Hubungan Antara Pola Pembinaan Orang Tua Dengan Perilaku Agresif Anak Di Yayasan Marzia Imani Pauh Kabupaten Padang Pariaman

Authors

  • Nurfadilla Universitas Negeri Padang
  • Irmawita Irmawita Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v5i3.401

Keywords:

Pola Pembinaan, Perilaku Agresif, Yayasan

Abstract

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya perhatian dan pola pembinaan dari orang tua serta rendahnya kecerdasan emosional anak di Yayasan. Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran pola pembinaan orang tua, gambaran perilaku agresif anak, dan hubungan antara pola pembinaan orang tua dengan perilaku agresif anak di Yayasan Marzia Imani Pauh Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini berjenis korelasi dengan pendekatan kuantitatif karena tujuan penelitian ini yakni untuk menemukan hubungan antara pola pembinaan orang dan perilaku agresif anak di Yayasan Marzia Imani.Pauh Kabupaten Padang Pariaman.Populasi dalam penelitian ini yang diambil yaitu 32 orang anak di Yayasan Marzia Imani.Pauh Kabupaten Padang Pariaman. Sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 85% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 32 di Yayasan Marzia Imani.Pauh Kabupaten Padang Pariaman. Teknik pengumpulan data penelitian ini yakni kuesioner. Metode analisis data penelitian ini yakni metode korelasi Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pola pembinaan oleh orang tua di Yayasan Marzia Imani Pauh Kabupaten Padang Pariaman tergolong rendah. (2) Perilaku agresif anak di Yayasan Marzia Imani Pauh Kabupaten Padang Pariaman tergolong rendah. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara pola pembinaan orang tua dengan perilaku agresif anak di Yayasan Marzia Imani Pauh Kabupaten Padang Pariaman.

References

Setiawati, S., & Syuraini, S. (2018). Peningkatan Peran Serta Ibu-Ibu dalam Rumah Tangga Melalui Pelatihan Pendidikan Karakter dan Keterampilan Membuat Makanan Jajanan Berbasis Bahan Lokal. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(2), 119–123. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v6i2.15

Sunarti, V. (2014). Peranan Pendidikan Luar Sekolah Dalam Rangka Mitigasi Bencana. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 2(2). https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v2i2.5044

Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Corona Virus 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 683–696. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.792

Tanzeh, A., & Arikunto, S. (2020). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian, 43, 22–34.

Tusadiah, F. R., & Jalius. (2021). Description of Facilitator Andragogy Competence in Avocado Breeder Training at the West Sumatra Agricultural Training Center. KOLOKIUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 9(2), 149–159.

Yelvi, M., & Setiawati, S. (2024). The Relationship Between The Tutor’s Social Interaction and The Social Behavior of Students Studying Package B in learning at SPNF SKB Padang Pariaman. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 12(1), 6. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v12i1.127602

Downloads

Published

2025-08-20

How to Cite

Nurfadilla, & Irmawita, I. (2025). Hubungan Antara Pola Pembinaan Orang Tua Dengan Perilaku Agresif Anak Di Yayasan Marzia Imani Pauh Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Family Education, 5(3), 268-279. https://doi.org/10.24036/jfe.v5i3.401