Hubungan Antara Intensitas Komunikasi Pendidikan Dalam Keluarga Dengan Perkembangan Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun Di Desa Semerap Kabupaten Kerinci
DOI:
https://doi.org/10.24036/jfe.v5i2.369Keywords:
Komunikasi dalam keluarga, Perkembangan Bahasa Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berbahasa anak yang diduga disebabkan oleh komunikasi dalam keluarga yang kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan bagaimana komunikasi berlangsung dalam keluarga, (2) Mendeskripsikan perkembangan bahasa anak usia 3- 4 tahun di Desa semerap (3) Mendeskripsikan hubungan cara berkomunikasi dalam keluarga dan kemampuan berbahasa anak 3 hingga 4 tahun di Desa Semerap Kabupaten Kerinci. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, melibatkan 50 orang tua dengan anak usia 3-4 tahun, dengan pengambilan sampel secara acak (area random sampling) sebanyak 25 orang. Data dikumpulkan melalui kuesioner, dan kemudian dianalisis dengan menggunakan persentase dan rank order. Hasil penelitian menunjukkan (1) komunikasi dalam keluarga di Desa Semerap, Kabupaten Kerinci, tergolong kurang baik, (2) kemampuan berbahasa anak usia 3-4 tahun di Desa Semerap, Kabupaten Kerinci, masih tergolong belum berkembang, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi dalam keluarga dan kemampuan berbahasa anak, yang dibuktikan dengan nilai hitung yang lebih besar daripada nilai tabel. Berdasarkan hasil penelitian, orang tua disarankan untuk menerapkan pola komunikasi yang lebih baik dalam keluarga, dan peneliti selanjutnya disarankan untuk memperdalam pemahaman teori dan melakukan penelitian lebih lanjut terkait topik ini.
References
Wahyuni, S., & Hasibuan, F. H. (2024). Studi Kasus Keterlambatan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di TK IT Abizar Al Hafiz. 4.
Watuliu, J. (2019). Macam- Macam Komunikasi Orang Tua.
Wibowo, A., Utami, B. S. U. S., & Pratiwi, P. (2020). Perancangan Visual Brand Identity Tukang Sayoer Online Sebagai Upaya Menaikkan Brand Awareness. Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa Dan Desain, 5(2), 125–142. https://doi.org/10.25105/jdd.v5i2.7951
Yanizon, A. (2016). Peran Orang Tua dalam Pembentukkan Moral Anak. Jurnal Pendidikan, 3, 1–11.
Yulianti, Y., Fitriani, R., & Khairunisa, H. (2023). Komunikasi Dalam Keluarga Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Anak. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 7406–7413.
Zubaidah, & Enny. (2004). Perkembangan Bahasa Anak Usia•Dini Dan Teknik Pengembangannyadisekolah. Cakrawala Pendidikan, XXII(3), 459–479.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Suzila Ayuni, Vevi Sunarti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.