Hubungan Antara Keterlibatan Orang Tua dengan Hasil Belajar Makharijul Huruf Santri di MDA Mushola Al-Kautsar Kecamatan Koto XI Tarusan
DOI:
https://doi.org/10.24036/jfe.v5i3.421Keywords:
Keterlibatan Orang Tua, Hasil Belajar, Makharijul Huruf, MDAAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar belajar makharijul huruf santri di MDA Mushola Al-Kautsar Kecamatan Koto XI Tarusan. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui 1) Menggambarkan keterlibatan orang tua terhadap proses belajar makharijul huruf santri, 2) Menggambarkan hasil belajar makharijul huruf santri, 3) Menganalisis hubungan antara keterlibatan orang tua dengan hasil belajar makharijul huruf santri di MDA Mushola Al-Kautsar Kecamatan Koto XI Tarusan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh santri MDA Mushola Al-Kautsar yang berjumlah 52 orang. Sampel penellitian ini dipilih melalui teknik cluster random sampling dengan jumlah 32 orang. Instrumen penelitian meliputi angket keterlibatan orang tua dan tes hasil belajar makharijul huruf. Analisis data dilakukan menggunakan rumus persentase dan korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan; 1) Keterlibatan orang tua tergolong rendah, 2) Hasil belajar tergolong rendah, dan 3) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara keterlibatan orang tua dan hasil belajar makharijul huruf santri di MDA Mushola Al-Kautsar Kecamatan Koto XI Tarusan.
References
Afrina, S., & Wisroni, W. (2023). The Relationship Between Parental Involvement and Learning Outcomes of Class VII Students at SMP Negeri 3 Padang. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 11(3), 459-468.
Hornby, G. (2011). Parental Involvement in Childhood Education. Springer.
Indonesia, Pemerintah Republik. 2003. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003.” Pemerintah Republik Indoensia.
Irmawita, I. (2014). Penataan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai Sarana Pembelajaran Warga Belajar Pendidikan Nonfomal. PEDAGOGI : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, XIV(2), 72–81.
Ismaniar, Ismaniar. 2019. “Optimalisasi Peran Keluarga Dalam Stimulasi Kemampuan Membaca Awal Anak Melalui Pendekatan Environmental Print.” E-Tech 6 (2): 391087.
Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630
Maulani, N. H., & Bartin, T. (2021). Hubungan Antara Perhatian Orang Tua dengan Minat Belajar Siswa SMP pada Pembelajaran dari Rumah di RW II Kelurahan Parak Gadang Timur Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 333–341.
Nabilah. Hidayah, S. 2022. “Peran Taman Pendidikan Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kualitas Dalam Membaca Al- Qur’an.” Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora 1 (9): 1913–18.
Nasution, Inom, and Suharian Suharian. 2020. “Peran Orang Tua Terhadap Anak Dalam Program Belajar Dari Rumah Di Masa Pandemi Covid-19.” Visipena 11 (2): 266–80.
Oemar Hamalik. 2010. “Proses Belajar Mengajar.” In .
Setiawati, S., Syuraini, S., & Ismaniar, I. (2020). Model Pendidikan Keluarga dalam Pengembangan Karakter Kemandirian Anak Usia Dini. Padang: Jurusan Pendidikan Luar Sekolah.
Slameto, Belajar. 2010. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya.” Jakarta: Rineka Cipta 182.
Sudjana, Nana. 2009. “Media Pengajaran.”
Trigunawan, Ivan, & Solfema. 2021. “Hubungan Antara Kesiapan Belajar Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Pendidikan Kesetaraan Paket C Di PKBM Primadona Desa Cimparuh Kota Pariaman.” SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS) 5(1):342–46.
Waritsman, Arsyil. 2020. “Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa.” Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian 2 (1).
Yaumi, Muhammad. 2018. Media Dan Teknologi Pembelajaran. Prenada Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Amanda Putri Ramadhan, Vevi Sunarti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.