Hubungan antara Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Program Paket B di PKBM Yayasan Anak Sholeh 85 Kota Padang

Authors

  • Dewi Maharani Universitas Negeri Padang
  • Jamaris Jamaris Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v4i4.280

Keywords:

Gaya Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar warga belajar Program Paket B di PKBM Yayasan Anak Sholeh 85 Kota Padang khususnya pada mata pelajaran matematika. Hal ini dibuktikan dengan banyak warga belajar yang mendapatkan nilai akhir di bawah KKM. Rendahnya hasil belajar diduga karena gaya belajar yang beragam. Penelitian bertujuan untuk melihat hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar program paket B di PKBM Yayasan Anak Sholeh 85 Kota Padang. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi penelitian yaitu seluruh warga belajar paket B di PKBM Yayasan Anak Sholeh 85 Kota Padang. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan menggunakan stratified random sampling, jumlah sampel yang diambil ialah sebanyak 70% dari populasi yaitu 25 warga belajar. Teknik pengumpulan data melalui distribusi angket kepada responden, teknik analisis data digunakan rumus persentase, sementara korelasi dihitung menggunakan rumus rank order. Hasil penelitian ini adalah: 1) Gaya belajar warga belajar program paket B di PKBM Yayasan Anak Sholeh 85 Kota Padang dikategorikan kurang baik. 2) Hasil Belajar warga belajar program paket B di PKBM Yayasan Anak Sholeh 85 Kota Padang tergolong masih rendah. 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar program paket B di PKBM Yayasan Anak Sholeh 85 Kota Padang.

References

Elfa, E., & Irmawita, I. (2020). The Relationship Between Instructors’ Teaching Skills and The Learning Outcomes of The Learning Community at PKBM Surya Padang. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 8(4), 483. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v8i4.110102

Febriani, W., & Jamaris, J. (2022). The Relationship Between The Tutor’S Learning Method With The Activity Of The Learners Package C In Pkbm Pratama, Pancung Soal District, Pesisir Selatan. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 10(2), 197. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v10i2.115025

Hilmi, R. Z., Hurriyati, R., & Lisnawati. (2018). HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES MACCINI KECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR. 3(2), 91–102.

Isnanto, I. (2022). Hasil Belajar Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 547. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.547-562.2022

Pandiangan, W. M., Siagian, S., & Sitompul, H. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 11(1), 86. https://doi.org/10.24114/jtp.v11i1.11199

Ramadani, F., & Syuraini, S. (2018). Gambaran Kompetensi Profesional Tutor Menurut Warga Belajar pada Program Kesetaraan Paket B di PKBM Legusa Kabupaten Lima Puluh Kota. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 6(4), 425. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i4.101721

Saragih, C. A., Irwan, M., Rosdiana, R., Zebua, R. A., & Simanjuntak, R. M. Y. (2023). Analisis Manajemen Kurikulum di Pusat Kegiatan Belajar Mengajar Masyarakat (PKBM) Hanuba Medan. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 11(1). https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v11i1.119263

Sari, I. N. (2018). Hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Pekalongan Kabupaten Lampung Timur tahun pelajaran 2017/2018.

Wiriani, W. T. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Online. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 57–63. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.436

Downloads

Published

2024-11-22

How to Cite

Maharani, D. ., & Jamaris, J. (2024). Hubungan antara Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Program Paket B di PKBM Yayasan Anak Sholeh 85 Kota Padang. Jurnal Family Education, 4(4), 671-681. https://doi.org/10.24036/jfe.v4i4.280