Hubungan antara Keterlibatan Orang Tua dengan Kreativitas Anak Usia 4 – 5 Tahun di Kelompok Bermain PAUD Anak Sholeh Ikua Koto Panjang Kota Padang

Authors

  • Gustika Rahayu Putri Universitas Negeri Padang
  • Ismaniar Ismaniar Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v4i2.195

Keywords:

Keterlibatan Orang Tua, Kreativitas Anak Usia 4 – 5 tahun

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kreativitas pada anak usia 4 – 5 di PAUD Anak Sholeh Ikua Koto Panjang Kota Padang. Hal ini diduga disebabkan oleh salah satu faktor dari keterlibatan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat hubungan antara keterlibatan orang tua dengan kreativitas anak usia 4 – 5 tahun di PAUD Anak Sholeh Ikua Koto Panjang Kota Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini yaitu seluruh orang tua (ibu) yang anaknya bersekolah di PAUD Anak Sholeh dengan jumlah 36 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan teknik simple random sampling, jadi jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 70% dari 36 orang yaitu sebanyak 26 orang. Teknik pengumpulan data melalui distribusi angket (kuesioner) kepada responden penelitian, teknik analisis data menggunakan persentase untuk mencari korelasi menggunakan rumus spearman’s rho. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua di PAUD Anak Sholeh tergolong rendah. Kreativitas anak usia 4 -5 tahun tergolong rendah. Terdapat hubungan yang signifikan antara keterlibatan orang tua dengan kreativitas anak usia dini di PAUD Anak Sholeh Ikua Koto Panjang Kota Padang. Disarankan kepada orang tua untuk dapat terlibat dengan kegiatan-kegiatan anak, baik di sekolah atau di rumah, guru-guru untuk dapat membuat kegiatan yang dapat melibatkan orang tua, dan peneliti lain supaya mampu meneliti variabel lain yang dapat mempengaruhi kreativitas anak usia 4 – 5 tahun.

References

Adnan, A., Fatimah, A. St., Jafar, M. I., & Amin, M. (2022). Hubungan Keterlibatan Orang Tua dalam Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Kelas IV SD. JPPSD: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 46. https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i1.27119

Afrina, S., & Wisroni, W. (2023). The Relationship Between Parental Involvement and Learning Outcomes of Class VII Students at SMP Negeri 3 Padang. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 11(3), 459–468. https://doi.org/10.24036/kolokium.v11i3.676

Afriza, D., & Ismaniar, I. (2022). The Effectiveness Of Using Ice Cream Stick Media In Increasing The Calculation Of Children Aged 5-6 Years Old In Nagari Muara Sakai Pesisir Selatan District. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 10(2), 243. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v10i2.115099

Aldi, M. M., & Setiawati, S. (2022). THE RELATIONSHIP BETWEEN PARENTAL PERCEPTION WITH PARENTAL PARTICIPATION IN SCHOOL PARENTING PROGRAM IN ASYIYAH. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 10(4), 579. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v10i4.118045

Anjani, R., & Mashudi, E. A. (2023). Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Orang Tua Dan Guru. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 110–127. https://doi.org/10.53977/kumarottama.v3i2.1246

Citrowati, E., & Suryana, D. (2019). KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS TAMAN KANAK-KANAK DI PASAMAN BARAT TAHUN 2019. Canadian Family Physician, 65(61), 445.

Desvita, I., & Ismaniar, I. (2020). Hubungan Antara Perhatian Orangtua Dengan Perkembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun Di Korong Salisikan Nagari Sungai Buluah Timur Batang Anai. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 8(3), 377.

Deva, R. K., & Ismaniar, I. (2023). The Relationship Between Parental Knowledge and The Problem of Nutritional Deficiency in Early Children in Jorong Pasia Laweh Agam Regency. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 11(3), 769–780.

Dewanti, L. A. (2020). Upaya Meningkatkan Kreativitas Melalui Pemanfaatan Kaleng Bekas Sebagai Hasta Karya Alat Komunikasi Pada Anak Kelompok B TK Diponegoro 108. 6–21.

Fadilla, D. F., & Ismaniar, I. (2023). The Relationship Between Parental Involvement and Children’s Moral Development PAUD Asmaul Husna Padang City. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 11(3), 819–826. https://doi.org/10.24036/kolokium.v11i3.706

Farikhah, A., Mar’atin, A., Afifah Nur, L., & Safitri Ayu, R. (2022). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Pembelajaran Loose Part. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(01), 17–26. https://doi.org/10.46963/mash.v5i01.423

Gebrina, D., Wibowo, D. V., Fatmawati, F., & Insiyah, M. (2021). Rejuvinasi Strategi Pengembangan Kreativitas Anak di PAUD. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 31–46. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v4i1.8186

Hesti, M., & Ismaniar, I. (2021). The Effectiveness of the Application of Rock Painting Activities in Developing the Creativity of Children aged 5-6 Years in Kindergarten. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 9(4), 561. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v9i4.114081

Indonesia, P. R. (2023). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. 4,147 - 173

Ismaniar, I. (2018). Kreatifitas dan Pendidik PAUD dalam Perspektif Peluang dan Tantangan. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 6(3), 257. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i3.100949

Ismaniar, I., Jamaris, J., & Wisroni, W. (2018). Pentingnya Pemahaman Orang Tua tentang Karakteristik Pembelajaran AUD dalam Penerapan Model Environmental Print Berbasis Keluarga untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Anak. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(2), 93–100. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v6i2.9

Melati, P., Setiawati, S., & Solfema, S. (2018). Hubungan antara Perhatian yang Diberikan Orang Tua dengan Tingkat Perkembangan Moral Anak Usia Dini. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 79–92. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v6i1.8

Mursid, M., & Kusuma Ayu, K. (2021). Perlibatan Orang Tua Dalam Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Di Kb Tunas Bangsa Ds. Gondang Kec. Subah Kab. Batang. PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 3(1), 1–12.

Soelfema. (2021). Statistik Pendidikan.

Sugiyono.(2012). (2012). Metode Penelitian. In Data Kualitatif (p. 12).

Tolada, T. (2019). Hubungan keterlibatan orang tua dengan prestasi belajar anak usia sekolah di SDIT Permata Hati, Banjarnegara. Universitas Indonesia, 1–86

Downloads

Published

2024-09-19

How to Cite

Putri, G. R. ., & Ismaniar, I. (2024). Hubungan antara Keterlibatan Orang Tua dengan Kreativitas Anak Usia 4 – 5 Tahun di Kelompok Bermain PAUD Anak Sholeh Ikua Koto Panjang Kota Padang. Jurnal Family Education, 4(2), 333-341. https://doi.org/10.24036/jfe.v4i2.195