Hubungan Keaktifan Belajar Dengan Kemampuan Pengelolaan Keuangan Peserta Pelatihan Di UPTD Balai Diklat Provinsi Sumbar
DOI:
https://doi.org/10.24036/jfe.v5i3.387Keywords:
Keaktifan Belajar, Kemampuan Pengelolaan Keuangan, Peserta PelatihanAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pengelolaan keuangan peserta pelatihan dalam penyusunan laporan keuangan, hal ini diduga berhubungan dengan keaktifan belajar dalam mengikuti pelatihan pembukuan laporan keuangan berbasis IT. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran keaktifan belajar, kemampuan pengelolaan keuangan peserta pelatihan dan melihat gambaran hubungan keaktifan belajar dengan kemampuan pengelolaan keuangan peserta pelatihan di UPTD Balai Diklat Koperasi Provinsi Sumatera Barat. Jenis penelitian yang dilakukan adalah menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif korelasional. Populasi pada penelitian ini berjumlah 42 orang peserta pelatihan yang mengikuti pelatihan pembukuan laporan keuangan berbasis IT di UPTD Balai Diklat Provinsi Sumatera Barat. Pemilihan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan pengambilan 60% sampel dari populasi 42 orang yaitu sebanyak 25 peserta pelatihan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dan pengelolaan data menggunakan SPSS versi 25. Teknik analisis data menggunakan rumus presentase serta korelasional dengan rumus spearmen rho untuk menguji hubungan antar variabel yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keaktifan belajar peserta pelatihan di UPTD Balai Diklat Koperasi Provinsi Sumatera Barat dikategorikan sedang, (2) kemampuan pengelolaan keuangan peserta pelatihan juga berada pada kategori sedang dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara keaktifan belajar dengan kemampuan pengelolaan keuangan peserta pelatihan di UPTD Balai Diklat Provinsi Sumatera Barat.
References
Achmad Sugandi, 2004, Teori Pembelajaran, Semarang: UNNES Press
Al Kholilah Rr Iramani, N. (2013). Studi Financial Management Behavior Pada Masyarakat Surabaya. In Journal Of Business And Banking (Vol. 3, Issue 1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.14414/Jbb.V3i1.255
A.M. Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Rajagrafindo: Jakarta
Assyfa, L. N. (2020). Pengaruh Uang Saku, Gender Dan Kemampuan Akademik Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Pribadi Mahasiswa Akuntansi Dengan Literasi Keuangan Sebagai Variabel Intervening. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(1), 109–119.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Elfa, E., & Irmawita, I. (2020). The Relationship Between Instructors’ Teaching Skills and The Learning Outcomes of The Learning Community at PKBM Surya Padang. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 8(4), 483. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v8i4.110102
Hayati, N. (2020). The Role of Community Library Rumah Asa in Empowerment of Communities in Karangkajen Yogyakarta. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 8(1), 54–61. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v8i1.390
Husna N. A., and L. Lutfi. (2021). “Perilaku Pengelolaan Keuangan Keluarga: Peran Moderasi Pendapatan,” Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis, vol. 13, no. 1, pp. 15–27, doi: 10.33059/jseb v13i1.3349.
Irmawita, I. (2018). Pengelolaan Program Pendidikan Nonformal untuk Kelompok Masyarakat Lanjut Usia. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v6i1.2
Karnasih, T., Nursetiawati, S., & Mahdiyah, M. (2020). Hubungan Kompetensi Profesional Widyaiswara dan Prestasi Belajar Guru Terhadap Hasil Uji Sertifikasi Kompetensi Guru Keahlian Ganda. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5 (5), 177–187.
Mustika, Yusuf, N., & Taruh, V. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Sikap Keuangan Dan Kemampuan Akademik Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Jurnal Mahasiswa Akuntansi, 1(1), 82–96.
Paramita, K., Wahyudi, W., & Fadila, A. (2020). Determinan Perilaku Pengelolaan Keuangan pada Pelaku Industri Kecil Menengah. Studi Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 3(2), 213–232. https://doi.org/10.21632/saki.3.2.213-232
Payong, M. R. (2011). Sertifikasi Profesi Guru (Konsep Dasar, Problematika,
dan Implementasinya). Jakarta Barat: PT Indeks.
Ramadani, F., & Syuraini, S. (2018). Gambaran Kompetensi Profesional Tutor Menurut Warga Belajar pada Program Kesetaraan Paket B di PKBM Legusa Kabupaten Lima Puluh Kota. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS) 1 (4), 423. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i4.101721
Ramadani, P., & Setiawati, S. (2023). The Relationship Between Learning Needs and Interest of Computer Training Participants in (LKP) Kurnia Pancung Soal, Pesir Selatan. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 11(4), 535–542.
Rahmadani, S. L., & Natsir, M. (2023). The Relations Between The Implementation of The Aid Funds on Program Keluarga Harapan (PKH) With The Level of Education in Nagari Dilam, Solok Regency. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 11(3), 413–424. https://doi.org/10.24036/kolokium.v11i3.669
Suarni. 2017. “Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Organisasi Pelajaran PKN Melalui Pendekatan Pembelajaran Pakem Untuk Kelas IV SD Negeri Medan Johor”. Journal of Physics and Sciene Learning. Vol. 01, No. 2, Desember 2017
Shariff, A. H., Jessica George, and A. A. Ramlan. "Musculoskeletal injuries among Malaysian badminton players." Singapore medical journal 50.11 (2009):1095.
Shinta, R. E., & Lestari, W. (2019). The Impact of Financial Knowledge, Lifestyle Pattern on Career Woman Financial Management Behaviour with Locus of Control as. Journal of Business & Banking, 8 (2), 271. https://doi.org/10.14414/jbb.v8i2.1524
Smith, J., & Johnson, L. (2021). The impact of participant engagement on training outcomes: A comprehensive study. Journal of Educational Training, 45(3), 234, 250.
Sudjana, S. (2007). Sistem dan Manajemen Pelatihan. Falah Production.
Sudrajat. (2017). Pengertian Kemampuan, Strategi, Metode, Teknik dan Model Pembelajaran. Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sunarti, V. (2014). Peranan Pendidikan Luar Sekolah Dalam Rangka Mitigasi Bencana. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 2(2).
Trinanda, Rani, and Fitri Dwi Arini. 2024. “The Impact Of Learning Habits And Social Support on The LearningClimate Of Package C at PKBM Delima Bandara Padang Pariaman Regency.” doi:10.24036/spektrumpls.v12i1.127688.
Utami, L. P., & Marpaung, N. N. (2022). Pengaruh literasi keuangan dan gaya
hidup terhadap pengelolaan keuangan karyawan (Studi di PT. Mulia Boga Raya Tbk). Parameter, 7(1), 98– 108. https://doi.org/10.37751/parameter.v7i1.191
Wahyuni, Z., & Wisroni, W. (2021). Relationship Between Climate Class and
The Learning Outcomes of Light Vehicle Engineering Training Participants in The Padang Jobs Training House. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 9(2), 178. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v9i2.112266
Yuse, A. P., Jamaris, J., & Ismaniar, I. (2018). Penerapan Pembelajaran Orang Dewasa oleh Instruktur Pelatihan Keterampilan Menjahit di SPNF SKB Lima Puluh Kota. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1 (1), 16–21. https://doi.org/10.5281/ZENODO.1186395
Yusuf, Nilawaty, and Victorson Taruh. "Pengaruh Literasi Keuangan, Sikap Keuangan Dan Kemampuan Akademik Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo." Jurnal Mahasiswa Akuntansi 1.1 (2022): 82-96.
Zaini, Hisyam, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Karina Anggreni Purba, Ismaniar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.