Hubungan Kualitas Pelatihan Dengan Motivasi Berwirausaha Lulusan Pelatihan Pembuatan Roti Dan Kue Di BLK Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman
DOI:
https://doi.org/10.24036/jfe.v5i3.419Keywords:
Kualitas Pelatihan, Motivasi BerwirausahaAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi berwirausaha lulusan pelatihan pembuatan roti dan kue di BLK Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman, hal ini diduga berhubungan dengan kualitas pelatihan pembuatan roti dan kue. Penelitian ini bertujuan dengan untuk mengetahui gambaran kualitas pelatihan di BLK Lubuk Sikaping, motivasi berwirausaha lulusan pelatihan pembuatan roti dan kue di BLK Lubuk Sikaping, dan mengetahui hubungan kualitas oelatihan dengan motivasi berwirausaha lulusan pelatihan pembuatan roti dan kue di BLK Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Adapun populasi penelitian ini ialah lulusan pelatihan pembuatan roti dan kue yang berjumlah 32 orang. Sampel di ambil sebanyak 75 % dari populasi yaitu 24 orang lulusan pelatihan pembuatan roti dan kue dengan teknik simple random samling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan rank order dan menggunakan bantuan IBM SPSS (Statistic Package and Service Salution) versi 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Kualitas pelatihan di BLK Lubuk Sikaping, Kabupaten rendah. (2) Motivasi berwirausaha lulusan pelatihan pembuatan roti dan kue di BLK Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman dikategorikan rendah dan (3) Terdapat korelasi yang signifikan antara kualitas pelatihan dengan motivasi berwirausaha lulusan pelatihan pembuatan roti dan kue di BLK Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman.
References
Aini, W. (2019). Difficulties of Equality Education in the Sumatera Area. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 7(1), 9–19. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v7i1.19
Effendy, I., Bakti, A. M., Syazili, A., Mirza, A. H., Ariandi, M., & Santoso, A. B. (2023). Pelatihan Penggunaan Website Desa Indrapura. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bina Darma, 3(2), 123–128. https://doi.org/10.33557/pengabdian.v3i2.2464
Irma, H. (2022). Hubungan Persepsi Dengan Prestasi Belajar Matematika Peserta Bimbingan Belajar ( Bimbel ) Berbicara tentang pendidikan dalam hubungannya dengan manusia , manusia sangat membutuhkan yang mananya pendidikan . Dengan pendidikan manusia bisa meningkatkan hal . 3(1), 13–22.
Purnomo, B. R. (2017). Efektivitas Pelatihan Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Motivasi Berwirausaha Pada Penyandang Tunarungu. Ekspektra : Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 1(1), 21–30. https://doi.org/10.25139/ekt.v1i1.85
Rafly, M., Yatimah, D., & Sutisna, A. (2025). Implementasi Analisis Kebutuhan Pelatihan Dalam Pengembangan Karyawan Di Unit Collection & Recovery , Permata Bank. 8, 142–151.
Rizkianti, P. A., Asbari, M., Priambudi, N. P., & Asri, S. A. J. (2024). Pendidikan Indonesia Masih Buruk? Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2), 35–38.
Salsabila, S. I., & Hertati, D. (2022). Efektivitas Program Pelatihan Berbasis Kompetensi dalam Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja di UPTD BLK Kabupaten Kotawaringin Timur. Perspektif, 11(4), 1360–1368. https://doi.org/10.31289/perspektif.v11i4.7933
Waruwu, M., Natijatul, S., Rusydiana, M., Khairina, D., Magister, P., Pendidikan, A., Keguruan, F., Bimbingan, P., Keguruan, F., Pendidikan, P., Usia, A., & Keguruan, F. (2025). Mendeley Utilization Training for Students in Writing Scientific Papers Pelatihan Pemanfaatan Mendeley Bagi Mahasiswa Dalam Penulisan Karya Ilmiah. 6(1), 20–28.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Elsa Muharani, Muhamad Fahrur Rozi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.