Hubungan Motivasi Instrinsik Dengan Disiplin Belajar Peserta Didik Di Lembaga Kursus Bahasa Jepang Kota Padang

Authors

  • Keysha Aulia Universitas Negeri Padang
  • MHD Natsir Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v5i3.404

Keywords:

Motivasi Intrinsik,Disiplin Belajar, Kursus Bahasa Jepang

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya disiplin peserta didik dalam belajar bahasa jepang, hal ini diduga disebabkan oleh kurangnya motivasi intrinsik peserta didik dalam mengikuti kursus bahasa jepang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk 1)melihat gambaran motivasi intrinsik dalam mengikuti kursus bahasa jepang di lembaga natsuka gakkou, 2) untuk mendeskripikan disiplin belajar peserta didik dalam proses pembelajaran bahasa jepang di lembaga natsuka gakkou dan 3)apakah terdapat hubungan antara motivasi intrinsik dengan disiplin belajar bahasa jepang peserta didik kursus bahasa jepang natsuka gakkou kota padang. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik di lembaga kursus bahasa Jepang natsuka gakkou kota padang. pada periode tahun 2025 sebanyak 30 orang. Sementara sampel penelitian diambil dengan teknik stratifed Random Sampling sebanyak 80%. Jadi, jumlah sampel seluruhnya 24 orang. Instrumen penelitian dalam pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data memakai rumus persentase dan rank order. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil Penelitian menunjukkan 1) motivasi intrinsik peserta didik di lembaga kursus bahasa Jepang natsuka gakkou dikategorikan rendah. 2) disiplin belajar peserta didik di lembaga kursus bahasa Jepang natsuka gakkou dikategorikan rendah. 3)Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi intrinsik dengan disiplin belajar peserta didik kursus bahasa Jepang Natsuka Gakkou kota Padang

References

Hayati, N. (2020). The Role of Community Library Rumah Asa in Empowerment of Communities in Karangkajen Yogyakarta. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 8(1), 54–61.

Hermanda, S., & Irmawita, I. (2022). Hubungan Antara Pengalaman Belajar Dengan Partisipasi Belajar Di Lembaga Kursus Bahasa Jepang Natsuka Gakkou Kota Padang. Jurnal Family Education, 2(2), 151–166. https://doi.org/10.24036/jfe.v2i2.51

Irmawita, I. (2019). Hakekat Pendidikan dan Pembelajaran Pada Program Pendidikan Keaksaraan Fungsional. Prosiding Seminar Nasional & Temu Kolegial Jurusan PLS Se-Indonesia,(1943), 1–9.

Kelly, K. (2022). Kewajiban dan kedisiplinan belajar siswa. WIDYA WASTARA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 87–94.

Livia, Y. (2021). Pengaruh Persepsi Dukungan Autonomy dan Persepsi Dukungan Sosial terhadap Motivasi Intrinsik Bermain Musik pada Remaja.

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Intrinsic and extrinsic motivations: Classic definitions and new directions. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 54–67.

Sardiman, A. M. (2006). Interaksi & motivasi belajar-mengajar.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2025-08-20

How to Cite

Aulia, K., & Natsir, M. (2025). Hubungan Motivasi Instrinsik Dengan Disiplin Belajar Peserta Didik Di Lembaga Kursus Bahasa Jepang Kota Padang. Jurnal Family Education, 5(3), 312-318. https://doi.org/10.24036/jfe.v5i3.404