Hubungan Pola Asuh Demokratis Dengan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Di Jorong Guguk Naneh
DOI:
https://doi.org/10.24036/jfe.v5i3.379Keywords:
pola asuh demokratis, keterampilan sosialAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keterampilan sosial anak usia 3-6 tahun di Jorong Guguk Naneh Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung, hal inididuga berhubungan dengan pola asuh demokratis yang diterapkan orang tua. Tujuan penelitian ini yakni guna mengetahui gambaran pola asuh orang tua, gambaran keterampilan sosial anak, serta hubungan pola asuh demokratis dengan keterampilan sosial anak usia dini di Jorong Guguk Naneh Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung. Jenis penelitian ini yaitu korelasional. Adapun populasinya sebanyak 50 orang dan sampel 70% dari populasi yakni 35 orang dengan cluster random sampling. Pengumpulan data penelitian ini yakni kuesioner dengan teknik analisis data yakni korelasional (product moment) serta menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) pola asuh demokratis di Jorong Guguk Naneh dikategorikan rendah, (2) keterampilan sosial anak anak usia 3-6 tahun di Jorong Guguk Naneh dikategorikan rendah, (3) terdapatnya hubungan yang signifikan antara pola asuh demokratis dengan keterampilan sosial anak usia dini di Jorong Guguk Naneh Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung.
References
Melati, P., Setiawati, S., & Solfema, S. (2018). Hubungan antara perhatian yang diberikan orang tua dengan tingkat perkembangan moral anak usia dini. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 79–92.
Perdani, P. A. (2014). Peningkatan keterampilan sosial anak melalui permainan tradisional. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(1), 129–136.
Solfema. (2021). Statistik Pendidikan: Teori dan Praktik dalam Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta: Kencana.
Sugiyono, & Lestari, P. (2021). Metode Penelitian Komunikasi(Kuantitatif, Kualitatif, dan Cara Mudah Menulis Artikel pada Jurnal Internasional). Bandung: Alfabeta.
Susanti, S., Sumardi, S., & Nugraha, A. (2020). Keterampilan sosial anak usia 5-6 tahun di Kelompok B Tk Aisyiyah 2. Jurnal Paud Agapedia, 3(1), 89–100.
Tridhonanto, A. (2014). Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Cambridge: Harvard University Press.
Wagiran, W. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan (Teori dan Implementasi) (1st ed.). Yogyakarta: CV Budi Utama
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Alfiona Febrianti, Solfema

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.