Pelaksanaan Pembelajaran Tata Boga “Kue Pastry” Di SPNF SKB Kota Pariaman
DOI:
https://doi.org/10.24036/jfe.v5i3.232Keywords:
Pelaksanaan, Tata Boga, SPNF SKBAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh SPNF SKB Kota Pariaman yang menerapkan keterampilan Tata Boga di kelas reguler dan mengintegrasikannya ke dalam kurikulum sehingga memiliki RPP. Program prakarya di SPNF SKB fokus pada pengolahan. Keterampilan Tata Boga berharap bisa membantu warga mempelajari keterampilan teknis atau keterampilan hidup dan memiliki bisnis sendiri berdasarkan keterampilan pastry. Tujuan penelitian ini yakni guna mengetahui : pelaksanaan kegiatan pembuka pembelajaran, pelaksanaan kegiatan inti pembelajaran serta pelaksanaan kegiatan penutup pembelajaran tata boga “kue pastry” pada paket C di SPNF SKB Kota Pariaman. Jenis penelitian ini yakni pendekatan kualitatif. Tempat penelitian berlokasi di SPNF SKB Kota Pariaman Di Samping SDN 13, Jl. M. Yamin No.9, Lohong, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatera Barat 25513. Pengumpulan data penelitian ini yakni observasi, wawancara, serta dokumentasi. Sumber data penelitian ini yakni warga belajar paket C di SPNF SKB Kota Pariaman, kepala lembaga dan tutor paket C di SPNF SKB Kota Pariaman. Teknik analisis penelitian ini yakni reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Keabsahan data penelitian ini yakni triangulasi sumber serta metode. Hasil penelitian serta pembahasan yakni 1) Pelaksanaan kegiatan pembukaan pembelajaran tata boga yaitu, mempersiapkan materi dan juga media yang diperlukan untuk kegiatan belajar, menyampaikan langkah pembelajaran, memberikan arahan pelaksanaan pembelajaran, 2) Pelaksanaan kegiatan inti pembelajaran tata boga yaitu, metode yang dipakai tergantung pembelajaran yang berlangsung ada metode ceramah dan praktek media yang dipakai seperti penggunaan komputer dan menggunakan media lainnya seperti video tutorial memasak, 3) Pelaksanaan kegiatan penutup pembelajaran tata boga yaitu, simpulan pembelajaran, penugasan.
References
Aprilia, N., Saifuddin, M. F., Wijayanto, N. A., & Supriyati, J. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotor Siswa Sma Pada Praktikum Materi Protista. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS), 46–53.
Budyastuti, Y., & Fauziati, E. (2021). Penerapan Teori Konstruktivisme pada Pembelajaran Daring Interaktif. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 112–119. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1126
Jamaris. (2016). Metacognitive Strategy For Vocabulary Learning. Ta’dib, 16(2).
Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Fauzan Syarif, Jamaris

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.