Pelaksanaan Pembiasaan Disiplin Pada Anak Usia Dini Dalam Pendidikan Keluarga (Studi Kasus pada Keluarga X Jorong Koto Ranah, Nagari Koto Alam, Kabupaten Lima Puluh Kota)

Authors

  • Ragina Fitra Hani Universitas Negeri Padang
  • Jamaris Jamaris Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v4i4.213

Keywords:

Pembiasaan Disiplin, Anak Usia Dini, Pendidikan Keluarga

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keunikan salah satu anak usia 6 tahun Jorong Koto Ranah, Kabupaten Lima Puluh Kota yang merupakan anggota keluarga X, dapat menunjukkan perilaku disiplin dengan sangat baik dibandingkan dengan anak lain seusianya. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pelaksanaan pembiasaan disiplin pada anak usia dini dalam pendidikan keluarga di Jorong Koto Ranah, Nagari Koto Alam, Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Keluarga X membiasakan anak untuk patuh kepada orang tua dengan memberikan instruksi yang lembut dan mudah dipahami, serta menjadi teladan yang baik; 2) Keluarga X membiasakan disiplin waktu melalui menetapkan jadwal kegiatan yang sesuai kebutuhan anak, konsistensi dalam menjalankan rutinitas, serta penerapan konsekuensi berupa hukuman dan penghargaan; 3) Keluarga X membiasakan disiplin perbuatan dengan menetapkan peraturan rumah yang harus ditaati, membiasakan anak memahami konsekuensi, membagi waktu belajar dan bermain, serta keterlibatan orang tua dalam kegiatan belajar anak.  

References

Anggraeni, C. E. & M. S. (2021). Metode Pembiasaan Untuk Menanamkan Karakter Disiplin dan Tanggung jawab Di Ra Daarul Falaah Tasikmalaya. Jurnal PAUD Agapedia, 5(1), 100–109.

Diniyati, A. (2023). Penanaman Karakter Disiplin Anak Usia DIni Melalui Metode Pembiasaan di Sekolah TK Pertiwi Kalibenda Ajibarang (Vol. 5). Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto.

Putri, W. H. (2022). Pengembangan Sikap Disiplin Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan di TK Baiturrahman, Karangasem, Surakarta Tahun Ajaran 2021/2022. Doctoral dissertation, FIT/PGMI.

Putri, W. M., & Jamaris. (2021). Relationship between Educator Supervision and Discipline Behavior of Santri at the Tahfidz Nurul Ilmi Kuranji House, Padang City. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 9(1), 96–102.

Rosidah, S. (2018). Metode Penyampaian Perintah dan Larangan Bagi Anak Usia Dini dalam Perspektif Pendidikan Islam. WALADUNA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 42–57.

Sa’adah, E. H., & Azis, A. (2018). Tanggung Jawab Orang Tua dalam Mendidik Anak Menurut Alquran (Analisis terhadap Tafsir Al-Maraghi). Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(2), 187.

Downloads

Published

2024-11-22

How to Cite

Hani, R. F., & Jamaris, J. (2024). Pelaksanaan Pembiasaan Disiplin Pada Anak Usia Dini Dalam Pendidikan Keluarga (Studi Kasus pada Keluarga X Jorong Koto Ranah, Nagari Koto Alam, Kabupaten Lima Puluh Kota). Jurnal Family Education, 4(4), 584-590. https://doi.org/10.24036/jfe.v4i4.213