Hubungan Minat Menghafal Al-Qur’an Dengan Disiplin Menghafal Al-Qur’an Pada Peserta Didik RTQ Tuo Surau Tilatang Kamang Agam

Authors

  • Hana Pratiwi Universitas Negeri Padang
  • Vevi Sunarti Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v5i2.365

Keywords:

Minat, Disiplin, Menghafal Al-Qur’an

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya disiplin peserta didik dalam menghafal Al-Qur’an, hal ini diduga disebabkan oleh kurangnya minat peserta didik dalam menghafal Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini yaitu untuk: 1) bagaimana minat peserta didik dalam menghafal Al-Qur’an, 2) bagaimana disiplin peserta didik dalam menghafal Al-Qur’an, dan apakah terdapat hubungan antara minat menghafal Al-Qur’an dengan disiplin menghafal Al-Qur’an pada peserta didik Rumah Tahfidz Qur’an Tuo Surau (RTQTS) Tilatang Kamang Agam. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik di Rumah Tahfidz Qur’an Tuo Surau (RTQTS) Tilatang Kamang Agam pada periode semester Juli s.d Desember 2024 sebanyak 35 orang. Sementara sampel penelitian diambil dengan teknik Cluster Random Sampling sebanyak 80%. Jadi, jumlah sampel seluruhnya 28 orang. Instrumen penelitian dalam pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data memakai rumus persentase dan rank order. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) minat peserta didik dalam menghafal Al-Qur’an dikategorikan rendah, 2) disiplin peserta didik dalam menghafal Al-Qur’an dikategorikan rendah, 3) terdapat hubungan yang signifikan antara minat menghafal Al-Qur’an dengan disiplin menghafal Al-Qur’an pada peserta didik Rumah Tahfidz Qur’an Tuo Surau (RTQTS) Tilatang Kamang Agam.

References

Sunarti, V. (2014). Peranan Pendidikan Luar Sekolah Dalam Rangka Mitigasi Bencana. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 2(2). https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v2i2.5044

Unaradjan Dolet. (2013). Manajemen Disiplin. Jakarta: PT Grasindo

Usman, M.U. (2004). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Vahlepi, S., Jamil, H., Soleh, W., Studi, P., Bahasa, P., Keguruan, F., & Jambi, U. (2023). Pelatihan Tahsin Tartil Al- Qur’ an Metode Maisura Bagi Santri Rumah Tahfizh Ibadurrahaman Kota Jambi. JournalofHumanAndEducation, 3(3), 38–42. https://jahe.or.id/index.php/jahe/index

Wulandari, F., & Syuraini, S. (2019). Description of Discipline of Learning Citizens in the Skills of Hand Crafts Skills in PKBM Diknaker Pesisir Selatan. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar …. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v2i3.106171

Yolanda, N., & Ismaniar, I. (2023). The Relationship Between Professional Competencies Instructor With Learning Outcomes For Sewing Training Participants in Rumah Pintar, Sarolangun District. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 11(3), 450–458. https://doi.org/10.24036/kolokium.v11i3.677

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Pratiwi, H., & Sunarti, V. (2025). Hubungan Minat Menghafal Al-Qur’an Dengan Disiplin Menghafal Al-Qur’an Pada Peserta Didik RTQ Tuo Surau Tilatang Kamang Agam. Jurnal Family Education, 5(2), 212-219. https://doi.org/10.24036/jfe.v5i2.365