Hubungan Kondisi Lingkungan Pendidikan Keluarga Dengan Keaktifan Belajar Santri Di TPQ Mushalla Baiturrahman Kota Padang

Authors

  • Nabilul Amir Universitas Negeri Padang
  • Irmawita Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v4i2.179

Keywords:

Kondisi Lingkungan Pendidikan Keluarga, Keaktifan Belajar

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh ketidakjelasan kondisi lingkungan pendidikan keluarga  TPQ  Mushalla Baiturrahman Kota Padang. Hal ini diduga akibat rendahnya Kondisi Lingkungan Keluarga terhadap keaktifan belajar santri Di TPQ Mushalla Baiturrahman Kota Padang. Peneltian Ini bertujuan untuk (1) mengetahui gambaran kondisi lingkungan pendidikan keluarga di TPQ Mushalla Baiturrahman Kota Padang, (2) Mengetahui gambaran keaktifan belajar santri di di TPQ Mushalla Baiturrahman Kota Padang.(3) Mengetahui hubungan antara kondisi lingkungan pendidikan keluarga dengan keaktifan belajar santri di TPQ Mushalla Baiturrahman Kota Padang.Hasil penelitian ini menujukkan bahwa (1) kondisi lingkungan pendidikan keluarga di TPQ Mushalla Baiturrahman Kota Padang dikategorikan rendah (2) Keaktifan belajar santri di di TPQ Mushalla Baiturrahman Kota Padang dikategorikan rendah (3) terdapatnya hubungan signifikan antara kondisi lingkungan pendidikan keluarga dengan keaktifan belajar santri di TPQ Mushalla Baiturrahman Kota Padang. Diharapakna penelitian ini dapat menjadi masukan kepada lembaga TPQ terkait dalam  meningkatkan keaktifan belajar di TPQ Mushalla Baiturrahman dengan  ada dukungan kondisi lingkungan keluarga baik mestinya.

References

Irmawita. (2014). Penataan Taman Bacaan Masyarakat (Tbm) Sebagai Sarana Pembelajaran Warga Belajar Pendidikan Nonformal. SPEKTRUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, XIV(2), 72–81.

Isnaini z, N.., & Irmawita,I. (2023). Hubungan pendidikan keluarga dengan perilaku moral remaja di nagari kurnia Kota Salak Kecamatan Sungai Rumbai Kabupaten Dhamasraya. Jurnal Family Education, 3(3), 346-354. https://do.org/10.24036/jfe.v3i3.126

Jamaris. (2016). KOMPETENSI PENDAMPING PEMBANGUNAN DESA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Luar Sekolah.

Downloads

Published

2024-09-19

How to Cite

Amir, N., & Irmawita. (2024). Hubungan Kondisi Lingkungan Pendidikan Keluarga Dengan Keaktifan Belajar Santri Di TPQ Mushalla Baiturrahman Kota Padang. Jurnal Family Education, 4(2), 283-292. https://doi.org/10.24036/jfe.v4i2.179