Asesmen Autentik Di Lembaga PAUD pada Era Revolusi Industri 4.0

Authors

  • Nadila Khairunnisa AP Universitas Negeri Padang
  • Nenny Mahyuddin Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v2i4.72

Keywords:

Asesmen, Asesmen Autentik, Lembaga PAUD, Era Revolusi Industri 4.0

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang pelaksanaan asesmen autentik yang dilakukan guru pada era revolusi industri 4.0. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian studi literatur yaitu dengan menelaah sumber data yang relevan yang diambil dari buku, artikel, jurnal, dan sebagainya. Baik dari sumber primer maupun sekunder menggunakan teknik analisis data berupa analisis isi (content analisis). Berdasarkan beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan asesmen autentik sangat penting untuk dilaksanakan agar mengetahui capaian perkembangan anak serta dapat mengembangakan anak lebih optimal dan lebih nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan asesmen autentik di lembaga paud pada era 4.0 ini dapat menggunakan berbgai jenis teknologi seperti aplikasi iPad, port elektronik- folio (e-portfolio), dan gambar dan video digital

Downloads

Published

2022-11-07

How to Cite

Khairunnisa AP, N. ., & Mahyuddin, N. (2022). Asesmen Autentik Di Lembaga PAUD pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Family Education, 2(4), 319-330. https://doi.org/10.24036/jfe.v2i4.72