Hubungan Antara Stimulasi Bahasa Oleh Orang Tua Dengan Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Di RW 04 Kelurahan Alang Laweh Kota Padang

Authors

  • Siti Winda Adriani Universitas Negeri Padang
  • Vevi Sunarti Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v5i2.372

Keywords:

Kata Kunci : Perkembangan bahasa, Orang Tua, Stimulasi Bahasa, Anak usia 4-5 Tahun

Abstract

Siti Winda Adriani. 2025. Hubungan antara Stimulasi Bahasa oleh Orang Tua dengan Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun di RW 04 Kelurahan Alang Laweh. Skripsi. Fakultas Ilmu. Pendidikan. Universitas Negeri Padang.
Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan berbahasa anak usia 4–5 tahun yang ditemukan di RW 04 Kelurahan Alang Laweh, rendahnya perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun mempengaruhi perkembangan bahasa dan komunikasi anak dengan orang lain. yang diduga berkaitan dengan rendahnya stimulasi bahasa yang diberikan oleh orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejauh mana orang tua memberikan stimulasi bahasa kepada anak usia 4–5 tahun serta menganalisis hubungan antara stimulasi tersebut dengan perkembangan bahasa anak di wilayah RW 04 Kelurahan Alang Laweh.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi dalam penelitian terdiri dari 39 Ibu yang memiliki anak berusia 4–5 tahun, dengan jumlah sampel sebanyak 24 ibu yang berdomisili di RW 04 Kelurahan Alang Laweh. Pemilihan sampel dilakukan menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa angket, sedangkan teknik analisis data menggunakan perhitungan persentase dan metode rank order untuk mengukur hubungan antar variabel.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa : (1) Stimulasi bahasa oleh orang tua pada anak dikategorikan rendah; (2) Perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun dikategorikan kurang berkembang, dan; (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara stimulasi bahasa oleh orang tua dengan perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun di RW 04 Kelurahan Alang Laweh.

References

Abeng, A. T., Siska, S., Haryani, D., & Hasan, Q. A. (2021). Stimulasi Tumbuh Kembang Anak di Desa Dirung Koram Kecamatan Kapuas Hulu Kabupaten Kapuas. Jurnal Pengabdian Tri Bhakti, 3(1), 89-92

Abidin, R. (2020). Buku Ajar Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Surabaya: UM Surabaya Publishing. Diambil dari : https://books.google.co.id/

Alfira, D., & Siregar, M. F. Z. (2024). Pentingnya peran orang tua dalam memajukan keterampilan berbahasa anak usia dini melalui komunikasi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 15-15.

Anggraini, Nofita. 2021. “Peranan Orang Tua Dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini.” Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra 7(1):43. doi: 10.30595/mtf.v7i1.9741.

Astuti, E. (2022). Dampak Pemerolehan Bahasa Anak Dalam Berbicara Terhadap Peran Lingkungan. Educatif Journal of Education Research, 4(1), 87-96.

Baiti, N. (2021). Perkembangan anak melejitkan potensi anak sejak dini. guepedia.

Bella, F. D. (2020). Pola Asuh Positive Deviance dan Kejadian Stunting Balita di Kota Palembang. Jurnal Kesehatan Vokasional, 4(4), 209–210.

Eka Putri, Ade Bastia, dan Nur Arifi Kamali. 2023. “PERKEMBANGAN BERBICARA ANAK USIA DINI.” Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 5(1):35–45. doi: 10.30631/smartkids.v5i1.131.

Fathonah, I. N., Kartono, K., & Purwanti, E. (2022). Pola asuh dan kedekatan orang tua (ibu) yang bekerja pada pencapaian hasil belajar siswa mata pelajaran IPS di kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 6(5), 8836-8850.

Gumilang, M. S., & Aryanti, N. (2024). Gangguan Perkembangan Bahasa pada Anak Usia 4 Tahun. Edu Happiness: Jurnal Ilmiah Perkembangan Anak Usia Dini, 3(2), 212-224.

Haryati, Haryati. 2024. “Peran Lingkungan Dalam Pengembangan Bahasa AUD.” Jurnal Ilmiah Cahaya Paud 6(1):184–92. doi: 10.33387/cahayapd.v6i1.7605.

Ilhami, B. S., Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2022). Psikologi Perkembangan: Teori dan Stimulasi. CV Jejak (Jejak Publisher). Diambil dari : https://ipusnas2.perpusnas.go.id

Ismaniar, I. (2020). Model Pengembangan Membaca Awal Anak: Berbasis Optimalisasi Pemanfaatan Lingkungan Keluarga. Padang: Jurusan Pendidikan Luar Sekolah.

Khayati, F. N., Agustiningrum, R., & Mulyaningsih, D. (2023). Upaya optimalisasi pertumbuhan dan perkembangan anak usia pra sekolah melalui deteksi dini tumbuh kembang. Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 6-9.

Kurniawan, H., Nurbaiti, A., & Anisyah, A. (2023). Tindakan Orang Tua Dalam Mengatasi Persoalan Berbahasa Anak Usia Dini Di TK 132 Diponegoro Ledug. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 8(1), 1-13.

Madyawati, L. (2016). Strategi pengembangan bahasa pada anak. Kencana. Diambil dari : https://ipusnas2.perpusnas.go.id

Marlina, N. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak melalui Pendekatan Student Centered Learning. Antologi Kajian Multidisiplin Ilmu (Al-Kamil), 1(1), 92–100.

Marzuki, G. A., & Setyawan, A. (2022). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(4), 53-62.

Mufidah, Atik, Perkembangan Kemampuan, Bahasa Anak Usia, Tahun Melalui Bercerita, Sederhana Ditinjau, Dari Segi, Aspek Sintaksis, dan Dan Semantik. t.t. “Generasi Emas Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume 4 Nomor 2 Oktober 2021 Perkembangan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Bercerita Sederhana Ditinjau Dari Aspek Sintaksis Dan Semantik.”

Nadia, H., & Syur’aini, S. (2023). Description of the Knowledge of Toddler Mothers and Their Participation Following Activities Integrated Healthcare Center. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 11(2), 202. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v11i2.118880

Nur Nabila, Farah. 2021. “Peran Ibu dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Sekolah Dasar di SDN 4 Jekulo.” Jurnal Sosial Sains 1(9). doi: 10.36418/sosains.v1i9.210.

Parahita, A. D., Harras, K. A., & Nurhadi, J. (2022). Studi Kasus Bahasa Lisan Anak Terlambat Bicara: Kajian Psikolinguistik. Jurnal Pesona, 8(1), 88-97. https://doi.org/10.52657/jp.v8i1.1651

Sukrin, S. (2021). Tahapan Kemampuan Pengembangan Kognitif Berbahasa Anak Usia Dini (4-5 Tahun). eL-Muhbib jurnal pemikiran dan penelitian pendidikan dasar, 5(1), 45-53.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Peraturan.bpk.go.id. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003

Utari, Dwi Fahira, dan Vevi Sunarti. 2021. “The Relationship Between Parents’ Understanding in Fine Motor Development and Giving Stimulation Skills to

Wiratnaningsih 2021. “Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Dini 4-5 Tahun Ditinjau dari Aspek Sintaksis dan Pragmatik di TK Anggrek Kencana Batang Wiratnaningsih (*).” Jurnal Kualita Pendidikan 2(2):2774–2156.

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Adriani, S. W., & Sunarti, V. (2025). Hubungan Antara Stimulasi Bahasa Oleh Orang Tua Dengan Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Di RW 04 Kelurahan Alang Laweh Kota Padang. Jurnal Family Education, 5(2), 249-260. https://doi.org/10.24036/jfe.v5i2.372