Hubungan Antara Pengasuhan Orang Tua Dengan Perkembangan Moral Anak Usia 4-5 Tahun Di RW 009 Pampangan Nan XX Kota Padang

Authors

  • Arintya Rahmadani Riri Universitas Negeri Padang
  • Ismaniar Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v4i3.221

Keywords:

Pengasuhan Orang Tua, Perkembangan Moral, Anak Usia 4-5 Tahun.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah guna mengetahui hubungan antara pengasuhan orang tua dengan perkembangan moral anak usia 4-5 tahun di RW 009 Pampangan Nan XX Kota Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini yakni seluruh ibu dari anak usia 4-5 tahun di RW 009  Pampangan Nan XX Kota Padang yang berjumlah sebanyak 39 orang ibu. Teknik pengambilan sampel penelitian ini yakni teknik area random sampling, jadi jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 29 orang ibu. Teknik pengumpulan data penelitian ini yakni kuesioner. Teknik analisis datanya menggunakan persentase untuk mencari korelasi dengan menggunakan rumus spearman rank. Hasil penelitian ini yakni: 1.) Pengasuhan orang tua di RW 009 Pampangan Nan XX Kota Padang belum terlaksana dengan baik. 2.) Perkembangan moral anak usia 4-5 tahun di RW 009 Pampangan Nan XX Kota Padang masih kurang baik atau belum berkembang 3.) Terdapat hubungan signifikan antara pengasuhan orang tua dengan perkembangan moral anak usia 4-5 tahun di RW 009 Pampangan Nan XX Kota Padang.

References

Ismaniar, I., Jamaris, J., & Wisroni, W. (2018). Pentingnya Pemahaman Orang Tua tentang Karakteristik Pembelajaran AUD dalam Penerapan Model Environmental Print Berbasis Keluarga untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Anak. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(2), 93–100. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v6i2.9

Khaironi, M. (2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(02), 82. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i02.546

Marinta, R., & Syur’aini, S. (2023). Relationship Between Parenting and Social Emotional Development of Children Aged 3-4 Years in Tenam Village, Muara Bulian District. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 11(2), 282. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v11i2.121809

Melati, P., Setiawati, S., & Solfema, S. (2018). Hubungan antara Perhatian yang Diberikan Orang Tua dengan Tingkat Perkembangan Moral Anak Usia Dini. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 79–92. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v6i1.8

Monalisa, M. (2020). Hubungan Pengasuhan Anak Dalam Keluarga Yang Menikah Muda Dengan Perkembangan Karakter Tanggung Jawab Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Korong Sungai Pinang, Nagari Kasang, Kecamatan Batang Anai. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 8(3), 293. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v8i3.109592

Mustika, D. (2021). Peran Orangtua dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik di Masa Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 361–372. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.105

Downloads

Published

2024-09-19

How to Cite

Riri, A. R., & Ismaniar. (2024). Hubungan Antara Pengasuhan Orang Tua Dengan Perkembangan Moral Anak Usia 4-5 Tahun Di RW 009 Pampangan Nan XX Kota Padang. Jurnal Family Education, 4(3), 557-565. https://doi.org/10.24036/jfe.v4i3.221