Strategi Pemberdayaan Desa Wisata Talaok Baruak Melalui Kelompok Sadar Wisata (Studi Kasus di Nagari Sintuak Kec. Sintuak Toboh Gadang Kab. Padang Pariaman)
DOI:
https://doi.org/10.24036/jfe.v5i2.353Keywords:
Strategi Pemberdayaan, Talaok Baruak, PokdarwisAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari Desa Wisata Sintuak di Kabupaten Padang Pariaman berhasil masuk dalam 100 besar dari 6.010 desa wisata yang ada di Indonesia pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) pada tahun 2024. Keberhasilan ini tidak terlepas dari peran Pokdarwis Nagari Sintuak yang mengelola dan mempromosikan berbagai keunikan desa tersebut. Beberapa keunikan yang dikelola oleh Pokdarwis Nagari Sintuak meliputi Wisata Pasar Talaok Baruak yang merupakan pusat pelatihan dan jual beli beruk (monyet) terlatih untuk memetik kelapa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemberdayaan Wisata Talaok Baruak melalui Kelompok Sadar Wisata di Nagari Sintuak, Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Selain itu, pemilihan sumber data dilakukan menggunakan teknik purposive sampling, sedangkan analisis data meliputi tahap reduksi, penyajian, serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Peran Pokdarwis Nagari Sintuak sangat penting dalam pengembangan Wisata Talaok Baruak, peran Pokdarwis terdiri dari 3 aspek, pertama peran memfasilitasi, peran mengedukasi dan peran representasi. (2) Strategi Pokdarwis dalam pengembangan Wisata Talaok Baruak terdiri dari 5 aspek, pertama strategi pengelolaan dan pengembangan, strategi pemberdayaan wisata, strategi promosi dan pemasaran, strategi kemitraan dan kolaborasi dan keberlanjutan wisata.
References
Fitra Ayuningtyas Hidayatullah, T. S. (2021). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Potensi Lokal Candi Plaosan melalui Program Desa Wisata untuk Kemandirian Ekonomi di Desa Bugisan Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten. Lifelong Education Jurnal.
Hadiwijoyo, S. S. (2012). Perencanaan Pariwisata Pedesaan Berbasis Masyarakat. grahailmu.
Hariansyah Riski Putra, I. (2024). Pengembangan Strategi Promosi Destinasi Wisata Taman Asmara melalui Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial. Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 3 No.
Ife Jim & Tesoriero Frank. (2014). Community Development: Alternative Pengembangan Masyarakat di Era Globalisasi. Pustaka Belajar.
Indah Fatmawati, A. S. (2022). Peningkatan Daya Saing Objek Wisata Berbasis Masyarakat melalui Strategi Digital Marketing. Jurnal Pengambdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, Vol. 6.
Junaid, I. (2023). Tantangan dan Strategi Pengelolaan Desa Wisata: Perspektif Peserta Pelatihan Pariwisata. Jurnal of Mandalika Review, VOL. 2 No.
Mirna Damayanti, W. O. S. J. A. (2020). Multi-Stakeholder Collaboration for the Provision of Public Open Space (Case of Taman Indonesia Kaya).
Putri, L. D. (2020). Kampung Jamur Sebagai Bentuk Pemberdayaan Masyarakat Di Cikarau Kelurahan Dadok Tunggul Hitam Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(2), 138. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i2.4141
Putri, L. R. (2020). Pengaruh Pariwisata Terhadap Peningkatan Pdrb Kota Surakarta. Pengaruh Pariwisata Terhadap Peningkatan Pdrb Kota Surakarta, 21(1), 1–7.
Rahayu, F. S. (2023). Konsep Pemberdayaan Masyarakat dalam Tafsir Surat Ar Rad: Aplikasinya dalam Pendidikan Non Formal. Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran.
Sabalius Uhai, Tono Mahmudin, I. C. D. (2024). Pariwisata Berkelanjutan: Strategi Pengelolaan Destinasi Wisata Ramah Lingkungan dan Menguntungkan. Penerbit KBM Indonesia.
Sulistiyani, A. T. (2004). Kemitraan dan Model-Model Pemberdayaan. Gava Media.
Sulistyadi, Y. (2021). Indikator Perencanaan Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan. VC Anugerah Utama Raharja.
Suparman, U. (2020). Bagaimana Menganalisis Data Kualitatif. Pusaka Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Zil Qairani, Lili Dasa Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.