Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Kemandirian Belajar Warga Belajar Program Kesetaraan Paket C di SPNF SKB Kota Pariaman
DOI:
https://doi.org/10.24036/jfe.v4i2.192Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian yang menggambarkan bagaimana motivasi belajar dengan kemandirian belajar warga belajar dalam program kesetaraan paket C di SPNF SKB kota Pariaman. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya tingkat motivasi belajar pada warga belajar program kesetaraan paket C di SPNF SKB Kota Pariaman. Jenis penelitian yang diterapkan ialah penelitian kuantitatif memanfaatkan pendekatan korelasi. Populasi studi ini yakni seluruh warga belajar terdaftar pada program pendidikan setara paket C di SPNF SKB kota Pariaman tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 110 orang. 52% dari populasi dijadikan sampel mengenai studi ini dengan memanfaatkan teknik stratified random sampling sebanyak 57 orang sampel. Instrumen pada penelitian ini yakni angket dengan memanfaatkan skala likert yang sudah diuji validitas serta reliabilitas. Hasil temuan mengungkapkan bahwasanya motivasi belajar di kalangan warga belajar pada program kesetaraan paket C di SPNF SKB kota Pariaman dilihat dari aspek minat dalam belajar, semangat dalam belajar, dan rasa senang dalam belajar serta kemandirian belajar dilihat dari aspek tanggung jawab, percaya diri, inisiatif, disiplin. Kesimpulan dari hasil analisis korelasi bahwasanya motivasi belajar warga belajar program kesetaraan paket C tergolong rendah dapat dikatakan bahwasanya motivasi belajar tidak terlalu besar atau memberikan pengaruh lemah terhadap kemandirian belajar di kalangan warga belajar pada program pendidikan setara paket C di SPNF SKB kota Pariaman.
Keywords: Paket C, Motivasi belajar, Kemandirian belajar
References
Makleat, Nirwaning, Abdul Syukur, and Anasius Dei Ndewi. 2022. “Pengelolaan Metode Pembelajaran Mandiri Bagi Warga Belajar Program Kesetaraan Kejar Paket C Di PKBM Bintang Flobamora Kupang.” Jurnal Paedagogy 9 (2): 203. https://doi.org/10.33394/jp.v9i2.4958.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Septi Yola, Zahratul Azizah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.