Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Dalam Keluarga Dengan Perilaku Sosial Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di RW 04 Kelurahan Kampung Olo Kota Padang

Authors

  • Mentari Yuni Salsabilla Universitas Negeri Padang
  • Setiawati Setiawati Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v5i2.367

Keywords:

Komunikasi Interpersonal. Perilaku Sosial, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku sosial anak usia dini 5-6 tahun di RW 04 Kelurahan Kampung Olo Kota Padang yang tergolong rendah hal ini diduga karena komunikasi interpersonal dalam keluarga yang kurang baik. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui gambaran komunikassi dalam keluarga, gambaran perilaku sosial anak usia dini 5-6 tahun, dan hubungan antara komunikasi orangtua dan perilaku sosial anak dini 5-6 tahun di RW 04 Kelurahan Kampung Olo Kota Padang. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian terdiri dari 40 ibu yang memiliki anak berusia 5–6 tahun. Jumlah sampel 30 ibu berdomisili di RW 04 Kelurahan Kampung Olo. Pemilihan sampel menggunakan teknik area random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket data kuesioner, sedangkan teknik analissi data menggunakan perhitungan persentase dan metode product moment untuk mengukur hubungan antaravariabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Komunikasi interpersonal dalam keluarga tegolong rendah. (2) Perilaku sosial anak usia dini 5-6 tahun tergolong rendah, (3) terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi interpersonal orangtua dan perilaku sosial anak di RW 04 Kelurahan Kampung Olo Kota Padang.

References

Afrizal, A., & Syuraini, S. (2021). The Relationship Between Communication in the Family and Early Childhood Language Development. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 9(4), 568. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v9i4.114404

Anggraini, C., Ritonga, D. H., Kristina, L., Syam, M., & Kustiawan, W. (2022). Komunikasi Interpersonal. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 337–342. https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2611

Apriliyanti. (2025). Pola Komunikasi Orang Tua Dengan Anak Dalam Keluarga ( Studi Kasus Pola Komunikasi Orang Tua Dengan Anak Korban Bullying. JURNAL LOCUS: Penelitian & Pengabdian, 4(2), 1238–1247. https://doi.org/10.58344/locus.v4i2.3854

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Baharuddin. (2019). Pengaruh Komunikasi Orang Tua Terhadap Perilaku Anak Pada Min 1 Lamno Desa Pante Keutapang Aceh Jaya. Jurnal Al-Ijtimaiyyah, 5(1).

DeVito, J. A. (2017). The Interpersonal Communication Book. Person Education.

Dewirahmadanirwati. (2019). Peranan Komunikasi Interpersonal Dilingkungan Keluarga Dalam Membentuk Pola Komunikasi Anak Dengan Lingkungan Sosialnya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic, 3(3), 31–37. https://doi.org/10.36057/jips.v3i3.381

Hasanah, U., & Fajri, N. (2022). KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI. Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2). https://doi.org/10.51878/edukids.v2i2.1775

Junaidin, & Hartono, R. (2020). Pola Komunikasi Interpersonal Orang Tua terhadap Perkembangan Kognitif Anak. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 11(1), 46. https://doi.org/10.24036/rapun.v11i1.108494

Linda, D. F., & Natsir, M. (2020). Parent Guidance Pattern in Growing. SPEKTRUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 8(1), 1–5. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v8i1.107762

Makagingge, M., Karmila, M., & Chandra, A. (2019). PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK (Studi Kasus Pada Anak Usia 3-4 Tahun di KBI Al Madina Sampangan Tahun Ajaran 2017-2018). https://doi.org/10.24853/YBY.3.2.115-122

Nadia, R., & Setiawati, S. (2022). The Relationship Between Interpersonal Communication In The Family And The Moral Behavior Of Adolescents At MTS Darun Na’Im Simpangkubu. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar …. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/pnfi/article/view/114906

Prayitno, A. F. (2022). Pola Komunikasi Anak Dengan Orang Tua Pada Keluarga. 1–86.

Qomariah, N. (2013). Pola Komunikasi Keluarga dalam Mencegah Kenakalan Remaja. EJournal Ilmu Komunikasi, 1(4)(4), 200–209.

Ramadani, S., Ismaniar, I., & Sunarti, V. (2018). Hubungan antara Pengelolaan Lingkungan Belajar dengan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Menurut Wali Murid di PAUD Falamboyan Parit Malintang Kabupaten Padang Pariaman. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 6(2), 232. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i2.10284

Silpasari, & Ismaniar. (2020). Hubungan pola asuh otoriter dengan kemandirian anak usia dini di jorong atas mesjid bukit sileh kabupaten solok. Jurnal Program Studi PGRA, 6(1), 41–51.

Zulmi, H., & Setiawati. (2022). THE RELATIONSHIP BETWEEN INTERPERSONAL COMMUNICATION INSTRUCTORS WITH LEARNERS ’ PARTICIPATION IN THE DANCE TRAINING PROGRAM. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v10i2.114946

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Salsabilla, M. Y. ., & Setiawati, S. (2025). Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Dalam Keluarga Dengan Perilaku Sosial Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di RW 04 Kelurahan Kampung Olo Kota Padang. Jurnal Family Education, 5(2), 187-193. https://doi.org/10.24036/jfe.v5i2.367