Hubungan Antara Aktivitas Komunikasi Orang Tua Dalam Keluarga Dengan Kreativitas Belajar Anak Usia 4-5 Tahun Di Perumahan Gerry Permai RW 06 Kota Padang

Authors

  • Nurul Trinowinda Efri Universitas Negeri Padang
  • Ismaniar Ismaniar Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v4i2.194

Keywords:

aktivitas komunikasi orang tua, kreativitas belajar anak usia 4-5 tahun

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kreativitas belajar anak usia 4-5 tahun. Peneliti memperkirakan aktivitas komunikasi orang tua dalam keluarga menjadi salah satu relaksasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan aktivitas komunikasi orang tua dalam keluarga dengan kreativitas belajar anak usia 4-5 tahun di Perumahan Gerry Permai RW 06 Kota Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak berusia 4-5 tahun yang berada di Perumahan Gerry Permai RW 06 Kota Padang. Sampel penelitian ini adalah anak yang berusia 4-5 tahun di Perumahan Gerry Permai RW 06 Kota Padang sebanyak 20 orang. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah angket. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah metode korelasi tata jenjang. Hasil penelitian ini adalah: 1.) aktivitas komunikasi orang tua dalam keluarga di Perumahan Gerry Permai RW 06 Kota Padang rendah. 2.) kreativitas belajar anak usia 4-5 tahun Di Perumahan Gerry Permai RW 06 Kota Padang tergolong rendah. 3.) terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas komunikasi orang tua dalam keluarga dengan kreativitas belajar anak usia 4-5 tahun di Perumahan Gerry Permai RW 06 Kota Padang. Berdasarkan hasil penelitian disarankan pada orang tua agar lebih meningkatkan aktivitas komunikasi dalam keluarga terutama dengan anak-anak.

References

Afrizal, A., & Syuraini, S. (2021). The Relationship Between Communication In The Family And Early Childhood Language Development. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 9(4), 568. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v9i4.114404

Alianda, N., & Ismaniar, I. (2023). The Relationship Between Communication In The Family And The Development Of Speech In Children Aged 5-6 Years In RW 03 Patenggangan. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 11(2), 217. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v11i2.120013

Andriyani, E., Wahid, S., & Sunarti, V. (2019). Description Of Parents’ Attention To Child Learning Outcomes in RW 10 Kelurahan Korong Gadang Kecamatan Kuranji Kota Padang. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 7(2), 225–233. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v2i2.10202

Anggraini, A. D., & Ismail, K.,. (2021). Peran Komunikasi Dalam Keluarga. Research Gate, January, 1–10. https://www.researchgate.net/publication/348558606

Bastian, R., & Syuraini., & Ismaniar. (2019). The Relationship Between Socialization In Families With Early Childhood Social Development. Sprektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 7(2), 272–278. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v2i2.104879

Downloads

Published

2024-09-19

How to Cite

Efri, N. T., & Ismaniar, I. (2024). Hubungan Antara Aktivitas Komunikasi Orang Tua Dalam Keluarga Dengan Kreativitas Belajar Anak Usia 4-5 Tahun Di Perumahan Gerry Permai RW 06 Kota Padang. Jurnal Family Education, 4(2), 300-307. https://doi.org/10.24036/jfe.v4i2.194