Pengembangan E-Modul Mata Kuliah Fotografi Departemen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UNP

Authors

  • Aditya Permadi Universitas Negeri Padang
  • Novrianti Novrianti Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v3i1.79

Keywords:

Pengembangan, E-modul Fotografi, Flip Builder

Abstract

Pengambangan e-modul pada mata kuliah fotografi ini dilakukan sebagai upaya dalam meningkatkan motivasi serta minat belajar mahasiswa dan pengembangan e-modul ini dapat membantu dan mempermudah proses belajar, memperjelas materi pelajaran dengan beragam visualisasi dalam memecahkan masalah pada mata kuliah fotografi yang terdapat banyak konsep dan butuh pemahaman mendalam yang membuat mahasiswa jenuh dalam proses pembelajaran.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah Research and Deveopment (R&D), menggunakan metode penelitian pengembangan perangkat 4-D (Four D). Pengembangan model 4-D terdiri atas 4 tahapan yaitu, Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Uji validitas produk dilakukan oleh tiga validator yaitu satu orang validator ahli materi dan dua orang validator ahli media. Uji praktikalitas dilakukan kepada 25 mahasiswa jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan. Untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap e-modul fotografi diperoleh dengan menggunakan metode angket.Hasil uji validitas produk untuk aspek materi sudah “sangat valid” dengan hasil rata-rata 4,41 dengan persentase 92%. Hasil validasi media menunjukkan hasil “sangat valid” dengan rata-rata 4,6 dengan  persentase 90,75%, sedangkan hasil uji kepraktisan menghasilkan hasil “sangat praktis” dengan skor rata-rata 4,65 dengan persentase sebesar 93,1%. Secara keseluruhan, e-modul yang dibuat boleh dikatakan “sangat layak” untuk digunakan dalam mata kuliah Fotografi.

Downloads

Published

2023-02-13

How to Cite

Permadi, A., & Novrianti, N. (2023). Pengembangan E-Modul Mata Kuliah Fotografi Departemen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UNP. Jurnal Family Education, 3(1), 48-54. https://doi.org/10.24036/jfe.v3i1.79