Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Kemandirian Belajar Warga Belajar Program Kesetaraan Paket C di SPNF SKB Kota Pariaman

Authors

  • Septi Yola Universitas Negeri Padang
  • Zahratul Azizah Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v4i2.192

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang menggambarkan bagaimana  motivasi belajar dengan kemandirian belajar warga belajar dalam program kesetaraan paket C di SPNF SKB kota Pariaman. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya tingkat motivasi belajar pada warga belajar program kesetaraan paket C di SPNF SKB Kota Pariaman. Jenis penelitian yang diterapkan ialah penelitian kuantitatif memanfaatkan pendekatan korelasi. Populasi studi ini yakni seluruh warga belajar terdaftar pada program pendidikan setara paket C di SPNF SKB kota Pariaman tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 110 orang. 52% dari populasi dijadikan sampel mengenai studi ini dengan memanfaatkan teknik stratified random sampling sebanyak 57 orang sampel. Instrumen pada penelitian ini yakni angket dengan memanfaatkan skala likert yang sudah diuji validitas serta reliabilitas. Hasil temuan mengungkapkan bahwasanya motivasi belajar di kalangan warga belajar pada program kesetaraan paket C di SPNF SKB kota Pariaman dilihat dari aspek minat dalam belajar, semangat dalam belajar, dan rasa senang dalam belajar serta kemandirian belajar dilihat dari aspek tanggung jawab, percaya diri, inisiatif, disiplin. Kesimpulan dari hasil analisis korelasi bahwasanya motivasi belajar warga belajar program kesetaraan paket C  tergolong rendah dapat dikatakan bahwasanya motivasi belajar tidak terlalu besar atau memberikan pengaruh lemah terhadap kemandirian belajar di kalangan warga belajar pada program pendidikan setara paket C di SPNF SKB kota Pariaman.

 

Keywords: Paket C, Motivasi belajar, Kemandirian belajar

References

Makleat, Nirwaning, Abdul Syukur, and Anasius Dei Ndewi. 2022. “Pengelolaan Metode Pembelajaran Mandiri Bagi Warga Belajar Program Kesetaraan Kejar Paket C Di PKBM Bintang Flobamora Kupang.” Jurnal Paedagogy 9 (2): 203. https://doi.org/10.33394/jp.v9i2.4958.

Downloads

Published

2024-09-19

How to Cite

Yola, S., & Azizah, Z. (2024). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Kemandirian Belajar Warga Belajar Program Kesetaraan Paket C di SPNF SKB Kota Pariaman. Jurnal Family Education, 4(2), 325-332. https://doi.org/10.24036/jfe.v4i2.192