Hubungan Antara Kedisiplinan Dengan Hasil Belajar Warga Binaan Pada Pendidikan Kesetaraan di Lapas Kelas IIB Pariaman
DOI:
https://doi.org/10.24036/jfe.v5i1.329Keywords:
Kedisiplinan, hasil belajar, pendidikan kesetaraanAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar warga binaan pada Pendidikan kesetaraan di Lapas Kelas IIB Pariaman. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui gambaran: kedisiplinan warga binaan, hasil belajar warga binaan pada Pendidikan kesetaraan, dan hubungan kedisiplinan dengan hasil belajar warga binaan pada Pendidikan kesetaraan di Lapas Kelas IIB Pariaman. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Populasi pada penelitian ini yaitu warga binaan yang mengikuti Pendidikan kesetaraan di Lapas Kelas IIB Pariaman yang berjumlah 40 orang. Sementara sampel penelitian diambil dengan simple random sampling sehingga didapatkan jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 75% dari jumlah populasi atau sebanyak 30 orang. Instrumen penelitian yakni berupa angket. Teknik analisis data yang dilakukan yakni teknik analisa rank order. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: (1) Kedisiplinan warga binaan yang mengikuti Pendidikan kesetaraan dikategorikan kurang; (2) Hasil belajar warga binaan pada pendidikan kesetaraan masih dalam kategori kurang, dan; (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara kedisiplinan warga binaan dengan hasil belajar warga binaan pada Pendidikan kesetaraan di Lapas Kelas IIB Pariaman.
References
https://lapaspariaman.kemenkumham.go.id
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010. https://cir.nii.ac.jp/crid/1130000795354347648
Aslianda, Zainidar, dkk. (2017). Hubungan Disiplin Bealajar Terhadap Hasil belajar Warga binaan Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 18 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2(1). 236 – 243. https://jim.usk.ac.id/pgsd/article/view/2552/2046
Baidarus, Baidarus, Tasman Hamami, Fitriah M. Suud, and Azam Syukur Rahmatullah. “Al-Islam dan kemuhammadiyahan sebagai basis pendidikan karakter.” A-Asayiyya: Journal Of Basic Education 4, no. 1 (January 9,2020): 71–91. https://journal.umpo.ac.id/index.php/al-asasiyya/article/view/2101
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.
Wirantasa, Umar. “Pengaruh Kedisiplinan Warga binaan Terhadap Prestasi Belajar Matematika.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 7, no. 1 (September 25, 2017).
Yuwanita, Ika, Happy Indira Dewi, and Dirgantara Wicaksono. 2020. “Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa.” Instruksional 1(2): 152.
Trigunawan, I., & Solfema, S. (2021). Hubungan Antara Kesiapan Belajar
Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM Primadona Desa Cimparuh Kota Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 343–346. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/954
Santri, K., Kasus, S., Pesantren, P., Huda, N., & Kulon, S. (2025). TRADISI TA ’
ZIR DI PESANTREN SEBAGAI PENDUKUNG ATAS TUNTUTAN Pendahuluan. 2, 1–11.
Mona, E. (2016). PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL
BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KUOK KABUPATEN KAMPAR OLEH. 1–23.
Tulus Tu’u. 2004. “Peran Disiplin Atas Perilaku Dan Prestasi Siswa.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 1(0): 1–23
Siska, M., Solfema, S., & Aini, W. (2018). Hubungan Dukungan Sosial Orang
Tua dengan Hasil Belajar Santri di MDA Nurul Haq Nagari Cubadak Kecamatan Dua Koto Kabupaten Pasaman. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 6(2), 238. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i2.9053
Nilam, R., & Setiawati, S. (2021). The Relationship Between Learning Motivation
and Learning Outcomes of 3 IN 1 Training Participants of Manual Embroidery Clothing. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 9(4), 523. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v9i4.113875
Febrianti, W., & Solfema, S. (2021). The Relationship Between Parents Attention
and Early Childhood Discipline at Kampuang Jambak Kelurahan Batipuh Panjang Kota Padang. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 9(2), 226. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v9i2.112597
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Esti Dwi Sasmita, Setiawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.