Hubungan Antara Perilaku Belajar Peserta Didik Dengan Kemampuan Menghafal Al-Quran Paket B Di PKBM Yayasan Anak Sholeh 85 Kota Padang

Authors

  • Augus Mahertah Panggabean Universitas Negeri Padang
  • Ismaniar Ismaniar Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v5i1.326

Keywords:

Perilaku Belajar, Menghafal Al-Quran, PKBM

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya perilaku belajar peserta didik di PKBM Anak Sholeh 85. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan perilaku belajar dan kemampuan menghafal peserta didik paket B serta membuktikan apakah ada hubungan antara perilaku belajar dengan kemampuan menghafal peserta didik di PKBM paket B di PKBM Yayasan Anak Sholeh 85 Kota Padang. Jenis penelitian ini yakni kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini yakni peserta didik yang menempuh pendidikan pada jenjang paket B yaitu sebanyak 36 orang dengan mengambil sampel sebanyak 85% dari populasi yaitu sebanyak 30 peserta didik, menggunakan teknik random cluster sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan rumus presentase serta product moment. Hasil Penelitian menunjukan: (1) Perilaku belajar peserta didik Paket B di PKBM Yayasan Anak Sholeh 85 Kota Padang tergolong rendah; (2) Kemampuan menghafal Al-Quran Paket B di PKBM Yayasan Anak Sholeh 85 Kota Padang tergolong rendah, serta; (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku belajar peserta didik dengan kemampuan menghafal Al-Quran Paket B di PKBM Yayasan Anak Sholeh 85 Kota Padang.

References

Abdurrazaq Yahya. (2004), Metode Praktis Menghafal Alquran, Jakarta: Pustaka Azzam.

Ahmad Afiif & Ridwan Idris. (2016). Pengaruh Implementasi Manajemen Kelas Terhadap Perilaku Belajar Mahasiswa Pada Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Alauddin Makassar. LENTERA PENDIDIKAN, 19(2), 131-145.

Akbar-Hawadi., R. (2018). Informasi Program Percepatan Belajar dan Anak Berbakat Intelektual. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 181–198.

Andajani, K. (2022). Modul Pembelajaran Berdiferensiasi. Mata Kuliah Inti Seminar Pendidikan Profesi Guru, 2.

Bobby Herwibowo. (2014), Menghafal Al-Qur’an Semudah Tersenyum. Sukoharjo: CV. Farishma Indonesia.

Djaali, 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Duckworth, A. L., Taxer, J. L., Eskreis-winkler, L., Galla, B. M., & Gross, J. J. (2019). Self-Control and Academic Achievement. 373–399.

Downloads

Published

2025-02-18

How to Cite

Panggabean, A. M. ., & Ismaniar, I. (2025). Hubungan Antara Perilaku Belajar Peserta Didik Dengan Kemampuan Menghafal Al-Quran Paket B Di PKBM Yayasan Anak Sholeh 85 Kota Padang. Jurnal Family Education, 5(1), 50-60. https://doi.org/10.24036/jfe.v5i1.326