Strategi Pendidikan Anak Dalam Keluarga Mantan Narapidana (Studi Kasus pada Keluarga X di Desa Batu Kalang, Kabupaten Padang Pariaman)

Authors

  • Mukti Ali Andra Universitas Negeri Padang
  • Ridha Husnul Hayati Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v5i3.392

Keywords:

Strategi, Pendidikan Anak, Keluarga, Narapidana

Abstract

Pendidikan merupakan elemen utama dalam kehidupan manusia, karena melalui pendidikan individu dapat mempertahankan eksistensinya, membangun hubungan sosial, serta mengembangkan kemampuan intelektual dan nilai-nilai moral. Salah satu bentuk pendidikan yang paling mendasar dan berpengaruh adalah pendidikan informal yang terjadi dalam lingkungan keluarga. Sebagai institusi sosial pertama yang dihadapi anak, keluarga memegang peranan sentral dalam membentuk kepribadian, sikap, dan prinsip-prinsip yang akan dijadikan pedoman oleh anak. Penelitian ini bertujuan untuk menggali strategi yang digunakan oleh orang tua dalam mendidik anak dalam konteks kehidupan keluarga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara mendalam, observasi langsung, serta dokumentasi sebagai pelengkap informasi. Dengan teknik pemilihan informan menggunakan snowball sampling. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Orang tua memberikan keteladanan yang konsisten sehingga anak mampu meniru dan mempertahankan perilaku positif. (2) Nasihat yang disampaikan melalui pendekatan positif menjadikan anak lebih mudah memahami serta menyerap makna dari pesan yang diberikan. dan (3) Pembiasaan yang diterapkan oleh orang tua memainkan peranan penting dalam membentuk sikap, perilaku, dan karakter anak. Melalui rutinitas yang terarah dan nilai-nilai positif yang terus ditanamkan, anak tumbuh dengan pola hidup yang teratur dan disiplin.

References

Amaliyah, S. (2021). Konsep Pendidikan Keluarga Menurut Ki Hadjar Dewantara. Journal of Chemical Information and Modeling, 5(9), 1766–1770.

Azizah, A. N., & Khairunnisa, A. (2024). Pendidikan Informal Dan Mendidik Perilaku Ramah Lingkungan Pada Anak. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(7), 3299–3303. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i7.3061

Fransiska, Y., & Lima, J. S. (2022). Relevansi Pandangan William Gouge Mengenai Tanggung Jawab Orang Tua Dan Anak Terkait Disiplin Dalam Keluarga. VERBUM CHRISTI: JURNAL TEOLOGI REFORMED INJILI, 7(2). https://doi.org/10.51688/vc7.2.2020.art4

Khairunnisa, F., & Fidesrinur, F. (2021). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Perilaku Berbagi Dan Menolong Pada Anak Usia Dini. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 33. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.703

Downloads

Published

2025-08-20

How to Cite

Andra, M. A. ., & Hayati, R. H. . (2025). Strategi Pendidikan Anak Dalam Keluarga Mantan Narapidana (Studi Kasus pada Keluarga X di Desa Batu Kalang, Kabupaten Padang Pariaman). Jurnal Family Education, 5(3), 338-344. https://doi.org/10.24036/jfe.v5i3.392