Hubungan Pengawasan Orang Tua dengan Kecanduan Bermain Smartphone pada Anak Usia 9–12 Tahun di Jorong Tabubaraie, Nagari Paninjauan, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar

Authors

  • Meliya Safitri Universitas Negeri Padang
  • MHD Natsir Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v5i3.405

Keywords:

pengawasan orang tua, kecanduan smartphone, anak usia 9–12

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kecanduan smartphone pada anak usia 9–12 tahun di Jorong Tabubaraie, Nagari Paninjauan, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar. Gejala yang muncul meliputi sulit mengontrol penggunaan, gelisah saat tidak memegang smartphone, menarik diri dari lingkungan sosial, dan menurunnya produktivitas belajar. Kondisi ini diduga terkait lemahnya pengawasan orang tua. Penelitian bertujuan menggambarkan pengawasan orang tua, tingkat kecanduan smartphone pada anak, serta hubungan keduanya. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kuantitatif melalui metode korelasional. Populasi terdiri dari 210 anak usia 9–12 tahun yang memiliki akses smartphone. Sampel ditentukan secara simple random sampling menggunakan rumus Cochran, sehingga diperoleh 66 responden. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket yang  sebelumnya  melalui tahap uji validitas dan reliabilitas untuk memastikan ketepatan serta konsistensinya. Analisis data dilakukan melalui perhitungan persentase dan penerapan uji korelasi Product Moment untuk mengidentifikasi hubungan antarvariabel.. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pengawasan orang tua terhadap penggunaan smartphone anak tergolong rendah; (2) Tingkat kecanduan smartphone pada anak tergolong tinggi; (3) Terdapat hubungan negatif signifikan antara pengawasan orang tua dengan kecanduan smartphone, artinya semakin rendah pengawasan, semakin tinggi kecanduan anak

References

Patton, M. (2021). Creative Efficacy Toolbox: Introducing a Professional Development Model for Creatives. In College Music Symposium (Vol. 61, Issue 1, pp. 76–85). https://doi.org/10.18177/sym.2020.61.1.sr.11518

Prasanti, D. (2016). Perubahan Media Komunikasi Dalam Pola Komunikasi Keluarga Di Era Digital. Jurnal Commed, 1(1), 2527–8673.

Sari, I. M., & Marnelly, T. R. (2024). Digital Parenting (Studi Kasus Pengawasan Penggunaan Smartphone oleh Ibu pada Anak). Jurnal Basicedu, 8(3), 1936–1943. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7552

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Wilson, E. (2023). Pengawasan Orang Tua Terhadap Anak Mengenai Penggunaan Internet. Journal of Sustainable Community Development, 1(1), 21–25. https://journal.midpublisher.com/index.php/jscd/article/view/15

Wulandari, A. P., & Renda, N. T. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan Motivasi Belajar Matematika Siswa. 25(2), 251–261.

Young, K. S. (1998). Internet addiction: The emergence of a new clinical disorder. Cyberpsychology and Behavior, 1(3), 237–244. https://doi.org/10.1089/cpb.1998.1.237

Downloads

Published

2025-08-20

How to Cite

Safitri, M., & Natsir, M. (2025). Hubungan Pengawasan Orang Tua dengan Kecanduan Bermain Smartphone pada Anak Usia 9–12 Tahun di Jorong Tabubaraie, Nagari Paninjauan, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Family Education, 5(3), 330-337. https://doi.org/10.24036/jfe.v5i3.405