Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SMK Negeri 9 Padang

Authors

  • Kumtum Sri Devi Putri Universitas Negeri Padang
  • Jasrial Jasrial Universitas Negeri Padang
  • Nelfia Adi Universitas Negeri Padang
  • Novriyanti Achyar Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v4i1.166

Keywords:

Penerapan, Kurikulum Merdeka Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan-permasalahan yang ditemukan pada penerapan kurikulum merdeka belajar di SMK Negeri 9 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi tentang penerapan  kurikuum merdeka belajar di SMK Negeri 9 Padang dilihat dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Perangkat Pembelajaran, Evaluasi Pembelajaran, dan Laporan Hasil Belajar siswa. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMK Negeri 9 Padang yang berjumlah 75 orang, maka penelitian ini adalah penelitian populasi. Instrument dalam penelitian ini adalah angket model skala likert dengan lima pilihan jawaban, yaitu Sangat Baik (SB), Baik (B), Cukup Baik (CB), Kurang Baik (KB), dan Tidak Baik (TB). Angket penelitian ini telah diuji validitas dan reliabilitasnya, selanjutnya data diolah dengan rumus rata-rata (mean). Hasil penelitian menyatakan bahawa penerapan kurikulum merdeka belajar di SMK Negeri 9 Padang dilihat dari 1) rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan skor rata-rata 4,79 berada pada kategori sangat baik, 2) bahan ajar dengan skor rata-rata 4,76 berada pada kategori sangat baik, 3) perangkat pembelajaran dengan skor rata-rata 4,84 berada pada kategori sangat baik. 4) evaluasi pembelajaran dengan skor rata-rata 4,76 berada pada kategori sangat baik, 5) laporan hasil belajar siswa dengan skor rata-rata 4,8 berada pada kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan kurikulum merdeka belajar di SMK Negeri 9 Padang berada pada kategori sangat baik dengan skor rata-rata 4,79.

Downloads

Published

2024-02-13

How to Cite

Sri Devi Putri, K., Jasrial, J., Adi, N. ., & Achyar, N. (2024). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SMK Negeri 9 Padang. Jurnal Family Education, 4(1), 102-118. https://doi.org/10.24036/jfe.v4i1.166