Hubungan Intensitas Interaksi Orang tua Bersama anak usia 5-6 tahun di Kenagarian Salido Kecamatan IV Jurai

Authors

  • Regina Rusliana Universitas Negeri Padang
  • Ismaniar Ismaniar Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v2i1.28

Keywords:

intensitas Interaksi, kemampuan berbicara, pendidikan keluarga

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di Kenagarian Salido Kecamatan IV Jurai. Diduga salah satu penyebabnya adalah karena intensitas interaksi orang tua bersama anak masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk: menggambarkan intensitas interaksi orang tua bersama anak; menggambarkan kemampuan berbicara anak; dan melihat hubungan intensitas interaksi orang tua bersama anak dengan kemampuan berbicara anak di Kenagarian Salido Kecamatan IV Jurai. Penelitian ini berjenis kuantitatif teknik korelasional. Populasi penelitian adalah orangtua dari anak usia dini di Nagari Salido Kecamatan IV Jurai. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan Random Sampling. Teknik pengumpulan datanya berupa angket dengan alatnya berupa kuesioner. Data yang terkumpul kemudian dianalisi dengan rumus persentase dan korelasi Spearman rho. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Intensitas interaksi orang tua bersama anak usia dini dikategorikan masih rendah; Kemampuan berbicara anak usia dini dikategorikan masih rendah, dan terdapat hubungan signifikan antara intensitas interaksi orang tua bersama anak dengan kemampuan berbicara anak dini di Kenagarian Salido Kecamatan IV Jurai. Disarankan kepada keluarga supaya menjalin komunikasi secara harmonis, intensif, dan dinamis dengan anak sehingga kemampuan bicara anak meningkat.

References

Andika, Y., & Sunarti, V. (2018). hubungan antara Komunikasi Keluarga dengan Kemampuan Bicara Anak Usia Dini Desa Rambai. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(4), 545. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i4.101656

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, T. (2018). Pola Komunikasi Orangtua Terhadap Perkembangan Berbicara Anak di Taman Kanak-Kanak. JRTI: Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 3(2), 88–95.

Calista, R., Yeni, I., & Pransiska, R. (2019). Pola Komunikasi Orang Tua terhadap Perkembangan Berbicara Anak di Raudhatul Athfal Ikhlas Gunung Pangilun Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(6), 1632–1638.

Darmawan, C. (2017). Komunikasi dan Interaksi Keluarga. Pendidikan Keluarga, 3(1), 1–19.

Gunawan, A. (2016). Kamus Praktis Bahasa Indonesia. Surabaya: Kartika.

Hartati, S. (2017). Perkembangan Belajar pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Hasanah, N., & Sugito, S. (2020). Analisis Pola Asuh Orang Tua terhadap Keterlambatan Bicara pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 913. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.456

Hurlock, E. (2014). Perkembangan Anak: Alih Bahasa Oleh Soedjarmo & Istiwidayanti. Diperoleh dari https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/Bahastra/article/viewFile/1137/898

Ismaniar, & Hazizah, N. (2019). Buku Ajar Pelatihan Kreativitas Deu-coupage bagi Pendidik PAUD. https://doi.org/10.31227/osf.io/6urtg

Ismaniar, I. (2020). Model Pengembangan Membaca Awal Anak: Berbasis Optimalisasi Pemanfaatan Lingkungan Keluarga. Padang: Jurusan Pendidikan Luar Sekolah.

Ismaniar, I., Jamaris, J., & Wisroni, W. (2018). Pentingnya Pemahaman Orang Tua tentang Pembelajaran AUD dalam Penerapan Model Environmental Print Berbasis Keluarga untuk meningkatkan kemampuan Membaca Awal Anak. KOLOKIUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(2), 93–100. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v6i2.9

Kurniasari, L., & Sunarti, S. (2019). Deteksi dini keterlambatan bicara dan faktor keluarga. Jurnal Kesehatan Masyarakat di Afrika, 10(1). Diperoleh dari https://publichealthinafrica.org/index.php/jphia/article/download/1212/532/

Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Jakarta: Grup Media Kencana Prenada.

Nurbiana, D.D. (2019). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Rofiq, A., & Nihayah, I. (2018). Komunikasi Sebagai Modal Utama Orang Tua Dalam Pembentukan Kepribadian Anak. Pracetak OSF, 1–15. https://doi.org/10.31219/osf.io/2cxyt

Shaumi, A.M., & Ismaniar, I. (2020). Hubungan Komunikasi Keluarga dan Berbicara Anak Usia Dini di Desa Pisang Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 8(4), 515. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v8i4.110145

Soetjiningsih, C.H. (2016). Perkembangan Anak. Jakarta: Grup Media Prenada.

Subqi, I. (2016). Pola Komunikasi Keagamaan dalam Membentuk Kepribadian Anak. 1(2), 165–180.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kulaitatif, dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Sumaryanti, L. (2017). Peran Lingkungan Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Jurnal MUADDIB, 7(1), 72–89.

Suranto. (2016). Komunikasi Antarpribadi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Susanto, A. (2016). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Susanto, A. (2017). Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Grup Media Prenada.

Yulianda, A. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keterlambatan Berbicara Berbicara Pada Anak Balita. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 12–16.

Downloads

Published

2022-02-03

How to Cite

Rusliana, R., & Ismaniar, I. (2022). Hubungan Intensitas Interaksi Orang tua Bersama anak usia 5-6 tahun di Kenagarian Salido Kecamatan IV Jurai. Jurnal Family Education, 2(1), 48-60. https://doi.org/10.24036/jfe.v2i1.28