Strategi Pengembangan Kurikulum Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Yayasan Anugrah Dwinata Sejahtera SLB Dwinata
DOI:
https://doi.org/10.24036/jfe.v4i1.161Keywords:
Strategi,Pengembangan, Kurikulum, Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)Abstract
SLB merupakan salah satu sekolah luar biasa di Padang yang memberikan pelayanan pendidikan bagi anak-anak berkebutuhan khusus, khususnya anak autis. Pada dasarnya kurikulum Anak berkebutuhan khusus (ABK) dan anak normal, pasti sama dalam tujuan dalam kurikulumnya, yakni sama-sama untuk membentuk perilaku anak didik. Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang strategi pengembangan kurikulum khusus autis di SLB Autis Dwinata. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini, termasuk jenis penelitian pustaka (Library Research) dan menggunakan data kualitatif. Perubahan kurikulum yang terjadi saat ini menunjukkan bahwa kurikulum rentan terhadap perubahan sosial. Meskipun perubahan tetap terjadi, tampaknya tidak ada kurikulum yang membedakannya penggunaan antara siswa normal dan siswa berkebutuhan khusus (baik fisik maupun mental). Meskipun kurikulumnya sama, guru mungkin menerapkan strategi dan metode yang berbeda. Oleh karena itu, guru tidak hanya profesional dalam mengajar, tetapi juga memiliki kompetensi khusus dibandingkan mereka yang mengajar siswa normal. kompetensi yang dimaksud di sini bukanlah kompetensi profesional, pedagogi, kepribadian, atau sosial. Sebaliknya, itu adalah kompetensi spiritual di mana guru mengajar dengan hati, bukan dengan materi (uang).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Desi Karmila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.