Pengaruh Permainan Futsal Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Pembangunan Laboratorium UNP

Authors

  • Zulhandini Al Fadia Universitas Negeri Padang
  • Vivi Anggraini Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jfe.v4i1.165

Keywords:

Perkembangan sosial, futsal, anak usia dini

Abstract

Perkembangan sosial anak belum berkembang secara optimal karena kurang efektifnya pemilihan kegiatan yang diberikan oleh guru. Sebagian guru kurang memperhatikan pemilihan kegiatan berkelompok yang sangat berguna untuk melatih perkembangan sosial anak. Maka demikian penelitian ini guna menjawab permasalahan yang ada berdasarkan identifikasi masalah yaitu seberapa besar pengaruh permainan futsal terhadap perkembangan sosial anak di taman kanak-kanak. Penggunaan metode Quasi eksperimen pretest-postest sebagai metode penelitian ini berdasarkan populasi penelitian mencakup seluruh peserta didik TK Pembangunan Laboratorium UNP dengan jumlah sampel sebanyak 10 orang yang terbadi atas dua kelompok (eksperimen dan kontrol). Analisis data penelitian mengacu pada uji prasyarat normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa perolehan signifikan (2-tailed) sebesar 0,000<0,05. Dengan rata-rata N-gain permeinan futsal sebesar 20,90 dan permainan tarik tambang sebesar 17,60, perkembangan sosial anak dengan permainan futsal lebih tinggi dibandingkan dengan permainan tarik tambang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa permainan futsal berpengaruh sangat besar terhadap perkembangan sosial anak di Taman Kanak-kanak Pembangunan Laboratorium UNP.

Downloads

Published

2024-02-10

How to Cite

Al Fadia, Z., & Anggraini, V. . (2024). Pengaruh Permainan Futsal Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Pembangunan Laboratorium UNP. Jurnal Family Education, 4(1), 96-101. https://doi.org/10.24036/jfe.v4i1.165