Studi Literatur Tentang Peningkatan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bercocok Tanam Bunga di KB
DOI:
https://doi.org/10.24036/jfe.v5i2.374Keywords:
Kecerdasan Naturalis, Anak Usia Dini, Becocok TanamAbstract
Penelitian dilatarbekangi oleh Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan tahap penting dalam pengembangan karakter dan kecerdasan anak. Salah satu aspek yang perlu dikembangkan adalah kecerdasan naturalis, yang berkaitan dengan kemampuan anak untuk mengenali dan menghargai lingkungan alam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh aktivitas bercocok tanam bunga terhadap peningkatan kecerdasan naturalis anak usia dini di kelompok bermain. Melalui studi literatur, ditemukan bahwa kegiatan bercocok tanam tidak hanya memberikan pengalaman langsung dalam menanam dan merawat tanaman, tetapi juga meningkatkan kesadaran anak terhadap lingkungan, keterampilan motorik halus, dan kemampuan sosial. Aktivitas ini mendorong anak untuk memahami siklus hidup tanaman, serta pentingnya menjaga kelestarian alam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi anak dalam kegiatan bercocok tanam dapat secara signifikan meningkatkan kecerdasan naturalis mereka, serta membentuk sikap peduli terhadap lingkungan. Dengan demikian, bercocok tanam bunga di kelompok bermain dapat menjadi metode efektif dalam mendukung perkembangan kecerdasan naturalis anak usia dini, sekaligus mempersiapkan generasi yang lebih peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan.
.
References
Juniarti, Y. (2017). Peningkatan Kecerdasan Naturalis Melalui Metode Kunjungan Lapangan (FIELD TRIP): (Penelitian Tindakan di Kelompok BPAUD Terpadu Bintuhan Bengkulu, Tahun 2015). JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), 267–284. https://doi.org/10.21009/JPUD.092.05
Maryanti, S., Kurniah, N., & Yulidesni, Y. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Melalui Metode Pembelajaran Outing Class Pada Kelompok B Tk Asyiyah X Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(1), 22–31. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.22-31
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Debi Yandra, Ismaniar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.