Hubungan Dukungan Orang Tua Dengan Kedisiplinan Anggota Ekstrakurikuler Pramuka Di MAN Kota Pariaman

Authors

  • Abdul Aziz Hambali Universitas Negeri Padang
  • Lili Dasa Putri Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v4i4.244

Keywords:

Dukungan Orang Tua, Kedisiplinan Anggota Pramuka

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kedisiplinan anggota pramuka di MAN kota Pariaman. Hal ini diduga karena kurangnya dukungan orang tua dari anggota pramuka di MAN kota Pariaman. Penelitian bertujuan guna mengetahui gambaran dukungan orang tua, gambaran kedisiplinan anggota pramuka, dan mengetahui hubungan dukungan orang tua dengan kedisiplinan anggota ekstrakurikuler pramuka di MAN Kota Pariaman.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Populasi penelitian terdiri dari 40 orang peserta didik MAN Kota Pariaman 2024 yang terdaftar dalam anggota ekstrakurikuler pramuka aktif. Sampel diambil menggunakan teknik Stratified Random Sampling dengan 30 peserta didik MAN Kota Pariaman atau 75% dari populasi sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui kuesioner, dan analisis data dilakukan dengan perhitungan product moment untuk korelasi serta analisis deskriptif memakai rumus persentase.

Hasil penelitian menunjukkan 1) dukungan orang tua ekstrakurikuler pramuka MAN Kota Pariaman tergolong kurang baik, 2) Kedisiplinan ekstrakurikuler anggota pramuka MAN Kota Pariaman tergolong kurang baik, 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan orang tua dengan kedisiplinan ekstrakurikuler pramuka MAN Kota Pariaman.

 

References

Agustina, Oktaviani, I., Juliantika, Saputri, S. A., & Putri N, S. R. (2023). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Pembinaan Dan Pengembangan Siswa Sekolah Dasar. JUBPI, 1(4), 86–96.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. In Rineka Cipta.

Desyantoro, I., Widyawati, S., & Winta, M. V. I. (2020). Hubungan antara Dukungan Sosial Orangtua dengan Kedisiplinan pada Peserta Didik SMP Hasanuddin 10 Kota Semarang. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, 4(1), 34. https://doi.org/10.26623/philanthropy.v4i1.1850

Hassim, 2016; Li, 2017. (2021). Dukungan Orang Tua dan Resiliensi Akademik Pada Mahasiswa. Analitika, 13(2), 138–147. https://doi.org/10.31289/analitika.v13i2.5482

Ibrahim, P. H. (2018). Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Ips Di Sma Negeri 1 Suwawa …. Skripsi. https://repository.ung.ac.id/skripsi/show/911414061/pengaruh-disiplin-belajar-terhadap-hasil-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-ekonomi-kelas-xi-ips-di-sma-negeri-1-suwawa-kabupaten-bone-bolango.html

Kusumawati, O. D. T., Wahyudin, A., & Subagyo. (2017). Pengaruh Pola Asuh , Lingkungan Masyarakat dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Kecamatan Bandungan. Educational Management, 6(2), 87–94.

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Revitalisasi Gerakan Pramuka. (2011). Kwartir Nasional Gerakan Pramuka

Downloads

Published

2024-11-22

How to Cite

Hambali, A. A. ., & Putri, L. D. . (2024). Hubungan Dukungan Orang Tua Dengan Kedisiplinan Anggota Ekstrakurikuler Pramuka Di MAN Kota Pariaman. Jurnal Family Education, 4(4), 637-644. https://doi.org/10.24036/jfe.v4i4.244