Pengaruh Motivasi Belajar dan Iklim Kelas Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di LPK Asia Training Center Padang

Authors

  • Novia Dwi Hapsari Universitas Negeri Padang
  • Fitri Dwi Arini Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v5i3.417

Keywords:

Motivasi Belajar, Iklim Kelas, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar (kemampuan menyimak/choukai bahasa Jepang) peserta didik di LPK Asia Training Center Padang. Beberapa faktor yang diduga menjadi penyebabnya yaitu motivasi belajar dan iklim kelas. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui gambaran serta pengaruh dari variabel yang diteliti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal yang bertujuan untuk mengkaji sejauh mana variabel bebas bisa memengaruhi variabel terikat. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan stratified random sampling dari populasi sebanyak 58 orang, dan ditetapkan sebanyak 35 orang sebagai sampel. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner dan analisis data dilakukan menggunakan rumus persentase dan uji Regresi Linier Berganda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa, (1) Motivasi belajar peserta didik berada dalam kategori tinggi. (2) Iklim kelas peserta didik berada dalam kategori sangat tinggi (3) Hasil belajar peserta didik berada dalam kategori cukup. (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar (kemampuan menyimak/choukai bahasa Jepang) peserta didik. (5) Terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara iklim kelas terhadap hasil belajar (kemampuan menyimak/choukai bahasa Jepang) peserta didik. (6) Terdapat pengaruh motivasi belajar dan iklim kelas secara bersamaan (simultan) terhadap hasil belajar (kemampuan menyimak/choukai bahasa Jepang) peserta didik di LPK Asia Training Center Padang.

References

Arini, F., & Rofi’ah, S. (2023). Listening Difficulties Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris dalam Mata Kuliah Listening: Studi Kasus Berdasarkan Gender. Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan, 3(4). https://doi.org/10.28926/jpip.v3i4.1176

Arsyantika, N., Hermanto, & Hajeniati, N. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Meluhu. Jurnal Pendidik Indonesia, 4(1), 27–35. https://doi.org/10.61291/jpi.v2i1.39

Daniati, N. H., Neviyarni, S., & Nirwana, H. (2024). Konsep Dan Penerapan Motivasi Dalam Belajar. Jurnal Pendidikan Sosial dan Konseling, 2(3), 1099–1104.

Ernawati, Saepudin, R., Mutallaah, I., & Sahruhadi, R. A. (2025). Membangun Iklim Kelas Positif untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran: Strategi, Implementasi, dan Dampaknya. Integrating Religion, Social Economy, and Law: Conference Series, 1(2), 104–110.

Downloads

Published

2025-08-20

How to Cite

Hapsari, N. D., & Arini, F. D. . (2025). Pengaruh Motivasi Belajar dan Iklim Kelas Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di LPK Asia Training Center Padang. Jurnal Family Education, 5(3), 280-292. https://doi.org/10.24036/jfe.v5i3.417