Pengaruh Outdoor Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Program Paket B Di SPNF SKB Kota Pariaman

Authors

  • Salsabila Fatine Universitas Negeri Padang
  • Jamaris Jamaris Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v4i2.243

Keywords:

Outdoor Learning., Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam

Abstract

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman warga belajar terhadap pelajaran IPA. Warga belajar tidak terlalu antusias saat proses pembelajaran berlangsung dan pembelajaran hanya dilakukan didalam kelas menggunakan metode ceramah, sehingga proses pembelajaran tidak berjalan secara efektif. Warga belajar lebih tertarik dengan pembelajaran yang menyenangkan. Salah satu cara agar pembelajaran menarik adalah dengan menerapkan pendekatan belajar Outdoor Learning. Tujuan penelitiani ini ialah guna mengidentifikasi apakah terdapat pengaruh outdoor learning pada hasil belajar IPA dalam program paket B di SPNF SKB Kota Pariaman. Metode yang diterapkan pada studi ini ialah Pre-Eksprimental Design dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam studi ini ialah seluruh warga belajar terdafatr sebagi siswa paket B di SPNF SKB Kota Pariaman yang terdiri dari 61 warga belajar. Sampel penelitian ini adalah 20 orang warga belajar kelas 8 paket B. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam studi ini yaitu tes hasil belajar (pretest-posttest) dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 25 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Data yang diperoleh berdistribusi normal dan homogen serta hasil paired sample T-Test, dengan mengunakan SPSS versi 29 diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 10,080 > 2,093 dan nilai Sig (2-tailed) adalah 0,01 < 0,05 maka ditarik kesimpulan bahwasanya H0 ditolak serta Ha diterima. Yang berarti terdapat pengaruh outdoor learning pada hasil belajar IPA pada program Paket B di SPNF SKB Kota Pariaman.

References

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Suryanta, I. M., Abadi, I. B. G. S., & Asri, A. S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Gambar Animasi Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Gugus Yos Sudarso Denpasar. Mimbar Pgsd Undiksha, 2(1).

Trigunawan, I., & Solfema, S. (2021). Hubungan Antara Kesiapan Belajar Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Pendidikan Kesetaraan Paket C Di Pkbm Primadona Desa Cimparuh Kota Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 343–346. Https://Www.Jptam.Org/Index.Php/Jptam/Article/View/954

Yolanda, Y. (2021). Pengembangan Modul Ajar Fisika Termodinamika Berbasis Kontekstual. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(3), 80–95. Https://Doi.Org/10.57008/Jjp.V1i03.12

Yuse, A. P., Jamaris, J., & Ismaniar, I. (2018). Penerapan Pembelajaran Orang Dewasa Oleh Instruktur Pelatihan Keterampilan Menjahit Di Spnf Skb Lima Puluh Kota. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (Pls), 6(1), 16. Https://Doi.Org/10.24036/Spektrumpls.V1i1.9199

Downloads

Published

2024-09-19

How to Cite

Salsabila Fatine, & Jamaris, J. (2024). Pengaruh Outdoor Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Program Paket B Di SPNF SKB Kota Pariaman. Jurnal Family Education, 4(2), 342-346. https://doi.org/10.24036/jfe.v4i2.243