Pelaksanaan Pengembangan Moral Anak di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Painan

Authors

  • Nadya Yulimal Devi Universitas Negeri Padang
  • Syahrul Ismet Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v2i4.74

Keywords:

Pengembangan Moral, Hakikat Pembelajaran, Anak Usia Dini

Abstract

Anak usia dini adalah individu yang unik dan mempunyai karakteristik yang sejalan dengan tahapan usianya. Pada masa ini, anak sedang mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat, masa usia dini (0-6) tahun ini juga sering disebut masa keemasan (golden age) sebab pada masa inilah merupakan sebuah periode awal bagi anak untuk mengeksplorasi dirinya ke lingkungan. Salah satu aspek yang dikembangkan di Taman Kanak-Kanak ialah perkembangan moral.Dewasa ini, Pada dasarnya moral mengacu pada akhlak yang sesuai dengan peraturan sosial atau menyangkut hokum atau adat kebiasaan yang mengatur tingkah laku.Moral juga berkaitan dengan baik dan buruk, serta benar maupun salah.Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana pelaksanaan pengembangan moral anak di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Painan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.Penelitian ini dilaksanakan di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Painan pada bulan September 2022.Hasil penelitian secara umum diketahui bahwa pelaksanaan pengembangan moral anak di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Painan sudah terlaksana dengan baik. Guru telah membuat strategi, variasi serta hambatan yang diperoleh yang mengacu kepada kurikulum 2013 dan indikator pembelajaran. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwasannya dalam strategi, variasi serta hambatan yang diperoleh dalam pelaksanaan pengembangan moral mengacu kepada kurikulum 2013 dan indikator pembelajaran yang telah ditetapkan

Downloads

Published

2022-11-07

How to Cite

Yulimal Devi, N., & Ismet, S. (2022). Pelaksanaan Pengembangan Moral Anak di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Painan. Jurnal Family Education, 2(4), 346-350. https://doi.org/10.24036/jfe.v2i4.74