Upaya Orang Tua dalam Mendukung Kebutuhan Pendidikan Anak pada Keluarga X di Nagari Malampah Kabupaten Pasaman
DOI:
https://doi.org/10.24036/jfe.v4i2.209Keywords:
Pola asuh, Motivasi anak, Upaya orang tuaAbstract
Meskipun mengalami kendala keuangan, orang tua dalam keluarga X secara konsisten berusaha untuk menyekolahkan anak-anak mereka ke perguruan tinggi, yang memotivasi penelitian ini. Sejak 2011, Ibu I menjadi orang tua tunggal yang sumber pendapatan utamanya adalah bertani. Penelitian ini berupaya memberikan gambaran terperinci tentang hubungan antara pola pengasuhan, motivasi anak untuk melanjutkan pendidikan, dan strategi atau upaya pengelolaan keuangan orang tua terkait dengan biaya kuliah. Pendekatan deskriptif digunakan dalam penelitian kualitatif ini. Seorang ibu, ketiga anaknya, dan informan lainnya yang mengetahui mengenai keluarga X, yang merupakan sumber data untuk penelitian ini. Wawancara, observasi, dan dokumentasi adalah metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. Beberapa metode yang digunakan dalam analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penyusunan kesimpulan. Selain metode dan sumber yang menggunakan triangulasi untuk memastikan kebenaran data. Menurut temuan penelitian, 1) orang tua dalam keluarga X cenderung memberikan kebebasan pada anak-anak mereka selama memahami batasannya. 2) bagaimana hal itu memotivasi anak-anak untuk terus belajar atau melanjutkan pendidikan. 3) tanggung jawab serta upaya orang tua dalam mengalokasikan sumber daya untuk memenuhi biaya pendidikan anak-anak mereka.
References
’Aini Wirdatul, A. Z. (2021). Bunga Rampai Pendidikan Non Formal (I. Vidyafi (ed.); edisi 1). Rajawali Pers.
Anggarani, F. K., Maret, U. S., Setyowati, R., Maret, U. S., Satwika, P. A., Maret, U. S., Andayani, T. R., & Maret, U. S. (2022). Pengaruh Pendidikan Literasi Keuangan dengan Pendekatan Bermain Peran pada Anak Usia Dini. March. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1920
Astriani, N. (2019). Pengaruh ibu bekerja dan peran ayah terhadap prestasi belajar anak. 13(1), 44–51.
Djamarah, S. B. (2014). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga.
Ena, Z. dan D. S. (2020). Peranan Motivasi Intrinsik dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Minat Personel Bhabinkamtibmas Polres Kupang Kota. 13(2), 68–77.
Goza, L. S. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pola Asuh Mahasiswa Pendidikan IPS UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Harmayani. (2017). Persepsi Keluarga Petani Terhadap Pendidikan Formal Anak. JOM FISIP Vol. 4 No. 1 - Februari 2017, 4(1), 1–15.
Mujiati, N. (2018). Kepedulian Masyarakat Petani Dalam Meningkatkan Pendidikan Anak di Desa Warugunung Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto Dalam Tinjauan Pilihan Rasional James S. Coleman. In Skripsi.
Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). In Yogyakarta Press. http://www.academia.edu/download/35360663/METODE_PENELITIAN_KUALITAIF.docx
Mutoharoh, I. (2018). Upaya Orang Tua dalam Memenuhi Kebutuhan Pendidikan Anak Keluarga Nelayan di Desa Bandengan Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat , 5(1), 78–93.
Suryapermana, N., & Imroatun, I. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. https://www.academia.edu/40074661/DASAR-DASAR_ILMU_PENDIDIKAN
Syahraeni, A. (2015). Tanggung jawab keluarga dalam pendidikan anak. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 2(1), 27–45.
Valeza, A. R. (2017). Peran orang tua dalam meningkatkan Prestasi anak di perum tanjung raya permai kelurahan pematang wangi kecamatan tanjung senang bandar lampung.
Wahy, H. (2012). Keluarga Sebagai Basis Pendidikan Pertama Dan Utama. Jurnal Ilmiah Didaktika, 12(2), 245–258. https://doi.org/10.22373/jid.v12i2.451
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Putria Hazira, MHD Natsir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.