Hubungan Komunikasi Interpersonal Pembina dengan Kedisiplinan Anggota Ekstrakurikuler Tari Tradisional di SMAS Semen Padang

Authors

  • Vela Azizah Universitas Negeri Padang
  • MHD Natsir Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v5i2.371

Keywords:

Komunikasi interpersonal, Kedisiplinan, Ekstrakurikuler

Abstract

Penelitian ini didasari oleh rendahnya tingkat kedisiplinan anggota ekstrakurikuler tari tradisional di SMAS Semen Padang, seperti terlambat, tidak membawa perlengkapan, dan tidak hadir tanpa keterangan. Tujuan penelitian yakni mengetahui gambaran keterampilan komunikasi interpersonal pembina, gambaran kedisiplinan anggota ekstrakurikuler tari tradisional di SMAS Semen Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi penelitian ini adalah anggota ekstrakurikuler tari tradisional SMAS Semen Padang yang berjumlah 45 orang, dan teknik pengambilan sampelnya yaitu stratified random sampling yang berjumlah 27 orang. Instrumen penelitian dalam pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus persentase dan rank order. Hasil penelitian ini adalah (1) Keterampilan komunikasi interpersonal pembina ekstrakurikuler tari tradisional di SMAS Semen Padang dikategorikan rendah; (2) Kedisiplinan anggota ekstrakurikuler tari tradisional di SMAS Semen Padang dikategorikan rendah, serta; (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan komunikasi interpersonal pembina dengan kedisiplinan anggota ekstrakurikuler tari tradisional di SMAS Semen Padang. 

References

Dinata, E. S., & Tusyanah, T. (2023). Pengaruh Konsep Diri, Kepercayaan Diri, dan Atraksi Interpersonal dengan Penggunaan Media Sosial sebagai Variabel Moderasi terhadap Komunikasi Interpersonal. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(1), 16. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i1.7.

Evayanti, D. (2018). Character Education Of Discipline Through Scouting Activities At SDN Gedongkuning. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(33), 3302–3311.

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Azizah, V. ., & Natsir, M. (2025). Hubungan Komunikasi Interpersonal Pembina dengan Kedisiplinan Anggota Ekstrakurikuler Tari Tradisional di SMAS Semen Padang. Jurnal Family Education, 5(2), 204-211. https://doi.org/10.24036/jfe.v5i2.371