Hubungan antara Kompetensi Andragogi Instruktur Dengan Partisipasi Belajar Peserta dalam Pelatihan Bahasa Inggris di Desa Wisata kapalo Banda, Nagari Taram, Kabupaten 50 Kota
DOI:
https://doi.org/10.24036/jfe.v5i3.422Keywords:
Kompetensi Andragogi, Partisipasi Belajar, PelatihanAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang baiknya partisipasi belajar peserta dalam Pelatihan Bahasa Inggris di Desa Kapalo Banda Nagari Taram, Kabupaten 50 Kota. Tujuan dari penelitian iniuntuk mengetahui: (1) kompetensi andragogi instruktur dalam pelatihan, (2) partisipasi belajar peserta dalam Pelatihan Bahasa Inggris, (3) Hubungan signifikan antara Kompetensi andragogi instruktur dengan partisipasi belajar peserta dalam Pelatihan Bahasa Inggris di Desa Wisata Kapalo Banda Nagari Taram Kabupaten 50 Kota. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 63 orang. Sampel penelitian diambil 70% menggunakan cluster random sampling berjumlah 44 orang. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi andragogi instruktur dikategorikan kurang baik, (2) partisipasi belajar peserta dalam Pelatihan Bahasa Inggris kurang baik pula, (3) Terdapatnya hubungan yang signifikan antara kompetensi andragogi instruktur dengan partisipasi belajar peserta dalam pelatihan bahasa inggris di desa wisata kapalo banda nagari taram kabupaten 50 kota.
References
Amalia, E., & Pratama, T. (2019). Partisipasi masyarakat dalam pembangunan daerah. Jurnal Ilmu Sosial, 10(2), 134–140.
Afrianti, V., & Bartin, T. (2020). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Aktivitas Belajar Peserta Pelatihan Bahasa Inggris di Lembaga Kursus dan Pelatihan Hazika Education Centre Padang. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(3), 9-19.
Amar, S. (2022). Konsep pemberdayaan dalam masyarakat lokal. Jakarta: Pustaka Warga.
Ardi, H., & Suparlan, L. (2023). Pengaruh kompetensi andragogi terhadap partisipasi belajar dalam pendidikan nonformal. KOLOKIUM: Jurnal Pendidikan Nonformal, 8(1), 45–56.
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2019). How to Design and Evaluate Research in Education (10th ed.). New York: McGraw-Hill Education.
Hilmi, H. (2023). Metodologi penelitian kuantitatif dalam pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Huraerah, A. (2008). Metodologi pemberdayaan masyarakat. Bandung: Humaniora.
Kamil, M. (2010). Pendidikan Nonformal: Pengembangan Melalui Pelatihan. Bandung: Alfabeta.
Kamil, M. (2022). Andragogi dan Transformasi Pembelajaran Dewasa. Bandung: Pustaka Pelajar.
Khairinal. (2016). Statistik pendidikan. Padang: UNP Press.
Knowles, M. S., Holton, E. F., & Swanson, R. A. (2020). The Adult Learner: The Definitive Classic in Adult Education and Human Resource Development (9th ed.). New York: Routledge.
Muhammad Yunus, & Parapat, R. (2021). Pemberdayaan masyarakat berbasis mikro. Jakarta: Prenada Media.
Mustofa, K. (2018). Pendidikan Nonformal sebagai Pilar Pembangunan Masyarakat. Bandung: Alfabeta.
Nurbaiti, A., & Bambang, E. (2017). Analisis partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa. Jurnal Sosial Humaniora, 6(2), 111–120.
Rahmat, A., Taufik, M., & Iskandar, R. (2023). Dimensi partisipasi sosial dalam komunitas. Bandung: Literasi Mandiri.
Raintung, R., Sudarto, & Fadillah, F. (2021). Peran pendidikan dalam pemberdayaan masyarakat pesisir. Jurnal Pemberdayaan, 5(1), 77–90.
Safitri, D. (2018). Urgensi Pendidikan dalam Pembangunan Manusia. Jakarta: Mitra Cendekia.
Saripadillah, S., & Aini, N. (2023). Hubungan antara kompetensi andragogi instruktur dan hasil belajar peserta dalam pelatihan Bahasa Inggris di LKP Hazika Education Centre Padang. KOLOKIUM: Jurnal Pendidikan Nonformal, 9(1), 87–98.
Sihombing, H. (2020). Andragogi dalam Pendidikan Masyarakat Marginal. Medan: Serambi Ilmu.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Wulandari, P., & Putri, L. D. (2023). The Relationship Between Work Motivation And Work Readiness Of Participants Taking Part In Mtu Based Sewing Training At Blk Padang Panjang. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 11(3), 650-659.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Shatria Kurniawan, Lili Dasa Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.