Hubungan Kondisi Lingkungan Pendidikan Keluarga Dengan Keaktifan Belajar Santri Di TPQ Mushalla Baiturrahman Kota Padang
DOI:
https://doi.org/10.24036/jfe.v4i2.179Keywords:
Kondisi Lingkungan Pendidikan Keluarga, Keaktifan BelajarAbstract
Penelitian ini dilator belakangi oleh ketidakjelasan kondisi lingkungan pendidikan keluarga TPQ Mushalla Baiturrahman Kota Padang. Hal ini diduga akibat rendahnya Kondisi Lingkungan Keluarga terhadap keaktifan belajar santri Di TPQ Mushalla Baiturrahman Kota Padang. Peneltian Ini bertujuan untuk (1) mengetahui gambaran kondisi lingkungan pendidikan keluarga di TPQ Mushalla Baiturrahman Kota Padang, (2) Mengetahui gambaran keaktifan belajar santri di di TPQ Mushalla Baiturrahman Kota Padang.(3) Mengetahui hubungan antara kondisi lingkungan pendidikan keluarga dengan keaktifan belajar santri di TPQ Mushalla Baiturrahman Kota Padang.Hasil penelitian ini menujukkan bahwa (1) kondisi lingkungan pendidikan keluarga di TPQ Mushalla Baiturrahman Kota Padang dikategorikan rendah (2) Keaktifan belajar santri di di TPQ Mushalla Baiturrahman Kota Padang dikategorikan rendah (3) terdapatnya hubungan signifikan antara kondisi lingkungan pendidikan keluarga dengan keaktifan belajar santri di TPQ Mushalla Baiturrahman Kota Padang. Diharapakna penelitian ini dapat menjadi masukan kepada lembaga TPQ terkait dalam meningkatkan keaktifan belajar di TPQ Mushalla Baiturrahman dengan ada dukungan kondisi lingkungan keluarga baik mestinya.
References
Irmawita. (2014). Penataan Taman Bacaan Masyarakat (Tbm) Sebagai Sarana Pembelajaran Warga Belajar Pendidikan Nonformal. SPEKTRUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, XIV(2), 72–81.
Isnaini z, N.., & Irmawita,I. (2023). Hubungan pendidikan keluarga dengan perilaku moral remaja di nagari kurnia Kota Salak Kecamatan Sungai Rumbai Kabupaten Dhamasraya. Jurnal Family Education, 3(3), 346-354. https://do.org/10.24036/jfe.v3i3.126
Jamaris. (2016). KOMPETENSI PENDAMPING PEMBANGUNAN DESA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Luar Sekolah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nabilul Amir, Irmawita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.