Hubungan Antara Iklim Kelas Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Pada Program Kesetaraan Paket C di SPNF SKB Wilayah 1 Kota Padang

Authors

  • Alfiana Silva Hasibuan Universitas Negeri Padang
  • Vevi Sunarti Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v4i3.197

Keywords:

Iklim kelas, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar warga belajar pada program kesetaraan paket c di SPNF SKB Wilayah 1 Kota Padang. Hal ini dibuktikan dengan banyak warga belajar yang memperoleh nilai akhir di bawah KKM. Rendahnya hasil belajar diduga karena tidak kondusifnya iklim kelas. Penelitian ini bertujuan guna melihat apakah terdapat hubungan antara iklim kelas dengan hasil belajar mata pelajaran matematika pada program kesetaraan paket c di SPNF SKB Wilayah 1 Kota Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi penelitian yaitu seluruh warga belajar paket c di SPNF SKB Wilayah 1 Kota Padang yang berjumlah 26 warga belajar. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan penelitian ini menggunakan cluster random sampling, jadi jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 75% dari 26 warga belajar yaitu 19 warga belajar. Teknik pengumpulan data melalui distribusi angket (kuisioner) kepada responden penelitian, teknik analisis data dengan rumus persentase serta mencari korelasi dengan rumus rank order. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1)Iklim kelas warga belajar pada program kesetaraan paket c di SPNF SKB Wilayah 1 Kota Padang dikategorikan tidak kondusif. 2) Hasil belajar warga belajar pada program kesetaraan paket c di SPNF SKB Wilayah 1 Kota Padang tergolong rendah. 3) Terdapatnya hubungan yang signifikan antara iklim kelas dengan hasil belajar mata pelajaran matematika pada program kesetaraan paket c di SPNF SKB Wilayah 1 Kota Padang.

References

Andani, D. P., Setiawati, S., & Wisroni, W. (2018). Hubungan antara Pengasuhan Orang Tua dengan Kecerdasan Emosional Anak di PAUD Puti Bungsu SKB I Tanah Datar. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 6(2), 214. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i2.10245

Andra, C. S., & Sunarti, V. (2022). Hubungan Antara Keaktifan Warga Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Program Paket B di PKBM. Jurnal Family Education, 2(2), 183–191. https://doi.org/10.24036/jfe.v2i3.55

Anisya, D. (2023). Hubungan Antara Pemanfaatan Media Pembelajaran Daring Dengan Hasil Belajar Matematika Paket C PKBM Karang Putih Kota Padang. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Jurnal Family Education, 3(3), 340–345. https://doi.org/10.24036/jfe.v3i3.103

Azizah, S. (2024). Perbedaan Lingkungan Belajar Warga Belajar Program Paket C di PKBM Sakato Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Family Education, 1, 173–188.

Diana, N. (2024). Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik di TPA Mushalla Al-Hikmah Padusunan Kota Pariaman. Jurnal Family Education, 1, 156–164.

Fitria, Y., & Irmawita, I. (2020). Hubungan Antara Lingkungan Belajar Dengan Motivasi Warga Belajar Mengikuti Pelatihan Menyulam Di Pkbm Surya Kota Padang. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 8(3), 322. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v8i3.109955

Gustria, N. (2020). Hubungan Antara Pengelolaan Lingkungan Belajar Dengan Hasil Belajar Peserta Tahfizd Di Tpq-Tpsq Al-Hasib Beringin Nagari Lansat Kadap Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 8(3), 262. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v8i3.109374

Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.

Khairunnisa, G., & Sunarti, V. (2023). The Relationship Between Parental Attention And Learning Discipline Of Catizens Learning Package B In SPNF SKB Lima Puluh Kota. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 11(3), 585–597. https://doi.org/10.24036/kolokium.v11i3.709

Nanda, A., & Sunarti, V. (2023). Gambaran Kreativitas Tutor dalam Pembelajaran pada Program Pendidikan Kesetaraan Kejar Paket C di PKBM Tenggang Raso Kota Padang. Jurnal Family Education, 13(3), 393–398.

Siska, M., Solfema, S., & Aini, W. (2018). Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua dengan Hasil Belajar Santri di MDA Nurul Haq Nagari Cubadak Kecamatan Duo Koto Kabupaten Pasaman. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1 (2).

Sudjana, D. (2015). Pendidikan luar Sekolah: Falsafah, Dasar Teori, Pendukung Azaz. Fallah Production.

Sukmadinata, N. S. (2009). Landasan Psikologi Dan Proses Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Sunarti, V. (2014). Peranan Pendidikan Luar Sekolah Dalam Rangka Mitigasi Bencana. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 2(2). https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v2i2.5044

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Departemen Pendidikan.

Downloads

Published

2024-09-19

How to Cite

Hasibuan, A. S., & Sunarti, V. (2024). Hubungan Antara Iklim Kelas Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Pada Program Kesetaraan Paket C di SPNF SKB Wilayah 1 Kota Padang. Jurnal Family Education, 4(3), 428-438. https://doi.org/10.24036/jfe.v4i3.197