Perbedaan Interaksi Sosial antara Mahasiswa yang Mengikuti dengan yang tidak Mengikuti Organisasi Kemahasiswaan di Departemen Pendidikan Non-Formal
DOI:
https://doi.org/10.24036/jfe.v4i2.206Keywords:
Interaksi Sosial, Organisasi KemahasiswaanAbstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh kegiatan organisasi kemahasiswaan sebagai tempat mengembangkan keterampilan mahasiswa salah satunya yaitu mengembangkan kemampuan interaksi sosial. Tujuan dilakukan penelitian untuk melihat perbedaan interaksi sosial antara mahasiswa yang mengikuti dengan yang tidak mengikuti organisasi kemahasiswaan di departemen Pendidikan Non-Formal (PNF). Pendekatan penelitian yang dipakai yaitu kuantitatif dengan jenis komparatif. Mahasiswa angkatan 2021 dan 2022 menjadi populasi penelitian yang diambil sampel dengan teknik purposive stratified random sampling. Instrumen yang dipakai berupa angket. Teknik analisis data yang dipakai yaitu persentase, dan uji t berupa independent sample t-test. Hasil penelitian yaitu; (1) Mahasiswa yang mengikuti organisasi mempunyai kategori sangat bagus dalam melakukan interaksi sosial; (2) Mahasiswa yang tidak mengikuti organisasi mempunyai kategori bagus dalam melakukan interaksi sosial, dan: (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara interaksi sosial mahasiswa yang mengikuti dengan yang tidak mengikuti organisasi kemahasiswaan di Departemen PNF. Diharapkan kepada mahasiswa selalu mendukung dan mengikuti kegiatan organisasi kemahasiswaan sebagai bentuk Pendidikan Non-Formal di lingkungan kampus sehingga akan membentuk interaksi sosial yang sangat baik pada mahasiswa.
References
Alfiyan, D., Solfema, S., & Irmawita, I. (2018). Hubungan antara Persepsi Peserta terhadap Instruktur dengan Partisipasinya dalam Mengikuti Diklatsar di KSR PMI Unit UNP. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 6(3), 356. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i3.9510
Yuliana, W., Sugiharti, R. E., & Budianti, Y. (2022). Pelatihan Keterampilan Menyulam Bagi Siswa Madrasah Aliyah Al- Alawiyah Kranji, Bekasi. An-Nizam, 1(2), 52–58. https://doi.org/10.33558/an-nizam.v1i2.3894
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Alfitri Rahmatullah, Solfema
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.