Hubungan Antara Pendampingan Orang Tua Dengan Hasil Belajar Santri TPQ Al-Hidayah Nagari Sungai Duo Kecamatan Sitiung

Authors

  • Yessy Fitri Aningsih Universitas Negeri Padang
  • Solfema Solfema Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v4i4.275

Keywords:

Pendampingan Orang Tua, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya hasil belajar santri yang diduga disebabkan oleh kurangnya pendampingan orang tua yang diterima santri TPQ Al-Hidayah Nagari Sungai Duo Kecamatan Sitiung.Tujuan penelitian ini yakni 1. Mengetahui gambaran pendampingan orang tua santri TPQ Al-Hidayah Nagari Sungai Duo Kecamatan Sitiung. 2. Mengetahui gambaran hasil belajar santri TPQ Al-Hidayah Nagari Sungai Duo Kecamatan Sitiung. 3. Mengetahui hubungan antara pendampingan orang tua dengan hasil belajar santri TPQ Al-Hidayah Nagari Sungai Duo Kecamatan Sitiung. Penelitian dilakukan secara pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi penelitian yaitu 45 santri TPQ Al-Hidayah Nagari Sungai Duo Kecamatan Sitiung. Sementara sampel penelitian yakni teknik simple random sampling, dengan mengambil 70% populasi yaitu 32 santri. Teknik pengumpulan data menggunakan persentase serta product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Pendampingan orang tua santri TPQ Al-Hidayah Nagari Sungai Duo Kecamatan Sitiung masih kurang dalam aspek indikator memenuhi kebutuhan belajar, memberi nasihat, pemberian bimbingan, memberi motivasi serta penghargaan, serta pengawasan (2) Hasil belajar santri TPQ Al-Hidayah Nagari Sungai Duo Kecamatan Sitiung masih dalam kategori kurang. Ini dibuktikan dengan hasil UAS dari santri yang menunjukkan masih banyak santri yang mendapat nilai dalam kategori kurang. (3). Pendampingan orang tua mempunyai hubungan yang signifikan dengan hasil belajar santri TPQ Al-Hidayah Nagari Sungai Duo Kecamatan Sitiung.

References

Agustina, A., & Solfema, S. (2018). Gambaran Kedisiplinan Santri Taman Pendidikan Al-Quran di Masjid Al-Hidayah Kota Solok. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 6(4), 394. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i4.101772

Ambaryanti, R. (2013). Hubungan Intensitas Pendampingan Belajar Orang Tua Dengan Kualitas Hasil Belajar Siswa Di RA Al-Islam Mangunsari 02 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 2(2). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijeces

Downloads

Published

2024-11-22

How to Cite

Aningsih, Y. F. ., & Solfema, S. (2024). Hubungan Antara Pendampingan Orang Tua Dengan Hasil Belajar Santri TPQ Al-Hidayah Nagari Sungai Duo Kecamatan Sitiung. Jurnal Family Education, 4(4), 723-732. https://doi.org/10.24036/jfe.v4i4.275