:
https://doi.org/10.24036/jfe.v3i1.81Keywords:
Tahfizhul Qur’an, Ziyadah, Muraja’ah, Video Pembelajaran InteraktifAbstract
Menghafal Al-Qur’an atau lebih sering kita kenal dengan tahfizhul qur’an merupakan salah satu kegiatan yang saat ini sudah banyak menarik perhatian masyarakat khususnya dalam dunia pendidikan. Menghafal Al-Qur’an saat ini sudah digencarkan oleh sekolah-sekolah baik sekolah islam maupun sekolah umum. Kegiatan menghafal Al-Qur’an mengharuskan siswa untuk melakukan dua kewajiban utama sebagai seorang penghafal Al-Qur’an yaitu ziyadah dan muraja’ah. Ziyadah adalah proses menambah hafalan baru sesuai target yang sudah ditetapkan, sedangkan muraja’ah artinya mengulang-ulang hafalan yang sudah didapatkan oleh siswa. Ada pepatah mengatakan bahwa ziyadah adalah bukti cinta, sedangkan muraja’ah adalah bukti kesetiaan. Dalam menghafal Al-Qur’an ziyadah saja tidak akan cukup, perlu kita perkuat proses menghafal Al-Qur’an dengan kegiatan muraja’ah. Muraja’ah merupakan kunci dalam menghafal Al-Qur’an. Tanpa adanya kegiatan muraja’ah maka mustahil Al-Qur’an akan bertahan lama dalam hati dan pikiran manusia. Oleh sebab itu, permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah “Bagaimana validitas dan praktikalitas pengembangan video pembelajaran interaktif metode tawaasilul aayat untuk meningkatkan kemampuan muraja’ah siswa kelas menengah di SMPs IT Tahfizh Adzikra Padang?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa valid dan praktis media video pembelajaran interaktif metode tawaasilul aayat untuk meningkatkan kemampuan muraja’ah siswa
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lili Rahmadani, Zuwirna Zuwirna, Novrianti Novrianti, Dedi Supendra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.