Hubungan Pendekatan Andragogi Tutor Dengan Keaktifan Belajar Warga Belajar Paket C Di PKBM Genemail Sarilamak Kabupaten Lima Puluh Kota

Authors

  • Melisa Apriany Universitas Negeri Padang
  • Solfema Solfema Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v5i2.341

Keywords:

Pendekatan Andragogi, Keaktifan Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keaktifan belajar warga belajar paket C mata pelajaran sosiologi di PKBM Genemail Sarilamak Kabupaten Lima Puluh Kota, hal ini diduga berhubungan dengan pendekatan andragogi tutor dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah guna mengetahui gambaran pendekatan andragogi tutor, keaktifan belajar warga belajar paket C serta mengetahui hubungan antara pendekatan andragogi tutor dengan keaktifan belajar warga belajar paket C di PKBM Genemail Sarilamak Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian ini yakni korelasional. Adapun populasinya yakni warga belajar paket C kelas XII berjumlah 62 orang dan sampel 70% dari populasi yakni 42 orang warga belajar dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini yakni kuesioner dengan teknik analisis data yakni korelasional (product moment) serta menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pendekatan andragogi tutor paket C di PKBM Genemail Sarilamak dikategorikan rendah, (2) keaktifan belajar warga belajar paket C PKBM Genemail Sarilamak dikaterogikan rendah, (3) terdapatnya hubungan yang signifikan antara pendekatan andragogi tutor dengan keaktifan belajar warga belajar paket C di PKBM Genemail Sarilamak Kabupaten Lima Puluh Kota.

References

Aini, W. (2019). Pendidikan Nonformal Landasan dan Implikasinya. Malang: CV. IRDH.

Depdiknas. (2003). Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.Jakarta: Dekdiknas

Evitasari, A. D., & Aulia, M. S. (2022). Media Diorama Dan keaktifan belajar Peserta Didik Dalam pembelajaran IPA. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 3(1), 1

Febriani, W., & Jamaris, J. (2022). The Relationship Between The Tutor’S Learning Method With The Activity Of The Learners Package C In Pkbm Pratama, Pancung Soal District, Pesisir Selatan. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 10(2), 197. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v10i2.115025

Hermanda, S., & Irmawita, I. (2022). Hubungan Antara Pengalaman Belajar Dengan Partisipasi Belajar Di Lembaga Kursus Bahasa Jepang Natsuka Gakkou Kota Padang. Jurnal Family Education, 2(2), 151-166.

Hidayah, Nor, and Universitas Negeri Yogyakarta. 2023. “PENERAPAN PRINSIP ANDRAGOGI DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING BELAJAR.” 9: 71–81.

Putri, D. E., & Aini, W. (2020). Community Empowerment Through PKW Handicraft Recycling of Waste Becomes A Souvenir in Kampung KB Bangau Putih. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 8(4), 468. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v8i4.110085

Safitri, Ayu. 2020. “Peranan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Dalam Masyarakat Di Desa Bonde Kec. Campalagian Kab. Polewali Mandar.” Eprints Repository Software 1(69): 5–24.

Safitri, W. M., & Setiawati, S. (2023). The Relationship Between The Effectiveness of Tutor Communication and The Learning Activity of Package C Students at The PKBM Literacy Foundation. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 11(3), 473–482. https://doi.org/10.24036/kolokium.v11i3.707

Solfema, S. "Andragogi Konsep dan Penerapannya." Malang: Wineka Cipta (2013).

Solfema, Solfema and Sunarti, Vevi and Handrianto, Ciptro and Rahman, M. Arinal (2024) Prinsip-prinsip Andragogi dalam Pelatihan Orang Dewasa. In: Prinsip-prinsip Andragogi dalam Pelatihan Orang Dewasa. Rajawali Press, Depok, pp. 1-147. ISBN 978-623-08-0999-6

Sukardi, M. 2021. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Syah, M. (2012). Psikologi belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ula, N. S. S., & Jamilah, M. (2023). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V Dengan Menggunakan Model TGT. Jurnal Pendidikan Guru, 4(3), 194–204.

Ulthari, I., & Sunarti, V. (2022). Hubungan antara Penggunaan Pendekatan Andragogi Trainer dengan Motivasi Belajar Peserta Pelatihan Public Speaking di UKKPK UNP. Journal of Multidicsipinary Research and Development, 2(3), 1–8.

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Apriany, M., & Solfema, S. (2025). Hubungan Pendekatan Andragogi Tutor Dengan Keaktifan Belajar Warga Belajar Paket C Di PKBM Genemail Sarilamak Kabupaten Lima Puluh Kota. Jurnal Family Education, 5(2), 228-233. https://doi.org/10.24036/jfe.v5i2.341