Hubungan Antara Perhatian Orang Tua Dengan Kedisiplinan Belajar Murid TPA Al-Furqan Mushalla Baitul Amal Parit Batu Simpang Empat Pasaman Barat

Authors

  • Meilisa Lusita Universitas Negeri Padang
  • Vevi Sunarti Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v4i2.219

Keywords:

Perhatian Orang Tua,, Kedisiplinan Belajar, TPA

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kedisiplinan murid TPA Al-Furqan, rendahnya kedisiplinan belajar diduga dipengaruhi oleh perhatikan orang tua. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui gambaran: perhatian orang tua, gambaran kedisiplinan belajar murid TPA, dan hubungan antara perhatian orang tua dengan kedisiplinan belajar murid TPA Al-Furqan Mushalla Baitul Amal Parit Batu Simpang Empat Pasaman  Barat. Penelitian dilakukan secara pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi penelitian yaitu peserta didik yang terdaftar di TPA yakni 45  orang. Sementara sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling sebanyak 36 murid TPA. Instrumen penelitian dalam pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data memakai rumus persentase dan product moment. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: (1) Perhatian orang tua di Kampung Parit Batu Simpang Empat Kabupaten Pasaman Barat tergolong rendah; (2) Kedisiplinan belajar murid TPA Al-Furqan Mushalla Baitul Amal Parit Batu Simpang Empat Pasaman Barat tergolong sedang dan (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dengan kedisiplinan belajar peserta didik TPA Al-Furqan Mushalla Baitul Amal Parit Batu Simpang Empat Pasaman Barat.

References

AlHuda, A. A. F. (2021). Penerapan Reward And Punishment Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di Sekolah Madrasah Aliyah Donowirih Karangploso Kabupaten Malang [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Anggila, W. (2022). Persepsi Guru Bidang Studi Ips Dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Di Smp Negeri Sekecamatan Tanjung Kemuning Kabupaten Kaur [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno Bengkulu.

Arikunto. (2010). Prosedure penelitian suatu pendekatan praktik. PT Asdi Mahasatya.

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI no.20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Fuad, Z. (2018). Penggunaan Metode Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tematik. Awwaliyah: Jurnal PGMI, 1(1).

Iksanudin. (2017). Peran kepala sekolah madrasah dalam meningkatkan disiplin dan prestasi peserta didik di madrasah ibtidaiyah Negeri 3 Lampung Barat [Tesis]. UIN Raden Intan Lampung.

Lina, E. (2018). Pengaruh Pengawasan, Disiplin Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kabupaten Bogor [Tesis]. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ipwija Program Pasca Sarjana Magister Manajemen.

Maylinda, V., & Sunarti, V. (2022). Relationship Between Parent’s Attention to Children’s Education with Children’s Motivation to Learn at Home at Teratai Indah, Kelurahan Padang Sarai, Koto Tangah, Padang City. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 10(3), 366. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v10i3.114723

Mustagfiroh, S., & Soesilo, Y. H. (2021). Pengelolaan Kelas Yang Dilaksanakan Guru Mata Pelajaran Ekonomi Dalam Mengatasi Keberagaman Kecerdasan Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Pembangunan, 1(4).

Rokhayati, I., Setiawan, H., & Jordi Bagaskara, B. (2022). Pengaruh Komunikasi, Disiplin Kerja, Gaya Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Majalah Imiah Manajemen dan Bisnis, 19(2), 25–34. https://doi.org/10.55303/mimb.v19i2.149

Saputra, A. D., Fitria, L., & Radyuli, P. (2023). Kontribusi Perhatian Orang Tua terhadap Disiplin Belajar Siswa. JURNAL PTI (Pendidikan Dan Teknologi Informasi) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universita Putra Indonesia “YPTK” Padang, 10(1). https://doi.org/10.35134/jpti.v10i1.162

Sinaga, M. L. P., Sihombing, L. N., & Pasaribu, E. (2023). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Disiplin Belajar Siswa di Kelas V UPTD SDN 124394 Jalan Tongkol. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(6), 3520–3528.

Sudjana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.

Utari, K. (2015). Pengaruh Kepemimpinan dan Pengawasan Melekat Terhadap Disiplin Kerja. eJournal Pemerintahan Integratif, 3(1), 31–45.

Wardianto, M. (2019). Hubungan antara Iklim Organisasi Kerja dengan Kedisiplinan Karyawan. Jurnal Psikologi, 6(1), 54–67.

Downloads

Published

2024-09-19

How to Cite

Lusita, M., & Sunarti, V. (2024). Hubungan Antara Perhatian Orang Tua Dengan Kedisiplinan Belajar Murid TPA Al-Furqan Mushalla Baitul Amal Parit Batu Simpang Empat Pasaman Barat. Jurnal Family Education, 4(2), 403-411. https://doi.org/10.24036/jfe.v4i2.219