Hubungan antara Keseriusan dalam Mengikuti Pelatihan Digital Marketing dengan Keberhasilan Pelaku UMKM di DISKOPUKM Kota Padang

Authors

  • Shaqira Thalia Rethy Universitas Negeri Padang
  • Ismaniar Ismaniar Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v5i1.270

Keywords:

Keseriusan dalam Pelatihan Digital Marketing, Keberhasilan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keberhasilan pelaku UMKM yang mengikuti pelatihan digital marketing hal ini diduga karna keseriusan dalam mengikuti pelatihan yang tidak optimal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) gambaran keseriusan dalam mengikuti pelatihan digital marketing; (2) gambaran keberhasilan pelaku UMKM dalam mengikuti pelatihan digita marketing; (3) melihat hubungan antara keseriusan dalam mengikuti pelatihan digital dengan keberhasilan pelaku UMKM di DISKOPUKM Kota Padang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional.Populasi pada penelitian ini berjumlah 52 peserta pelatihan. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling. Sampel diambil dari populasi berjumlah 34 orang dengan menarik 65 % total dari populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan rumus presentase dan korelasi rumus product moment.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) keseriusan peserta dalam mengikuti pelatihan digital marketing dikategorikan rendah; (2) keberhasilan pelaku UMKM dikategorikan rendah; (3) terdapat hubungan yang signifikan antara keseriusan dalam mengikuti pelatihan digital marketing dengan keberhasilan pelaku UMKM di DISKOPUKM Kota Padang.

Saran Penelitian adalah : 1) Diharapkan kepada peserta pelatihan agar mengikuti pelatihan dengan serius sehingga dapat menjadikan keberhasilan dalam melakukan usaha UMKM yang dimiliki.

Keywords : Keseriusan dalam Pelatihan Digital Marketing, Keberhasilan

References

Apriliani, Miftahul F, Widiyanto (2018). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha Dan Tenaga Kerja Terhadap Keberhasilan Umkm Batik. Economic Education Analysis Journal 761-776

Devi Triswati, Normawati, Abdul Mufarik, A, Marhum (2022). Penerapan Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Agama Islam Kelas 3 di SD Kecil Padat Karya Desa Ogorandu. iqra: Jurnal ilmu kependidikan dan keislaman. 39-43

Fourqoniah, Finnah & Aransya, Muhammad Fikry. 2020. Kegagalan dan Keberhasilan dalam Kewirausahaan. Klaten: Lakeisha https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v7i1.21 Interaktif Di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional

Merdekawati, Rosyanti, E., Novi (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Umkm (Studi Kasus Pada Umkm Di Kota Bogor). JIAFE (Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi). 165-174

S. Nur, H. Hermawan, P. Winahyu (2023). Pengaruh Media Sosial Sebagai Digital Marketing Terhadap Penguatan Brand Awareness Pada Umkm Salad Alvi. 112

S. Ujud, T. Nur, Y. Yusuf (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan. 337-347

Dahri I., P. Putra (2024). Pengaruh Pelatihan dan Kepuasan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan. At-Tamwil: Journal of Islamic Economics and Finance.52

Wulandari (2022). Metode Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar. Journal: Aksioma Ad-Diniyah.Vol.10

Siregar (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan (Diklat) Dalam Upaya Pengembangan Sumber Daya Manusia (Sdm). Jurnal Dinamika Pendidikan. 153 Vol.11

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung Maspriyadi. (2019). Pengaruh Kepemimpinan, Pengetahuan, Keterampilan Dan Motivasi

Terhadap Kinerja Pegawai Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Manajemen Dan Administrasi Publik,2(1), 73–87.

Oktora, Y. S., & Hermawan, A. (2022). Effect Of Marketing Mix And Market Orientation On The Marketing Performance Of Pia Japanan Cake Business. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences (IJHESS), 2(3).

Downloads

Published

2025-02-18

How to Cite

Rethy, S. T. ., & Ismaniar, I. (2025). Hubungan antara Keseriusan dalam Mengikuti Pelatihan Digital Marketing dengan Keberhasilan Pelaku UMKM di DISKOPUKM Kota Padang. Jurnal Family Education, 5(1), 22-29. https://doi.org/10.24036/jfe.v5i1.270