Hubungan Antara Kesadaran Diri Peserta Didik Dengan Disiplin Dalam Mengikuti Ekstrakurikuler Pramuka di SMP Negeri 1 Batang Anai

Authors

  • Feni Widya Wati Universitas Negeri Padang
  • Solfema Solfema Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v5i1.316

Keywords:

Kesadaran Diri, Disiplin, Pramuka

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh banyaknya ditemukan kendala terkait tingkat kedisiplinan peserta didik dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Batang Anai. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan dari kesadaran diri peserta didik terhadap disiplin dalam mengikuti ekstrakurikuler pramuka di SMPN 1 Batang Anai. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP negeri 1 batang anai yang berjumlah 267 orang siswa. Penarikan sampel dilakukan dengan sampel acak sederhana, sehingga sampel yang dipilih yaitu 40% dari populasi yakni 107 orang. Instrumen penelitian yakni berupa angket. Teknik analisis data yang dilakukan yakni teknik analisa korelasi Product moment. Hasil penelitian yang diperoleh yakni 1) gambaran kesadaran diri peserta didik rendah dalam mengikuti ekstrakurikuler pramuka di SMPN 1 Batang Anai terutama pada poin memahami proses emosi. 2) gambaran tingkat kedisiplinan peserta didik dalam mengikuti ekstrakurikuler pramuka di SMPN 1 Batang Anai berada pada kategori kurang disiplin terutama pada poin mengontrol diri focus pada tugas. 3) mengetahui hubungan positif antara kesadaran diri dengan kedisiplinan dalam mengikuti ekstrakurikuler pramuka di SMPN 1 Batang Anai secara signifikan.

References

Religiusitas Siswa SMA Negeri 1 Tangen (Perspektif Teori Sistem Sosial Talcott Parsons). Jurnal Sosiologi Agama, 12(1). https://doi.org/10.14421/

Hanum, Hanifah, Solfema Solfema, and Julius Jalius. 2018. “Gambaran Kepemimpinan Pembina Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Di SMA Adabiah Atasng.” SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS) 6(1): 42.

http://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/view/1504

Melani, R., Firdaus, K., Damrah, D., & Nirwandi, N. (2023). Motivasi Siswa Kelas VII Dalam Mengikuti Ekstrakurikuler Kepramukaan di SMP Negeri 1 Batang Anai Kabupaten Atasng Pariaman. Jurnal JPDO, 6(11), 9-16. Retrieved from

Putri, Fathiya Eka, Fitrah Amelia, and Yesi Gusmania. 2019. “Hubungan Antara Gaya Belajar Dan Keaktifan Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika 2(2): 83

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempegaruhinya (Bandung: Rineka Cipta, 2020), 180

Syuraini & Putri, A.D. (2022) Hubungan Antara Motivasi Peserta Didik atas Kedisiplinan Mengikuti Esktrakurikuler Pramuka di SMP Pembangunan Lab UNP. SPEKTRUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS) 10 (4).

Syuraini, S. (2020). Menyingkap Tabir PAIKEMM Dalam Pendidikan Nonformal. Atasng: Sprektrum Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) 10 (4).

Tulus Tu’u. 2004. “Peran Disiplin Atas Perilaku Dan Prestasi Siswa.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 1(0): 1–23.

Usiono, Tambusai Khairuddin, and widya ulfa Syarifah. 2014. Pendidikan Karakter, Peranan Guru Dalam Mengakulturasi Minat Baca Siswa. perdana publishing.

Usiono. 2012. Psychology Applied to Work: An Introduction to Industrial and Organizational Psychology, Tenth Edition Paul Inovasi Pendidikan Suatu Analisis Terhadap Kebijakan Baru Pendidikan.

Yuwanita, Ika, Happy Indira Dewi, and Dirgantara Wicaksono. 2020. “Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa.” Instruksional 1(2): 152

Downloads

Published

2025-02-18

How to Cite

Wati, F. W. ., & Solfema, S. (2025). Hubungan Antara Kesadaran Diri Peserta Didik Dengan Disiplin Dalam Mengikuti Ekstrakurikuler Pramuka di SMP Negeri 1 Batang Anai. Jurnal Family Education, 5(1), 1-8. https://doi.org/10.24036/jfe.v5i1.316